Cara Menghilangkan Semut Di Laptop

Cara Menghilangkan Semut Di Laptop

Kekhawatiran terbesar kita di sebuah perangkat elektronik seperti laptop adalah rusaknya komponen internal yang menyerang bagian-bagian krusial.

Ada banyak faktor kenapa komponen bisa rusak, yang pertama karena pemakaian, kecelakaan, hingga faktor eksternal yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Apa saja yang dimaksud faktor eksternal dalam rusaknya komponen pada laptop? Kemungkinan bisa dari suhu sekitar, kalau terlalu panas dan sering dioperasikan terus menerus maka akan memicu overheat dan rusak.

Lalu bisa karena debu, kondisi laptop yang tidak terawat akan mengakibatkan debu menumpuk hingga menyumbat saluran intake dan exhaust kipas, sehingga membuat sirkulasi udara tidak baik.

Terakhir bisa karena benda maupun hewan masuk ke dalam perangkat laptop. Permasalahan cukup sering terjadi adalah semut bersarang di dalam laptop kita.

Kalau sudah seperti ini, bagaimana cara menghilangkan semut di laptop? Apa penyebab hewan mungil ini dapat masuk hingga bersarang di dalam perangkat tersebut.

Penyebab Semut Masuk Ke Dalam Laptop

Mungkin banyak yang bertanya tanya, kenapa semut bisa bersarang di dalam laptop padahal tidak ada pemicu utama seperti gula, sisa makanan, tetasan minuman di sekitar laptop.

Jadi faktor yang paling kuat adalah karena kesalahan peletakan yang cenderung sembarangan.

Misalnya kamu menaruh laptop di dekat sarang semut, atau meletakan bertempelan dengan tembok, bisa saja saat semut melintas atau singgah dengan cara melewati sela-sela komponen yang berlubang.

Lalu bentuk internal laptop yang menyerupai sarang semut. Seperti banyak orang tahu kalau sarang semut itu mereka buat semacam seperti labirin, bercabang dan terdapat banyak sekat.

Sama seperti formasi komponen laptop, bentuknya tidak polos, bertekstur tinggi dan memiliki celah.

Dan terakhir memang bisa karena laptop terkena rontokan sisa makanan. Jadi hindari makan didepan laptop dikhawatirkan rontokan yang kalian gigit jatuh ke dalam sela keyboard hingga memancing semut berdatangan.

Baca Juga :

Laptop Macbook kamu tersiram air ? Berikut panduan cara mengatasi laptop Macbook tersiram air dengan tepat.


Cara Menghilangkan Semut Di Laptop

Tips cara menghilangkan semut di laptop wajib kalian ketahui sebelum semua terlambat.

Perkembangbiakan semut sangat cepat, mereka bisa pindah dengan jumlah ribuan ekor untuk migrasi dari sarang A ke sarang B.

Tentu kalian tidak mau dong sistem komponen laptop kita jadi sarang semut…untuk itu lakukan beberapa tips dibawah ini untuk menjauhkan dari perangkat.

1. Bersihkan Laptop Dengan Kuas

Bersihkan Dengan Kuas

Langkah pertama silahkan kamu ambil kuas halus dan bersihkan permukaan laptop sampai ke bagian celah-celah kemungkinan benda bisa masuk. Kalau tidak ada kuas, pakai alat lain seperti sikat gigi namun dengan bulu yang halus.

Usap di bagian keyboard, sapu bersih celah-celah keyboard sampai semua kotoran termasuk semut juga tersapu keluar.


2. Tiup Bagian Yang Terdapat Semut

Bersihkan Dengan Vacum

Atau kamu juga bisa menggunakan alat balon vacum yang sering orang gunakan untuk membersihkan lensa kamera, guna ditiupkan pada bagian komponen yang dimasuki semut.

Dengan tekanan angin tinggi, semut akan merasa terganggu dan perlahan mereka akan keluar karena insting terancam.

Kita lebih menyarankan kalian pakai alat balon vacum, karena alat ini lebih aman dibanding kamu tiup langsung dari mulut.

Baca Juga :

RAM laptop bermasalah ? Mungkin RAM kotor, silahkan ikuti cara membersihkan RAM dengan tepat.


3. Menghidupkan Laptop Sampai Suhu Tinggi

Bersihkan Bagian Lobang

Sebetulnya tips ini kurang begitu disarankan, karena memicu laptop hingga suhu tinggi itu artinya memaksa sistem bekerja sangat ekstra. Jika terlalu sering dilakukan, takutnya banyak komponen yang rusak akibat overheat.

Nah suhu panas akan mengakibatkan semut tidak nyaman. Sirkulasi suhu akan terus berputar di dalam komponen sampai akan turun jika laptop dimatikan.

Cara ini memiliki resiko kalau jumlah semut terlalu banyak, dan suhu terpacu sangat tinggi, yang ada justru membuat semut akan mati dan terjebak didalam. Kalian tentu harus membersihkan supaya tidak jadi pemicu masalah lain.


4. Gunakan Kapur Ajaib

Gunakan Kapur Ajaib

Kita bisa mengusir semut dengan bantuan kapur ajaib. Artinya silahkan kamu ambil kapur ajaib dan selembar kertas HVS sebagai media pengusiran kali ini.

Pertama matikan dulu laptopnya. Semut biasanya masuk melalui lubang ventilasi di bagian bawah laptop.

Lalu kita ambil satu lembar HVS. Gunakan kapur ajaib diatas kertas tersebut, caranya krayon kapur di atas kertas sampai merata.

Letakkan laptop diatas kertas HVS yang sudah kita krayon kapur ajaib. Tunggu beberapa menit sampai semut mencium bau dari zat kapur ajaib tersebut.

Baca Juga :

WiFi laptop di Windows 10 tidak bisa connect ? Berikut panduan cara mengatasi laptop tidak connect WiFi di Windows 10.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menghilangkan semut di laptop. Bagaimana, sangat mudah bukan? ikuti tutorial diatas untuk menjaga kondisi laptop kalian dari benda maupun hewan seperti semu. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang