Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows

Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows

Bagi pengguna iPhone mereka tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Jailbreak. Secara singkat, aktivitas ini hampir serupa dengan metode root jika di versi Android.

Tujuannya yaitu jelas untuk membuka akses sistem agar jauh lebih luas, sehingga kita dapat memaksimalkan semua potensi program iOS dari berlisensi menjadi tanpa lisensi.

Tetapi banyak konsekuensi dalam melakukan jailbreak pada sebuah perangkat iOS, apalagi dari segi kekurangan. Bagaimanapun yang namanya bobol sistem tentu tidak dibenarkan oleh pihak pengembang, karena hal ini termasuk merusak sistem originalitas pada perangkat bersangkutan.

Namun disisi lain, kita juga bakal mendapatkan layanan hampir tanpa batas, sebab seperti yang kita tahu sendiri kalau iPhone terkenal sebagai sistem operasi yang cukup idealis.

Platform close source-nya membuat gerak pengguna kurang begitu leluasa, hingga menyebabkan kurang puasnya kita memakai perangkat iPhone.

Pada artikel kali ini, kita akan berikan kalian tutorial cara jailbreak iOS 14.4 dengan Windows secara mudah dan cepat. Rupanya melakukan jailbreak tidak se ribet yang kita bayangkan loh…penasaran simak terus ulasannya sampai akhir.

Pengertian Jailbreak

Mungkin bagi yang belum tahu apa itu Jailbreak, pertama kita akan jelaskan seperti apa aktivitas berikut baik secara fungsi dan konsekuensinya.

Dalam penerapannya, ada dua jenis jailbreak yang umum digunakan orang-orang. Pertama yaitu Jailbreak tethered dan untethered. Masing-masing hanya dibedakan dari segi caranya saja, untuk tethered merupakan jailbreak yang membutuhkan perangkat komputer.

Begitu sebaliknya, untethered merupakan jailbreak yang dilakukan tanpa membutuhkan perangkat komputer. Lantas, apa itu fungsi jailbreak?

Kurang lebih istilah Jailbreak ini hampir sama dengan sistem root pada sebuah Android. Itu artinya, pengguna telah melakukan akses ilegal untuk mengoprek sistem utama demi keuntungan kustomisasi yang diinginkan pengguna.

Bahasa sederhananya, jailbreak adalah kegiatan membobol sistem untuk membukakan semua akses yang dibatasi oleh Apple dan memungkinkan pengguna memasang aplikasi selain dari App Store serta cara tweak lainnya.

Namun dibanding dengan root, jailbreak ini masih begitu terbatas sebab sistem operasi Apple dikenal sebagai platform tertutup (close source), yang dimana ada sebagian sumber tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Keunggulan Jailbreak

  1. Dapat menginstall aplikasi selain dari AppStore.
  2. Mengubah tema jauh lebih leluasa.
  3. Melakukan aktivitas tweak pada iPhone kalian.
  4. Memodifikasi sistem internal iOS. Istilahnya mendapatkan akses developer tinggi.
  5. Dapat dengan mudah mengganti font iPhone.
  6. Melengkapi kekurangan pada iOS iPhone original.

Kelemahan atau Resiko Jailbreak

  1. Resiko kehilangan data.
  2. Rentang terkena Malware karena sistem keamanan ilegal.
  3. Resiko terkena hack data lebih tinggi.
  4. Menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  5. Aktivitas jailbreak ilegal di beberapa wilayah.
  6. Menghilangkan klaim garansi.

Cara Jailbreak iOS 14.4 dengan Windows

Selanjutnya kita masuk pada pembahasan utama yaitu cara jailbreak iOS14.4 dengan Windows. Sebelum kalian melakukan proses jailbreak, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan agar proses berjalan lancar.

Jadi cara yang akan kita gunakan dibawah yaitu Jailbreak tethered yaitu menggunakan bantuan PC. Itu artinya kalian harus menyiapkan sebuah perangkat komputer atau laptop guna membantu proses booting. Lalu siapkan juga flashdisk kosong, minimal 8GB karena kita akan masukkan file ISO lewat rufus disana.

