Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone

Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone

iPhone terkenal sebagai ponsel yang cukup idealis. Mereka merancang dan memiliki sistemnya sendiri, sehingga tidak memberikan kesempatan bagi third party untuk menginstall aplikasi secara tidak resmi seperti install file .IPA di iPhone.

Kita tahu bahwa iPhone mempunyai layanan unduh aplikasi bernama App Store. Disana sudah tersedia beragam jenis program aplikasi yang support dan legal kamu install kedalam perangkat iPhone.

Namun sayang, sebagian besar aplikasi tersebut ada yang berbayar. Sehingga muncul solusi alternatif menginstall aplikasi lewat layanan selain App Store…misalnya seperti Cydia Impactor, Sideloadly, atau AltStore.

Disana kita bisa menemukan aplikasi jauh lebih lengkap, bahkan sesama aplikasi berlisensi namun gratis. 

Tetapi satu kendala yang harus kita hadapi setelah menginstall lewat layanan diluar App Store adalah, saat kamu buka atau menjalankan program aplikasi tersebut akan muncul peringatan berupa “Untrusted Developer” atau bisa diartikan bahwa “Pengembang yang Tidak Dipercaya”.

Supaya akses tersebut kita kembali dapatkan, berikut Tim Kompiwin sudah sediakan cara mengatasi “Unstrusted Enterprise Developer” di iPhone dan iPad.

Penjelasan Munculnya Untrusted Enterprise Developer

Sebenarnya kondisi ini bukan suatu hal yang harus kita pusingkan. Karena pada dasarnya, notifikasi tersebut muncul akibat dari fitur menu Enterprise Developer belum aktif.

Sama dengan Android, kalau kamu menginstall aplikasi ketiga seperti file APK, jika belum mengaktifkan mode Izin Install Aplikasi Tidak Dikenal, maka proses pemasangan tidak dapat direspon.

Jadi tips untuk mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone dapat kamu lakukan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone

Untuk mengaktifkan atau mempercayai pengembang aplikasi lewat pengaturan iPhone/iPad sangat mudah. Langsung saja ikuti langkah-langkah disini.

  1. Silahkan kamu pergi ke Settings.1 Pencet Settings - Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone
  2. Selanjutnya masuk ke dalam menu General/Umum.2 Pencet General - Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone
  3. Kemudian kamu klik bagian menu VPN & Device Management/Manajemen Perangkat.3 Device Management - Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone
  4. Disini tap bagian nama pengembang aplikasi yang ingin kita atur.4 Interprise Aplikasinya - Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone
  5. Pencet tulisan Percayai/Trust “nama developer”.5 Klik Trust - Cara Mengatasi “Untrusted Enterprise Developer” di iPhone
  6. Konfirmasi sekali lagi dengan menekan tombol Trust/Percayai
  7. Kalau sudah silahkan buka kembali aplikasinya.
  8. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan soal cara mengatasi “Unstrusted Enterprise Developer” di iPhone. Silahkan ikuti langkah-langkahnya untuk membuka izin akses developer di ponsel iPhone maupun iPad kalian masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang