Admin Kompiwin Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

3 Cara Memonitor Aktvitas Internet di Windows

54 sec read

cara melihat aktivitas internet di windows

Keamanan untuk jaringan komputer memang sangat diperlukan. Selain menggunakan sebuah internet security, memonitor aktivitas internet atau jaringan lain adalah hal yang juga diperlukan. Pengguna dapat memonitor aktivitas jaringannya secara real-time melalui beberapa fitur dan alat bawaan Windows, atau mungkin perlu menggunakan sebuah perangkat lunak pihak ketiga.

Task Manager

Secara umum, Task Manager adalah alat untuk memonitor aktivitas sistem. Bersamaan dengan itu, pengguna juga dapat memonitor aktivitas jaringannya agar dapat melihat proses apa saja yang memakai jaringan tersebut.

3 Cara Memonitor Aktvitas Internet di Windows 1

Sayangnya, dalam hal memonitor aktivitas jaringan, Task Manager hanya dapat mendeteksi aktivitas Wi-Fi dan Ethernet. Jika Anda adalah pengguna Dial-up (biasanya modem), maka Anda tidak dapat monitor Internet melalui Task Manager.

‘Network’ charm

Pada Network charm, bisa dilihat adanya jumlah kuota Internet yang telah digunakan pada koneksi yang sama. Pengguna dapat memonitor jumlah kuota yang telah digunakan melalui Network charm. Sayangnya, cara ini hanya dapat memonitor jumlah kuota, dan hanya mendukung Wi-Fi. Tapi cara ini sepertinya lebih bermanfaat karena pengguna dapat membuka Network charm dengan sangat sederhana, dan jumlah kuota yang tercatat dapat disimpan dengan waktu yang dapat ditentukan.

3 Cara Memonitor Aktvitas Internet di Windows 2

Fitur ini hanya tersedia pada Windows 8 dan Windows 8.1.

Perangkat lunak pihak ketiga

Lagi-lagi kita memerlukan sebuah perangkat lunak pihak ketiga sebagai alat tambahan yang fungsinya tidak terdapat pada alat bawaan Windows. Dalam hal memonitor aktivitas Internet atau jaringan lainnya, GlassWire adalah program dengan tampilan terbaik yang mudah dipahami. Selain memonitor jaringan, Anda juga dapat melihat aktivitas Firewall. Sangat cocok digunakan untuk pengguna rumahan.

3 Cara Memonitor Aktvitas Internet di Windows 3

Selain GlassWire, masih ada beberapa perangkat lunak yang memiliki fungsi yang sama, seperti NetBalancer, NetTraffic, dan lainnya.

Admin Kompiwin Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Kompiwin New Style

Untuk kamu,

Sebelumnya mimin Kompiwin meminta maaf apabila dalam beberapa hari ini, Kompiwin berganti-ganti tampilan. Kami sadar bahwa ini membuat kamu merasa tidak nyaman.

Dan oleh sebab itu, mimin Kompiwin ingin meminta pendapat mengenai tampilan baru Kompiwin ke : kompiwincom@gmail.com atau bisa hubungi mimin melalui WhatsApp.

 

 

Terima Kasih….

mimin Kompiwin