Dan aplikasi jailbreak yang akan kita gunakan yaitu Checkra1n, jailbreak ini dapat kalian terapkan di seri iPhone 6s, SE gen1, iPhone 7, 7Plus, 8, dan 8 Plus.

Langsung saja kita mulai penjelasan dibawah ini.

Hal Yang Dipersiapkan

  1. iPhone yang akan di jailbreak.
  2. Device komputer atau laptop.
  3. Kabel sambungan USB untuk iPhone ke laptop alias kabel lightning iPhone.
  4. Flashdisk minimal 8 GB (kosongan).
  5. Download file Jailbreak dan rufus.

Download Checkra1in dan Rufus


Langkah 1 : Install File ISO Lewat Rufus

Proses yang pertama, kita buka dulu laptop dan siapkan flashdisk sebagai media booting ke dalam aplikasi Checkra1in nanti. Pastikan kalian sudah download filenya lewat link diatas, sebab dalam satu paket file tersebut sudah tersedia file Rufus.

  1. Download link diatas lewat PC.
  2. Kemudian Ekstrak File tersebut.
  3. Kalau sudah silahkan kamu buka folder hasil ekstrak.
  4. Disini silahkan sambungkan flashdisk ke PC.
  5. Setelah itu jalankan aplikasi bernama Rufus.exe.1 Jalankan Rufus - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  6. Jika aplikasi Rufus sudah terbuka, klik pada menu Device.2 Pencet Tombol Device - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  7. Pilih flashdisk yang terhubung ke komputer.3 Silahkan Pilih Flashdisknya - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  8. Lalu tekan Select.4 Klik Tombol Select - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  9. Cari folder download yang sudah kalian ekstrak tadi, dan pilih JustatechCheckra1n0.12.2Windows.iso. dan klik tombol Open.5 Pilih File ISO - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  10. Jika status sudah ready, silahkan tekan tombol Start.6 Terakhir Klik Tombol Start - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  11. Konfirmasi tombol OK, dan perhatikan bahwa flashdiskmu akan diformat dan semua data di dalamnya akan hilang. Jadi pastikan sebelum memasang file ISO lewat Rufus ini kamu sudah membackup file flashdisk di penyimpanan lain.7 Konfirmasi Tombol OK - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  12. Tinggal tunggu prosesnya selesai.

Langkah 2 : Masuk Ke BIOS

Cara jailbreak iOS 14.4 dengan Windows kita mulai masuk ke tahap 2 yaitu mengakses BIOS komputer dan mengatur Boot Priority flashdisk menjadi boot utama.

Untuk device yang kita contohkan disini menggunakan ASUS, jadi untuk masuk ke dalam BIOS tinggal restart dan saat proses booting tekan F2 beberapa kali sampai masuk ke tampilan BIOS.

Bagi pengguna device merk atau tipe laptop lain bisa sesuaikan atau cari lewat Google bagaimana masuk ke dalam BIOS-nya.

  1. Kalau langkah bootable lewat rufus diatas selesai. Pencet tombol Start.1 Klik Tombol Start - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  2. Tekan tombol Power dan pilih Restart. Pastikan disini flashdisk masih terhubung.2 Klik Tombol Restrart - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  3. Kemudian ketika laptop booting, tekan tombol F2 beberapa kali. (berlaku di laptop ASUS).3 Restart Dan Tap F2 - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  4. Sampai kalian masuk ke dalam tampilan BIOS seperti ini.
  5. Pertama buka menu Advance Mode.
  6. Geser sampai ke bagian menu Boot.4 Boot Options 1 - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  7. Perhatikan pada bagian Boot Options #1, klik Enter dan ubah dengan Flashdiskmu.5 Ubah Menjadi Flashdisk - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  8. Setelah itu tekan tombol F10 atau Save & Exit.6 Klik Save And Exit - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  9. Dan konfirmasi Yes.

