Cara Membuat Label Nama Undangan/Buku di Microsoft Word

Label adalah stiker nama yang berguna untuk menandai atau menamai suatu barang atau benda dengan identitas khusus atau kategori agar tidak tertukar dengan benda lain

Update

Cara Membuat Label Undangan dan Buku di Word

Label adalah stiker nama yang berguna untuk menandai atau menamai suatu barang atau benda dengan identitas khusus atau kategori agar tidak tertukar dengan benda lain yang sejenis.

Misalnya saja undangan pernikahan, buku tulis, buku pelajaran, produk grosiran, atau benda penting lain.

Kalau undangan, kamu perlu mengisi nama dan alamat si penerima undangan yang berbeda-beda. Untuk buku tulis, kamu perlu mengisi nama dan mata pelajaran yang berbeda-beda untuk setiap label. Begitu pula dengan benda lainnya.

Kalau kamu membuat label secara manual, maka pasti akan sangat melelahkan, apalagi kalau ternyata penerima undangan ratusan orang.

Apalagi kalau ternyata terdapat puluhan buku yang perlu diberi label yang berbeda-beda. Juga ternyata ribuan barang grosir yang perlu diberi harga.

Contoh Hasil Label Buku di Word
Contoh Hasil Label Buku di Word

Kalau sudah begini, tangan akan menjadi korbannya. Badan menjadi sakit dan pegal-pegal akibat membuat label nama. Waktu pun akan terbuang percuma hanya untuk menulis nama, kelas, mata pelajaran, alamat, jabatan, harga, untuk setiap labelnya.

Tapi, tenang. Kamu bisa mengatasi masalah ini, dengan membuat label secara otomatis, melalui Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, 2016, dan Microsoft Excel.

Langkah #1: Membuat Daftar Nama dengan Microsoft Excel

Sebelum mencetak/print label, maka yang pertama kali dilakukan adalah mengisi daftar nama, kelas, mata pelajaran, alamat penerima undangan, jabatan, harga produk, nama produk, dan sebagainya dengan Microsoft Excel.

  1. Buka Microsoft Excel, dan buka blank workbook.blank workbook excel untuk membuat label
  2. Lalu ketik nama, kelas, mata pelajaran, nama produk, harga, atau daftar nama lain yang kamu inginkan. Dalam tutorial ini, saya membuat label untuk buku tulis.Masukkan Nama, Kelas, dan Mata Pelajaran - Cara Membuat Label Nama Undangan Buku di Microsoft Word
  3. Buat daftar yang serupa seperti tabel pada gambar di atas. Nantinya, pada stiker nama atau label, yang muncul hanyalah baris kedua dan seterusnya. Baris pertama tak akan muncul dalam label.
  4. Ini contoh hasilnya:Contoh Hasil Label Buku di Word
  5. Setelah kamu membuat data daftar nama, simpan saja sebagai Excel Workbook.menyiman excel workbook
  6. Nantinya, workbook ini akan menjadi patokan dari mana identitas orang/barang yang akan dimasukkan ke dalam label yang akan dibuat di Microsoft Word.
Baca Juga :

Bisa nggak sih membuat database menggunakan Excel? Ternyata bisa, kita penrah bahas di cara membuat database di Excel.


Langkah #2: Membuat atau Mengubah Ukuran Label di Microsoft Word

Karena sudah ada patokan dari data yang telah dibuat di Microsoft Excel (mail merge), kamu tak perlu lagi terlalu capek dan pegal akibat mengetik label secara manual. Tinggal masukkan data dari Excel ke Word, jadi deh!

Kami juga pernah membahas topik mengenai membuat mail merge di Word.

  1. Buka Microsoft Word, dan buka blank document.
  2. Buka tab Mailings, dan pilih Labels.menyiman daftar nama undangan buku ke excel
  3. Pilih tombol Options.cara membuat label
  4. Kemudian muncullah daftar merek label yang bisa kamu pilih. Sayangnya, besar kemungkinan kamu tak akan melihat merek dan ukuran label yang kamu punya di sini.
  5. Karena itu, kamu perlu membuat ukuran label yang baru – sesuai dengan ukuran label yang kamu punya sekarang.
  6. Dalam tutorial ini, saya menggunakan label dengan brand Tom & Jerry atau TJ Labels – dengan ukuran 103. Maka, saya membuat ukuran label yang baru,  sesuai TJ Labels ukuran 103.
  7. Klik New Label.membuat label dengan mudah
  8. Kalau kamu ternyata juga berencana untuk mencetak/print label yang kebetulan juga memakai TJ Labels ukuran 103, maka isi semua kotak teks (width, height, margin, pitch, dsb) sesuai dengan gambar di bawah ini:membuat label undangan pernikahan
  9. Kalau sudah, klik OK.
  10. Lalu pilih New document.cara membuat label buku
  11. Kalau ternyata setelah di-print label tidak pas dengan teksnya, atau ukuran label yang kamu punya berbeda dan bukan ukuran 103, gunakan patokan ukuran TJ Labels dalam bentuk puluhan template Microsoft Word.

