Cara Mengatasi Macbook Tersiram Air

Tips, 7 Cara Mempercepat Kinerja Windows 11 (100% Berhasil) 7
Cara Mengatasi Macbook Tersiram Air

Kerusakan perangkat elektronik yang disebabkan oleh air adalah faktor permasalahan yang serius. Bahkan sedikit noda saja bisa melumpuhkan semua perangkat komponen keras jika tidak segera ditangani.

Untuk itu Tim Kompiwin akan akan memberikan tips-tips untuk mengatasi laptop Macbook kalian yang tersiram air.

Ada banyak tipe pengguna yang ketika mengerjakan tugas punya titik kenyamanan masing-masing.

Seperti ada yang suka nugas sambil ngopi, ada juga yang suka bermain laptop sambil ngeteh, atau mereka yang tidak sama sekali dan ingin fokus mengerjakan apa yang sedang dilakukan.

Disaat kita ngerjain tugas sambil ngopi, hati-hati ketika menaruh gelas atau botol jangan terlalu dekat dengan perangkat laptop kita.

Karena kita sendiri tidak tahu dan tidak sadar, entah tangan kita reflek menendang minuman yang ada di sebelah lalu jatuh mengenai laptop, atau meja yang ditempati tiba-tiba digeser orang tanpa sengaja hingga menyebabkan minuman tumpah, dan faktor tak terduga lainnya.

Sehingga jangan pernah taruh benda cair di sebelah perangkat elektronik apalagi laptop, gunanya menghindari kejadian yang tidak disengaja seperti ketumpahan air yang mengakibatkan laptop jadi rusak.

Cara Untuk Mengatasi Macbook Tersiram Air

Walaupun hanya setitik cipratan air yang jatuh diatas perangkat laptop, bila air tersebut mengenai komponen yang penting contohnya, maka tidak menutup kemungkinan laptop perlahan akan menunjukkan gejala kerusakan dan akibat paling fatal ialah mati total.

Sebelum kita masuk ke tutorial cara mengatasi macbook tersiram air, ketahuilah bahwa terdapat perbedaan pada jenis benda cairan atau minuman yang ternyata masing-masing memiliki dampak yang berbeda.

Misalnya air, teh dan kopi sifatnya tidak terlalu asam sehingga lebih mudah dalam segi perbaikan. Sedangkan cairan seperti jus atau anggur, dapat memicu kerusakan lebih kompleks karena memiliki tingkat keasaman yang cenderung tinggi.

Macbook Terkena Air

Karakter air yang mudah mengisi celah kosong akan sangat memungkinkan benda tersebut masuk kedalam logicboard melalui celah dari keyboard dan perlahan mulai menggerogoti komponen logam dan sejenisnya.

Untuk itu kalian jangan biarkan penanganan berhari-hari setelah kejadian dan upayakan langsung ketika laptop terkena air kamu bisa lakukan cara mengatasi Macbook tersiram air berikut ini :

1. Lepaskan Magsafe atau Charger

Jangan ada arus listrik yang masuk ke dalam perangkat ketika posisinya tersiram air.

Karena hal ini dapat menyebabkan konsleting pada komponen baterai, port colokan charger, atau komponen lain yang memiliki transfer daya besar.

Selain charger, lepaskan juga koneksi kabel lain seperti kabel USB dan sebagainya, usahakan Macbook clean tanpa sambungan apapun.


2. Segera Lap Menggunakan Benda yang Meresap Tinggi

Usap Laptop Dengan Tisu

Ketika Macbook ketumpahan air, saat itu juga kamu ambil benda yang memiliki daya serap tinggi seperti tisu, lalu bersihkan bagian yang terkena air dengan cara tap-tap bukan dengan mengusap permukaan.

Dikhawatirkan jika air yang kamu usap masih basah, akan mengalir dan masuk ke komponen di sebelahnya.

Dan jangan goyangkan laptop karena bisa juga memberi kesempatan untuk air mengalir ke permukaan lain.

Baca Juga:

Bingung karena HP kamu kemasukan air? Jangan panik, kami sudah memberikan panduan untuk mengatasi HP yang kemasukan air secara lengkap.


3. Matikan dan Tunggu 48 Jam

Jika Macbook masih dalam keadaan menyala, segera usahakan matikan perangkat laptop tersebut sampai benar-benar mati dan biarkan tidak beroperasi selama 48 jam.

Dengan catatan jika kamu membiarkan selama 2 hari, artinya air yang terkena sifatnya cipratan atau sedikit.


4. Keringkan dengan Hairdryer

Gunakan Hairdryer

Ketika kamu biarkan laptop tidak menyala, agar lebih efektif kamu juga bisa mengeringkan dengan bantuan hairdryer.

Tetapi perhatikan jarak pengeringan dengan hair dryer, jangan terlalu dekat sebab dapat memicu kerusakan lain akibat terlalu panas. Kamu juga bisa memanfaatkan lampu belajar yang sifatnya hangat.


5. Posisikan Macbook Terbalik

Tujuan membalikkan posisi Macbook ini adalah untuk mengeluarkan sisa air yang masuk melalui celah keyboard.

Usahakan jangan lakukan gerak spontan, balik secara perlahan dan tunggu beberapa jam sampai air berhasil keluar.

Baca Juga:

Memori internal HP iPhone kamu penuh? Tapi kamu menggunakan laptop Windows bukan Macbook? Ikuti cara memindahkan data iPhone ke laptop Windows dengan benar.


6. Bawa ke Tempat Servis Terpercaya

Bongkar Dan Bawa Ke Tukang Servis

Jika tumpahan air yang mengenai Macbook cenderung sangat banyak, Tim Kompiwin menyarankanlangsung bawa ke tempat servis terpercaya agar segera mendapatkan pertolongan pertama.

Karena mereka yang bisa membuka komponen internal Macbook dan sudah mengerti betul pemeliharaan perangkat jika terkena air.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah tips-tips seputar cara untuk mengatasi Macbook tersiram air, yang penting kalian jangan panik dan lakukan tips yang sudah kita tuliskan diatas, semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.