Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 04 September 2014

Share:

7 Cara Paling Jitu Menghemat Kuota Internet di PC yang Jarang Terpikirkan


Internet kini semakin mahal saja. Kadang ISP (penyedia layanan Internet) tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggannya. Misalnya bagi orang yang hobi download setiap hari, biasanya ia berlangganan Internet berbasis unlimited (tanpa batasan kuota/sepuasnya). Yang membebani pelanggan adalah adanya FUP, yaitu kebijakan pemakaian wajar atau lebih singkatnya: kuota pada unlimited yang berkecepatan normal. Ketika kuota FUP habis, maka kecepatan koneksi Internet akan diturunkan. Pelanggan dapat membeli kuota FUP agar kecepatan Internet kembali normal.

Akhirnya, saya membeli kuota Internet 8GB untuk sebulan dengan kecepatan yang lumayan, dan berusaha untuk menghematnya semaksimal mungkin. Mungkin itu cukup untuk sebulan. Tetapi hawa nafsu untuk mengunduh suatu aplikasi dengan ukuran yang besar selalu menghantui saya untuk menghabiskan kuota. Untung saja, tips menghemat kuota Internet ini bisa sangat berguna walaupun agak menyakitkan dan terlihat sepele.

Dalam artikel "16 Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 8.1" sudah tertulis tips yang sederhana. Anda mungkin berpikir bahwa itu kurang efektif, atau mungkin berpikir bahwa itu hanya disajikan untuk pemula. Tetapi pada artikel ini, Anda akan mengetahui caranya menghemat kuota Internet paling jitu dan kebanyakan jarang terpikirkan.

1. Gunakan Aplikasi Jejaring Sosial/Berita sebagai Pengganti Mengunjungi Situs Aslinya

Di Windows Store terdapat banyak aplikasi jejaring sosial dan berita sebagai pengganti mengunjungi situs aslinya melalui peramban web. Aplikasi Facebook adalah salah satunya.

Selain Facebook, di Windows Store juga tersedia aplikasi berita seperti VIVANews. Mungkin juga banyak aplikasi berita lainnya yang bisa Anda temukan di sana. Selain aplikasi jejaring sosial dan berita, Anda juga bisa menonton video YouTube melalui aplikasi Hyper for YouTube agar kuota Internet tidak cepat habis.

Ketika pengguna mengunjungi situs aslinya melalui peramban web (web browser), maka koneksi Internet akan dipakai untuk memuat seluruh kode HTML, CSS, dan lainnya agar situs tersebut tampil sebaik-baiknya. Hal ini akan menghabiskan kuota yang lebih besar daripada menggunakan aplikasi jejaring sosial dan berita. Jadi, gunakanlah aplikasi Windows 8.1 karena koneksi Internet takkan dipakai untuk memuat seluruh kode itu, melainkan akan memuat feed-nya (berita/informasi) saja.

Sebenarnya, mengunjungi situs aslinya akan lebih aman karena akan menampilkan kontennya sebaik-baiknya. Atau mungkin sebaliknya, menggunakan aplikasi akan terasa lebih aman dan cepat, contoh: situs web facebook.com menampilkan banyak iklan, sedangkan aplikasinya jarang sekali menampilkan iklan.
Baca juga: Awas! Banyak Aplikasi Windows 8/8.1 yang Menipu/Scam

2. Berlangganan Kuota yang Waktu Pemakaiannya Dibagi

Ada salah satu ISP yang menyajikan paket Internet murah nan cepat dengan waktu pemakaian koneksi Internet-nya dibagi menjadi beberapa waktu. Misalnya, pelanggan membeli kuota 8GB untuk sebulan. Namun waktu pemakaiannya dibagi menjadi: 00-06 WIB sebanyak 500MB, 09-17 WIB sebanyak 6GB, sedangkan kuota 24 jam sebanyak 1,5GB.

Tentu ini akan menghemat kuota Internet. Pelanggan yang menghabiskan kuota 24 jamnya tidak akan kehilangan kuota siangnya (09-17 WIB) dan kuota dini hari sampai pagi hari (00-06 WIB), dan pelanggan tidak dapat memakai koneksi Internet saat malam hari (17-24 WIB) dan sekitar pukul 06-09 WIB, ketika kuota 24 jam sudah habis. Dengan demikian, berlangganan paket Internet seperti ini akan menghemat kuota Internet.

3. Membatasi Kecepatan Koneksi Internet

Membatasi atau bahkan menurunkan kecepatan koneksi Internet akan membatasi pemakaian Internet karena hawa nafsu berinternet dapat dikendalikan. Maksudnya, hal ini dapat membatasi pemakaian Internet agar pelanggan takkan streaming, download yang berat-berat, atau hal lainnya yang menyebabkan kuota cepat habis; dan menggunakan Internet hanya untuk hal-hal yang penting.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membatasi kecepatan koneksi Internet. Salah satunya adalah dengan memilih paket Internet yang lambat namun ber-kuota besar.

Saya selalu memakai ISP yang memberi 100MB dengan harga Rp. 5.000, dan itu terasa sangat lambat. Hal itu telah membatasi pemakaian Internet yang menyebabkan kuota cepat habis, dan saya cenderung melakukan hal-hal yang penting saja dengan koneksi Internet.

Tapi kalau kebutuhan untuk berinternet memang sangat penting, mungkin Anda perlu meningkatkan kecepatannya, bukan menurunkannya atau membatasinya. Bisa saja koneksi Internet yang sangat lambat akan mengurangi kualitas situs web yang sedang dimuat, dan akhirnya Anda malah me-refresh berkali-kali situs yang gagal dimuat itu hingga menghabiskan banyak kuota Internet.

Jadi, pastikan Anda memilih layanan Internet yang tidak terlalu lambat, mungkin minimal berkecepatan 20KBps, dan itu tergantung pada wilayah Anda.

Jika Anda keberatan membeli paket Internet yang lambat, mungkin masih ada cara yang lain. Tunggu artikel berikutnya.

4. Internet Gratis: Pergi ke Tempat Berfasilitas Wi-Fi Gratis

Biasanya tempat yang memberikan fasilitas Wi-Fi gratis adalah restoran. Mungkin Anda perlu memesan sesuatu selagi berinternet di sana.

5. Internet Gratis: Memakai Wi-Fi Tetangga

Tentu saja, memakai Wi-Fi tetangga akan berdampak baik terhadap keuangan Anda. Tapi Anda perlu meminta izin terlebih dahulu sebelum memakai Wi-Fi-nya, mungkin juga meminta password Wi-Fi-nya. Tapi jangan pernah mencuri Wi-Fi tetangga yang telah terdeteksi di komputer, nanti malah bermasalah dengan tetangga hanya karena Wi-Fi; dan mencuri itu dosa.

6. Memperbarui Driver yang Berkaitan dengan Koneksi Internet

Ketika suatu modem (atau perangkat lainnya) tidak bekerja semestinya, maka memperbarui driver-software-nya adalah jalan yang tepat untuk mengatasinya. Memperbarui driver tentu berguna untuk meningkatkan kompatibilitas, fitur, atau yang lain terhadap suatu perangkat keras, termasuk perangkat keras seperti modem.

Mungkin memperbarui driver juga dapat menghemat kuota Internet karena modem bekerja lebih baik.

Memperbarui driver bisa dilakukan dengan menggunakan Windows Update, atau gunakan Driver Booster agar driver lebih up-to-date.

7. Tips Lain

Memperbarui peramban web mungkin akan menghemat kuota Internet, karena peramban web akan bekerja lebih baik setelah memperbaruinya.

Ada pula yang menyetel koneksi Internet-nya sebagai metered connection sebagai cara yang efektif untuk menghemat kuota. Atau baca artikel "16 Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 8.1".

Mungkin masih banyak trik untuk menghemat kuota Internet yang tidak saya pikirkan. Jika Anda memiliki trik lain, silakan menambahkannya lewat kotak komentar.

5 komentar:

  1. Harapan ke depan internet di Indonesia mudah, sejalan dengan harga dan tidak mahal.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat bang...mendingan pake aplikasi dari Store aja dibanding browser..

    BalasHapus
  3. Memakai wifi tetangga yang paling jitu min

    BalasHapus
  4. info nya mantabs mas, langsung di coba tips nya nih

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.