Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 29 Maret 2016

Share:

Bahaya Menonaktifkan Windows Update dan Cara Menyesuaikan Penggunaannya

windows update


Jika kamu pernah melihat layar seperti gambar di atas saat mematikan komputer, itu artinya komputer akan mendapat updates baru, dan itu adalah proses instalasinya. Updates tersebut sangat penting. Sayangnya, banyak orang awam yang menganggap layar itu sebagai masalah karena muncul saat mematikan komputer.

Ada juga orang yang menyarankannya agar mematikan Windows Update. Padahal, mengaktifkan Windows Update sangat penting. Bahkan ada yang tidak menyukai proses itu, hingga menonaktifkan Windows Update, terlebih di Windows 10.

Mengapa Windows Update sangat penting diaktifkan

Windows Update sangat penting. Karena melalui updates yang diinstal, Windows menjadi lebih aman, mengatasi bug, mendapatkan fitur baru, dan sebagainya. Jika Windows Update dinonaktifkan, maka Windows akan menjadi "kedaluwarsa" dan tidak mendapat dukungan keamanan terbaru. Segala bug yang masih ada tidak akan teratasi sehingga mengganggu pekerjaan.

Kinerja hardware dapat ditingkatkan dengan meng-update driver-nya melalui Windows Update. Jika printer, mouse, touchpad, atau hardware lain tidak bekerja secara optimal, maka mungkin penyebabnya adalah driver yang usang. Driver berguna untuk menghubungkan hardware dengan software agar kinerjanya lebih optimal. Terlebih untuk gaming, driver terbaru sangat menentukan kinerja suatu game.

Ini adalah kewajiban seorang pengguna. Update sesuatu melalui Windows Update sudah cukup merawat komputer. Jika ada pengguna yang melewatkan updates baru yang belum diinstal, maka komputer tidak mendapatkan perawatan baru yang dapat meningkatkan kualitas komputer.

Yang paling penting dalam hal ini adalah keamanan. Meng-update database antivirus saja tidak cukup. Keamanan Windows dan layanan Microsoft lain di dalamnya juga di-update melalui Windows Update. Jika ini dilewati atau bahkan ditinggalkan, maka kamu sama saja menggunakan Windows XP yang dukungan keamanan, fitur, dan sebagainya telah berakhir pada 8 April 2014. Risiko peretasan terhadap sistem dapat meningkat hanya karena menonaktifkan Windows Update.

Updates juga bisa berupa penambahan fitur. Ini adalah updates yang paling disukai pengguna. Misalnya tombol Power pada Start screen Windows 8.1 (Windows 8.1 Update 1), Start menu di Windows 10 bisa 4 kolom. Walaupun demikian, updates seperti ini jarang muncul karena mustahil jika Microsoft terus menambahkan fitur baru ke dalamnya, atau mungkin hanya memperbaiki kinerja fitur yang ada. Di Windows 10 sendiri, setiap build baru dirilis, kamu sudah pasti mendapat fitur-fitur baru yang keren. Dengan demikian, ini akan semakin memudahkan pekerjaanmu.


Penting sekali mengaktifkan Windows Update. Updates yang di-download dan diinstal melalui Windows Update menentukan kualitas pekerjaanmu.

Menyesuaikan Windows Update di Windows 8.1

Windows Update memiliki beberapa opsi yang dapat disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Pergi ke Control Panel > System and Security > Windows Update. Klik Change settings.

Jika kamu memiliki kecepatan akses Internet yang cukup cepat dan unlimited (tidak terbatas), maka sangat disarankan agar memilih opsi mengecek dan men-download updates secara otomatis [pilihan 1].


Jika kamu memiliki koneksi Internet yang lambat, maka pilih opsi mengecek updates secara otomatis, dan men-download secara manual [pilihan 3]. Ini juga berguna untuk menghemat kuota Internet. Jika Windows Update memiliki updates baru, maka ia akan memberi tahu agar segera men-download-nya dan menginstalnya.

Jika kamu ingin Windows Update men-download updates secara otomatis tetapi tidak menginstalnya secara otomatis, maka pilih pilihan 2.

Disarankan untuk mencentang Recommended updates dan Microsoft updates agar semua updates yang disarankan dan produk Microsoft lainnya dapat terdeteksi.

Mematikan update otomatis di windows 10

Windows 10 meng-update otomatis dirinya melalui Windows Update. Ini bisa menguras kuota atau memakai internet tanpa bisa diduga oleh pengguna. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mematikan update otomatis di Windows 10.

BACA: Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Cara menggunakan Windows Update di Windows 8.1

Di Control Panel > System and Security > Windows Update. Jika tombol "Check for updates" yang tersedia, maka klik saja untuk mengecek dan men-download updates baru. Jika tombol "Install updates" yang tersedia, maka klik saja untuk menginstal updates baru yang sudah diunduh.

Cara Menggunakan Windows Update di Windows 10

Pergi ke Settings > Update & security > Windows Update. Di sinilah Windows Update di Windows 10. Kamu bisa mengaturnya lebih simpel di situ.


Tidak peduli bagaimana keamanan dan spesifikasi PC, mengaktifkan Windows Update sangatlah penting. Terlebih jika PC-mu digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kinerja dan keamanan yang sangat tinggi.

23 komentar:

  1. apakah perlu menginstall update pada pilihan Optional?

    BalasHapus
  2. assalamualaikum gan
    saya mau tanya,saya pengguna windows 8.1 enterprise,saat akan shutdown kadang kadang ada tulisan update and shutdown,tapi kadang update nya itu sering gan,bisa 2 kali seminggu,tapi memang setelah update ada beberapa fitur baru yang ditambahkan,apakah itu hal yang wajar kalau sering update?
    sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan wajar lagi itu namanya, tapi bagus! Cuman kalo agan pake koneksi lelet atau kuota yang gak mau boros, ganti aja opsinya ke pilihan 3 [lihat artikelnya dan gambarnya lagi di atas].

      Hapus
  3. Saya salah satu orang yang senang menggunakan windows update.

    BalasHapus
  4. min saya mengaktifkan windows 8.1 saya menggunakan kmspico agar tidak bajakan.......pertanyaan saya apakah boleh di update?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh :v
      tapi sebaiknya jangan pakai kmspico, pake skype aja, lebih aman. (y)

      Hapus
  5. Min, apa yg terjadi pada saat kita mematikan komputer dengan paksa pada saat installing windows update?

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah. ane belum pernah nyoba :v

      tanya aja ke orang yg pernah :v

      Hapus
  6. apakah berpengaruh mengaktifkan windows update jika windows 8.1 bukan ori?
    thx

    BalasHapus
  7. Sangat membantu sekali ...semoga blog ini sukses terussssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin gan! ^_^

      visit terus ya....!!! :v

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. gan ane mau nanya kalo mau update windows 10 apa optional update yg tertera di windows update nya juga harus diupdate? soalnya yg penting2nya udah ane update cuman gaada notify dari windows 10mnya gan

    BalasHapus
  10. Saya salah satu pemula pengguna windows 8.1 Pada saat penginstalan saya tidak ngeh harus menggunakan account, dan ternyata ada akun lokal :'( (user), trus ada tulisan keluar, gimana solusinya jika tiba" tanpa sengaja di keluarkan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong jelaskan lebih detail lagi gan. <(")

      Hapus
  11. gan ko lptop saya pas buka aplikasi/game misalnya asphalt 8 sama line ,force close mulu pdahal kmaren2 masih bisa tpi sekarang gbisa di buka ??
    solusinya dong gan.....!

    BalasHapus
  12. Saya pemakai Win 7 pernah mengaktifkan opsi mengecek pembaruan secara otomatis, dan mengunduhnya secara manual [pilihan 3]. Namun berdampak pada kinerja PC yang sangat lambat sekali (lelet banget), pada windows task manajer di tab processe yaitu file "svchost.exe" ternyata memakan banyak memori RAM hingga 500.000k lebih. "svchost.exe" di WTM saya klik end process bebrapa saat muncul lagi dan kembali membuat PC lelet. kemudian saya menonaktifkan Windows Update ternyata PC bekerja seperti semula tidak lelet. Bagaimana sob mengatasi ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonaktifkan windows update.
      download updates dari situs microsoft secara manual
      kemudian install secara offline. :)

      Hapus
  13. Gimana Gan Untuk menonaktifkan update driver Automatis di windows 10.. Masalahnya Driver/aplikasi ane banyak aplikasi yang gak Ori.. Tolong Gan gimana solosinya.. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi sama driver itu beda lho gan... <(")
      ane masih gak ngerti apa yg agan ketik.

      kalau mau nonaktifkan update otomatis di Windows 10, pergi ke link di bawah ini:
      Cara Matikan Update Otomatis di Windows 10

      Hapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.