Langkah 3 : Booting Ke Checkra1in

Setelah mengkonfirmasi Save and Exit di atas, komputer akan merespon dengan booting menggunakan bootable flashdisk Checkra1in. Dan berikutnya, ambil kabel lightning untuk proses koneksi antar iPhone dengan PC.

  1. Tunggu booting Checkra1in selesai.7 Reboot Jailbreak - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  2. Setelah masuk ke tampilan seperti ini, langsung saja kamu sambungkan iPhone ke PC.8 Sampai Tampilan Seperti Ini - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  3. Pada iPhone tekan tombol Trust. Berikutnya diikuti dengan memasukkan PIN iPhone kalian.9 Klik Tombol Trust - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  4. Lalu pada layar laptopnya akan terdeteksi seri dan jenis iPhone yang terhubung.
  5. Masuk ke menu Option, untuk menggerakkannya gunakan panah keyboard dan menyeleksi dengan Enter.10 Klik Tombol Options - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  6. Pilih menu paling atas yang ada tulisan Allow untrusted, dan Enter.11 Pilih Menu Paling Awal - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  7. Klik panah bawah sampai ke menu Back, dan Enter.12 Pencet Tombol Back - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  8. Klik panah kanan ke menu Start dan Enter.10 Klik Tombol Options - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  9. Kita konfirmasi tombol OK.
  10. Konfirmasi tombol Next.
  11. Nanti iPhone kamu akan masuk ke Recovery Mode.13 HP Akan Tersambung - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  12. Perhatikan disini, nantinya kamu akan diminta untuk mengikuti perintah yang ada di layar laptopmu. Perintah tersebut diantaranya tekan tombol Home + Power, dan diikuti tombol Home saja. Untuk memulainya silahkan enter menu Start.
  13. Tekan tombol Power + Home bersamaan sesuai durasi yang muncul di layar.15 Pencet Home Dan Power - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  14. Lalu lepaskan tombol Power dan tetap kamu tekan tombol Home. Lihat pada layar laptop sampai kamu diperintahkan untuk melepasnya.16 Pencet Home Saja - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  15. Secara otomatis laptop dan iPhone akan meresponnya.
  16. Ini tandanya iPhone sedang melakukan jailbreak.17 iPhone Akan Tereset - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  17. Jika di PC atau laptop kalian muncul tulisan All Done. Maka prosesnya selesai.
  18. Kita matikan laptop dengan memilih menu Quit, dan arahkan ke perintah Power Off untuk mematikan laptopnya.

Disini timing press dan hold ketika menekan tombol Power + Home serta tombol Home saja harus pas sesuai perintah layar. Karena banyakan pada tahap ini mereka gagal karena terlalu lama merespon mengikuti perintah layar.


Langkah 4 : Install Cydia

Kalau proses jailbreak diatas sudah selesai, bisa kamu lepaskan kabel lightning dari iPhone ke Windows. Dan disini coba buka iPhonemu.

  1. Silahkan buka iPhonemu.
  2. Cari aplikasi Checkra1in, jika belum muncul tunggu beberapa saat.
  3. Silahkan buka Checkra1in tersebut.Buka Jailbreak - Cara Jailbreak iOS 14.4 Dengan Windows
  4. Klik Cydia, dan pencet tombol Install.
  5. Tunggu prosesnya selesai.
  6. Setelah itu back aplikasi.
  7. Pada homescreen kalian akan muncul App Cydia.
  8. Tahap ini, semua proses jailbreak selesai dan silahkan kamu lakukan kustomisasi iPhone sesuai keinginanmu.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan kita soal cara jailbreak iOS 14.4 dengan Windows. Bagaimana, sangat mudah bukan? Singkatnya, kita download file ISO dan rufus, lalu buat file ISO menjadi bootable flashdisk dengan bantuan Rufus, dan atur boot priority PC dengan flashdisk, dan terakhir kita install jailbreak tersebut dengan menghubungkan iPhone ke dalam PC. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang