2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10

Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, ketika kalian menghidupkan laptop maupun komputer, tampilan awal setelah booting selalu menunjukkan perintah login untuk masuk ke dalam sistem operasi Windows tersebut.

Sebetulnya akses ini muncul bukan tanpa alasan, melainkan perintah konfirmasi pengguna terkait soal keamanan lapis perangkat demi terhindarnya akses jangkauan dari orang lain.

Jadi cara ini merupakan wujud Windows memberikan fasilitas proteksi pada sistem keamanan perangkat pengguna. Tujuannya jelas, ketika kalian berada di tempat umum atau area terbuka terasa lebih aman dari jangkauan orang lain karena harus memasukkan password terlebih dahulu.

Namun proteksi login ini terasa menyita waktu seiring kita sering menggunakan perangkat karena perlu konfirmasi password berulang kali. Dari situ, terkadang muncul inisiatif untuk mematikan akses login supaya langsung masuk ke dalam tampilan desktop utama.

Walaupun dapat menurunkan sistem proteksi perangkat, kalian juga harus memahami konsekuensi kedepannya. Dan berikut tutorial cara menonaktifkan login otomatis di Windows 10 secara lengkap dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10

Berbeda kasus jika kalian menggunakan komputer atau laptop di ruangan tertutup atau dalam rumah. Sebagai pengguna tunggal, mengaktifkan login pada Windows 10 hanya berfungsi sebagai opsional.

Tetapi kalaupun kamu terpaksa mematikan akses login tersebut, masih lebih aman karena hanya kita yang menggunakan perangkat Windows tersebut. Sehingga proses booting jadi lebih cepat tanpa akses konfirmasi password ke dalam Windows.

Cara menonaktifkan login otomatis di Windows 10 bisa kamu lakukan dengan dua cara. Pertama dari pengaturan User Accounts dan yang kedua melalui Group Policy. Keduanya cukup dinilai efektif asalkan kamu tahu password yang dipakai untuk login Windows.

Karena sistem juga masih mempertimbangkan proteksi tambahan bila suatu ketika akses menonaktifkan ini diatur oleh pengguna lain, mereka tetap tidak dapat mengubahnya karena perlu verifikasi password.

1. Atur Melalui User Account

Jendela User Account ini memang khusus digunakan dalam mengatur manajemen akun di Windows kalian. Didalamnya terdapat tampilan list user terdaftar, mengatur password untuk akses login, mengubah password dan lainnya.

Begitupun cara menonaktifkan login otomatis di Windows 10, bisa kamu matikan lewat akses User Account. Tinggal pilih user Windows tersebut, setelah itu matikan login otomatis. Step berikutnya masukkan password untuk konfirmasi ubahan, dan akses login berhasil dibatalkan.

  1. Pertama kalian tekan shortcut Windows + R.
  2. Setelah keluar jendela Run, ketikkan “netplwiz“.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 12
  3. Setelah itu akan terbuka pengaturan User Accounts, masuk ke bagian Users.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 13
  4. Matikan menu User must enter a username and password to use this computer.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 14
  5. Pilih daftar username yang kalian atur di kotak bawah.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 15
  6. Terakhir ketuk tombol Apply.
  7. Bila muncul Sign in automatically, silahkan kamu masukkan Username, Password dan konfirmasi sekali passwordnya.
  8. Kemudian pencet OK.
  9. Klik lagi tombol OK.
  10. Kalau sudah silang jendela User Accounts ini.

Baca Juga :

Merasa lemot ketika laptop menggunakan Windows 10 ? Beginilah trik mempercepat kinerja Windows 10 dengan mudah.


2. Atur Melalui Group Policy

Group Policy merupakan jendela program khusus dalam mengatur semua konfigurasi pada sistem operasi Windows kalian.

Di dalamnya tersedia banyak menu kompleks, tergantung kalian ingin mengubahnya dari segi apa hingga menonaktifkan login otomatis satu ini.

Untuk menonaktifkannya, kita perlu masuk ke dalam Administrative template, lalu masuk ke dalam beberapa folder cabang sampai kamu temukan sistem Do not display the Getting Started welcome screen at logo. Berikut detail penjelasannya.

  1. Pertama ketuk lagi shortcut Windows + R.
  2. Kalau jendela Run sudah muncul, ketikkan “gpedit.msc“. Setelah itu tap OK.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 16
  3. Pertama klik panah samping Computer Configuration.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 17
  4. Klik panah disamping Administrative Templates.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 18
  5. Pencet lagi panah di samping System.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 19
  6. Scroll kebawah dan temukan folder Logon, klik untuk membukanya.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 20
  7. Cari menu program di sisi kanan bernama Do not display the Getting Started welcome screen at logon. Lalu double klik untuk membukanya.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 21
  8. Ubah mode menjadi Enable.2 Cara Menonaktifkan Login Otomatis di Windows 10 22
  9. Terakhir klik Apply kemudian OK.
  10. Dan restart perangkat kalian.

Baca Juga :

Ingin folder kamu terkunci ? Kami sudah buatkan langkah-langkah memberikan password di folder di Windows secara lengkap.


Akhir Kata

Sekian pembahasan cara menonaktifkan login otomatis di Windows 10. Pilih salah satu metode diatas, dan pastikan kalian cukup yakin dalam menonaktifkan login otomatis berikut karena dapat mengurangi proteksi keamanan Windows kamu. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang