Cara Merawat Baterai iPhone

7 Cara Merawat Baterai iPhone

Pada smartphone iPhone, baterai adalah salah satu bagian dari smartphone yang penting sekali kehadirannya. Tanpa baterai iPhone tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Baterai pada iPhone bisa di isi ulang atau di cas jika dayanya sudah habis. Sama halnya dengan baterai pada smartphone Android dan HP jadul, baterai iPhone memiliki usia pakai. Di postingan sebelumnya, Kompiwin membagikan artikel seputar aplikasi penghemat baterai iPhone untuk menghemat penggunaan baterai.

Jika usia pakainya sudah melampaui batas, mulai ada kendala yang kurang mengenakkan. Contohnya seperti baterai cepat habis, cepat mengisi penuh dan juga body baterai menjadi bengkak/hamil. Kamu juga bisa baca selengkapnya  di ciri-ciri baterai iPhone rusak.

Ada masanya juga kerusakan pada baterai diakibatkan oleh kesalahan penggunanya. Jadi kerusakan baterai iPhone bisa terjadi lebih cepat dari usia pakainya.

Tidak ada cara untuk memperbaiki rusaknya baterai iPhone.

Yang perlu kalian lakukan adalah mengganti baterai dengan yang baru, perlu dana yang tidak sedikit untuk melakukannya, apalagi baterai iPhone terbaru yang kapasitasnya jumbo.

Belum lagi, baterai iPhone terbaru non-removeable alias tidak bisa dibuka sendiri.

Jadi teman-teman harus menyerahkannya pada teknisi yang benar-benar berpengalaman untuk membuka baterai iPhone.

Bagi teman-teman yang tinggal di kota besar, mungkin mudah sekali untuk mencari jasa servis baterai iPhone terdekat meski tarifnya mahal, tapi jika kalian tinggal di kota kecil, akan lebih sulit pastinya.

Supaya baterai iPhone bisa selalu awet dan tahan lama serta terhindar dari kerusakan. Teman-teman harus melakukan beberapa perawatan baterai iPhone seperti berikut ini.

1. Jangan Gunakan Smartphone hingga Baterainya Habis

iPhone kehabisan baterai
iPhone kehabisan baterai

Perawatan baterai iPhone pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menghindari penggunaan iPhone hingga baterainya habis, kesalahan ini adalah salah satu penyebab terbesar kenapa baterai iPhone cepat soak.

Kapan Harus Mengecas iPhone?

Menurut pakar-pakar gadget, waktu yang tepat untuk mengecas iPhone adalah ketika notifikasi baterai lemah muncul, silahkan cas baterai iPhone kesayangan kalian hingga penuh ya.

2. Jangan Sering Over Charge

Over charge juga bisa menyebabkan baterai iPhone kalian cepat rusak. Over charge adalah sebuah momen dimana kalian membiarkan iPhone tetap terisi dayanya meski baterai sudah terisi penuh.

Biasakan cabut cas apabila indikator baterai iPhone kalian sudah menunjukkan 100% penuh. Karena jika seringkali over charge, jeroan baterai akan semakin aus dan usang karena terus menerus dicharge.

Baca Juga: Perbedaan iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone XS Max

3. Usahakan untuk Menonaktifkan iPhone saat Dicas

Silahkan matikan iPhone saat dicas
Silahkan matikan iPhone saat dicas

Ketiga, Kalian disarankan untuk mengecas iPhone dalam keadaaan mati. Hal ini bertujuan agar suhu baterai iPhone tetap stabil ketika dicas, dengan demikian baterai iPhone akan awet tahan lama.

Sejak jaman HP polifonik alias jadul, menonaktifkan HP ketika dicas dipercaya bisa menjaga keawetan baterainya. Memang hal ini terbukti karena saat dicas baterai iPhone akan terisi dengan sempurna.

4. Selalu Gunakan Charger Original

Gunakan charger iPhone yang original
Gunakan charger iPhone yang original

Setiap pembelian smartphone iPhone, pasti disertai dengan charger original. Charger original menjamin arus yang dialirkan ke baterai selalu stabil, jadi baterai iPhone kalian akan terisi dengan sempurna.

Lain halnya jika kalian menggunakan charger abal-abal. Charger abal-abal tidak menjamin arusnya stabil untuk baterai iPhone kalian, jadi tidak menutup kemungkinan besar akan membuat baterai iPhone akan jadi cepat rusak.

Ngeri banget kan? Jika charger iPhone original kalian rusak atau hilang, disarankan untuk membeli charger original. Tapi meski berhati-hati ketika membeli, karena kini banyak charger iPhone tiruan alias kw.

Baca Juga: Cara Mematikan Suara Keyboard Ketika Mengetik di iPhone.

5. Jangan Gunakan iPhone ketika Dicas

Seringkali banyak pengguna yang menggunakan iPhone saat dicas. Meski tidak ada larangan mengenai hal ini, penggunaan iPhone saat dicas bisa mengakibatkan kerusakan pada baterainya.

Mengapa bisa demikian?

Saat memainkan iPhone ketika dicas, suhu baterai akan makin panas. Jika sering dilakukan, lama-lama baterai iPhone kalian akan bengkak dan mengalami kerusakan.

6. Lakukan Kalibrasi Baterai iPhone

Lakukan kalibrasi baterai iPhone
Lakukan kalibrasi baterai iPhone

Banyak yang belum tahu mengenai fitur kalibrasi baterai pada iPhone. Kalibrasi baterai adalah sebuah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya.

Kalibrasi baterai iPhone sangat ampuh untuk mengatasi kurang sinkronnya hardware dan software iPhone. Meski sepele, hal ini bisa mempengaruhi baterai iPhone lho.

Baca Juga: Cara Mengambil Screenshot di Semua iPhone.

7. Hindari Penggunaan iPhone saat Suhunya Panas

Suhu panas pada iPhone memang bisa berdampak langsung pada hardwarenya. Salah satu hardware yang bisa kena imbas dari panas berlebihan adalah baterai.

Solusinya, saat iPhone kalian panas, jangan gunakan lagi hingga suhunya kembali dingin. Lebih bagus lagi jika kalian menonaktifkan iPhone selama beberapa menit hingga suhunya dingin kembali.

Ada 7 cara merawat baterai iPhone yang harus kalian lakukan agar baterai iPhone kalian bisa awet selalu. Semoga bisa bermanfaat, terimakasih sudah membaca, jangan sungkan untuk mengisi komentar dengan pernyataan jika ada yang tidak dimengerti ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *