Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati 7
Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati

Apakah kalian pernah mengalami laptop mendadak mati secara tiba-tiba? Mungkin kejadian seperti ini cukup awam dialami bagi pengguna perangkat komputer diluar sana, bahkan admin pun beberapa kali sering menemui kejadian serupa.

Lantas, apa penyebab laptop tiba-tiba mati? Karena sangat menjengkelkan juga kalau kita sedang mengerjakan sesuatu yang penting, tetapi malah device pendukung mendadak sedang tidak bersahabat.


Lebih baik kita tahu penyebabnya dan setelah itu cari jalan keluar agar persoalan seperti laptop tiba-tiba mati tidak akan terulang lagi.

Untuk mengetahui lebih dalam soal penyebab laptop tiba-tiba mati, silahkan simak segmen penjelasan dibawah ini.

Penyebab Laptop Tiba Tiba Mati

Poin permasalahan yang telah kita rangkum termasuk penyebab umum yang sering pengguna alami. Mostly semua perkara tersebut berujung ke kondisi komponen internal PC yang bermasalah. Berikut adalah ulasannya.

1. Suhu Laptop Terlalu Panas (Overheat)Overheat Laptop

Yang pertama penyebab laptop tiba tiba mati bisa dikarenakan overheating.

Sebenarnya kondisi ini tidak hanya berlaku pada internal elektronik saja, bahkan beberapa penggerak seperti mesin konvensional kalau sudah mengalami overheat pasti internal sistem akan seketika memutuskan kinerja mesin.

Overheat dalam perangkat elektronik memang sangat berbahaya, hal ini bisa memicu komponen rusak, leleh, dan memungkinkan terjadi kebakaran.

Faktor utama laptop bisa mengalami overheating adalah perangkat dipaksa untuk bekerja seharian full.

Dan perintah yang dijalankan semuanya sangat berat-berat, seperti bermain game dengan settingan resolusi tinggi, melakukan rendering seharian penuh, dan masih banyak lagi.

Kinerja tersebut otomatis akan membebankan prosesor hingga membuat jalannya kipas pendingin bekerja lebih ekstra. Ditambah dengan kondisi laptop yang sudah usang penuh debu, membuat jalurnya exhaust terhambat dan sirkulasi kurang baik.

Saat seperti itulah laptop akan mematikan jalannya program baik dengan pesan peringatan maupun tidak.

2. Perangkat Keras Mengalami KegagalanRAM Laptop

Beberapa kasus sering sekali muncul akibat dari kegagalan perangkat keras melakukan komunikasi dengan sistem.

Tema yang sempat Tim Kompiwin bahas sebelumnya seputar kerusakan komputer itu banyak kaitannya dengan poin kedua ini.

Umumnya laptop akan memunculkan pesan atau pun tidak dan seketika program didalamnya mendadak dipaksa mati. Kalau tidak mati, seringnya adalah PC melakukan booting dengan sendirinya.

Nah hal ini bisa dikarenakan perangkat keras yang sudah tidak kompatibel dengan versi sistem terbaru.

Terduga komponen yang sering dicurigai adalah RAM, perangkat berikut memang memiliki peran yang krusial, bahkan RAM yang berdebu saja jika dipaksakan jalan akan bermasalah.

3. Sistem Operasi Crash

Penyebab laptop tiba tiba mati yang berikutnya adalah terjadinya gagal operasi antar sistem perangkat keras dengan sistem perangkat lunak di dalam program komputer.

Penginstalan program yang tidak sempurna salah satu faktor kenapa laptop milikmu suka tiba-tiba mati.

Bisa juga sistem operasi yang crash diganggu oleh virus, bug atau malware. Ketiga ancaman tersebut memang sangat berbahaya bagi operasi sistem, khususnya buat Windows.

Ketika melakukan aktivitas transfer data dari laptop, perhatikan betul perangkat eksternal yang terhubung dengan device kita. Karena bisa dengan alat penyimpanan seperti flashdisk, hardisk, dan memori lainnya, akan menempelkan virus ke dalam PC.

4. Baterai Laptop Sudah Tidak OptimalBaterai Laptop Rusak

Lalu yang sering jadi persoalan berikutnya adalah kondisi baterai laptop sudah tidak optimal lagi. Seperti yang banyak orang ketahui, fungsi laptop sebagai perangkat yang efisien serta fleksibel dibawa kemana-mana ini mengandalkan input daya utama dari baterai.

Jika kondisi baterai sudah tidak memungkinkan untuk menampung daya lagi, alhasil perangkat bakal mati dengan otomatis.

Biasanya faktor penyebab baterai suka membuat perangkat laptop mati sendiri ini, adalah gejala utama menunjukkan penurunan kualitas dari baterainya tersebut.

Mungkin pengguna pada awal-awal gejala kerusakan baterai ini akan bingung, baru saja di cas tetapi 10 menit penggunaan laptop sekeita mati total.

5. Kerusakan Pada MotherboardMotherboard Laptop

Penyebab laptop tiba-tiba mati yang terakhir adalah kerusakan dari Motherboard. Dalam sebuah perangkat komputer ataupun laptop, motherboard merupakan komponen utama karena semua part internal yang ada terpasang jadi satu didalam motherboard.

Jika motherboard mengalami kerusakan, wajar kalau laptop suka menunjukkan gejala aneh yakni mati sendiri. Kalian harus teliti dalam mendiagnosa kerusakan dalam motherboard.

Karena disana banyak banget koneksi yang menghubungkan dengan komponen lain. Mungkin saja permasalahan ini dari koneksi komponen cabang bukan dari motherboardnya itu sendiri.

Cara Mengatasi Permasalahan Laptop Tiba-Tiba Mati

Melanjutkan faktor penyebab yang kita tuliskan diatas, dapat disimpulkan dengan tindakan :

  1. Jangan paksa kerja laptop berjalan seharian full dengan bebas tugas yang memberatkan prosesor.
  2. Kalau gejala muncul dari perangkat keras dan belum menemukan komponen yang rusak, sebaiknya jangan asal bongkar sendiri, karena part hardware dalam laptop itu sangat sensitif, lebih baik konsultasikan kepada orang yang mahir.
  3. Bersihkan RAM jika sudah kotor, komponen RAM ini yang paling mudah dibongkar pasang, biasanya part akan dikaitkan dengan dua buah klip dan jika klip tersebut di release maka RAM akan terlepas.
  4. Ganti baterai kalau memang sudah tidak memadai, ciri-cirinya adalah akan muncul notifikasi silang pada baterai dan suka habis tidak sesuai dengan jam pemakaian normal.
  5. Sama seperti poin kedua, periksa motherboard ke tukang servis terpercaya, karena didalam komponen ini banyak sekali koneksi yang terhubung jadi sulit buat mendiagnosa secara awam. Bahkan harga motherboard sangat mahal, jadi hati-hati.

Akhir Kata

Kurang lebih di atas adalah penyebab laptop tiba tiba mati, setelah ini harap kalian lebih perhatikan kondisi laptop agar kondisinya tetap optima. Kalau terjadi masalah seperti ini, pengguna juga yang rugi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.