Download keseluruhan template tersebut di sini.

Template tersebut mencakup TJ Labels nomor ukuran 98, 99, 100, 101, 102, 103, 104, 105, 106, 107, 108, 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115, 116, 117, 118, 119, 120, 121, 122, 123, 124, 125, 126, 127, 128, 129, L 02, L 03, L 04, dan L 05.

Untuk menggunakan template tersebut, baca lanjutan tutorialnya di bawah:


Langkah #3: Membuat Label dan Mengisi Daftar Nama secara Otomatis di Microsoft Word

  1. Setelah mengklik New document, maka kamu akan melihat tabel kosong. Tabel kosong ini haruslah diisi dengan data dari Microsoft Excel yang barusan dibuat.label undangan pernikahan
  2. Kalau kamu ingin menggunakan template TJ Label yang telah di-download, buka template tersebut. Kemudian muncul tabel kosong yang serupa.
  3. Sekarang, tinggal isi saja dengan nama, alamat, mata pelajaran, kelas, harga barang, atau hal lainnya – secara otomatis dari data Excel.
  4. Masuk ke tab Mailings. Pilih Select Recipient > Use an existing list.memasukkan data dari excel ke microsoft word
  5. Cari file workbook Excel yang berisi nama, kelas, alamat, atau data lain yang baru saja kamu buat. Klik Open.
  6. membuat label buku
  7. Pilih sheet mana atau semua (atau mungkin satu saja) yang berisi daftar nama. Klik OK.membuat label stiker nama 103
  8. Pilih kotak label pertama.memilih kotak label nama
  9. Pilih Insert Merge Field > Nama (atau yang lain seperti yang kamu buat di Excel pada baris pertama).memasukkan nama alamat undangan
  10. Lanjut dengan memilih Kelas, dan lanjut lagi dengan memilih Mapel.membuat undanganmata pelajaran
  11. Atur sendiri tata letak dan tampilan Nama, Kelas, Mapel, Harga, Alamat, atau Jabatan, dengan rapi. Misalnya mengubah font, font size, atau line height, atau apa pun terserah, yang penting rapi dengan tampilan yang cukup bagus.membuat label buku
  12. Setelah kotak label pertama rapi dan selesai, maka sekarang kita pindah ke kotak label yang kedua.kotak label pertama
  13. Blok dan copy seluruh teks pada kotak label pertama. Lalu paste pada kotak label kedua.membuat label undangan banyak
  14. Pada kotak label kedua, klik sebelum <<Nama>> atau sebelum konten apa pun pada kotak label kedua dimulai.nama kelas mata pelajaran
  15. Masuk ke tab Mailings. Klik Rules > Next Record.memasukkan data daftar undangan
  16. Tulisan <<Next Record>> akan mengawali teks atau daftar nama apa pun yang terisi pada kotak label kedua.next record nama
  17. Kotak label pertama dan kedua telah selesai. Sekarang, tinggal kotak label ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya.
  18. Blok dan copy seluruh teks pada kotak label kedua, dan paste pada kotak label ketiga, keempat, dan semua kotak label yang belum terisi apa pun, hingga kotak label terakhir.kotak label buku pelajaran
  19. Sekarang, semua kotak label telah selesai.
  20. Klik Finish & Merge > Edit Individual Document.membuat label undangan
  21. Pilih All, dan klik OK.mencetak/print label buku undangan
  22. Maka, seluruh kotak label akan terisi dengan data yang kamu buat di Excel. Seperti nama, kelas, mata pelajaran, harga barang, jabatan, alamat, atau data apa pun akan muncul di sana.Seluruh Kotak Terisi dengan Data Excel - Cara Membuat Label Nama Undangan Buku di Microsoft Word
  23. Bahkan, kalau kamu punya data atau daftar nama puluhan, ratusan, atau ribuan dari Excel, maka Microsoft Word akan secara otomatis menambah halaman baru yang berisi kotak label baru dengan sisa data dari Excel.
  24. Selamat! Kamu telah membuat label nama buku, undangan pernikahan, barang grosiran, atau label nama apa pun. Sekarang, tinggal print.
  25. Untuk mem-print, pilih tab File dan pilih Print. Jangan ubah lagi ukuran kertas, margin, orientasi, atau apa pun.mem-print
Baca Juga :

Ingin membuat sertifikat cukup menggunakan Word? Kamu bisa mendapatkan tutorial selengkapnya di langkah-langkah dalam membuat sertifikat dengan Word.


Selain itu, print dulu satu halaman saja – sebagai percobaan. Kalau ternyata label tidak pas, mungkin saja kertas labelnya terbalik.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Label Nama Undangan/Buku di Microsoft Word”

Tinggalkan komentar