Aplikasi

15 Aplikasi Translate Offline Android Tanpa Kuota Internet

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat berlibur atau hanya melakukan perjalanan bisnis di luar negeri, sangat penting mengerti dan memahami bahasa local penduduk di negara yang dikunjungi.

Ini berguna untuk Anda berkomunikasi dengan penduduk sekitar selama di luar negeri.

Oleh karena itu, sangat penting membawa kamus kecil yang akan banyak membantu kita selama di negeri orang.

Seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali pengembang yang menciptakan aplikasi translate yang salah satu fungsinya untuk membantu para traveller memahami bahasa asing.

Meskipun banyak sekali aplikasi translate yang sifatnya online, ada juga beberapa aplikasi translate offline untuk pengguna ponsel Android.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi translate offline Android, baca ulasannya yuk!

1. Kamusku

Aplikasi ini memiliki rating yang bagus di Playstore karena sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Meskipun dikembangkan oleh developer lokal, namun aplikasi Android yang satu ini sangat handal dalam menerjemahkan kosakata dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tentunya.

Kamusku

[Klik untuk Install]

Aplikasi Kamusku juga bisa diakses tanpa koneksi internet sehingga bisa digunakan dimanapun dan kapanpun.

Jika arti dari kosakata tidak ditemukan dalam aplikasi, fitur translator secara otomatis akan mencari arti kosakata secara online.

2. Kamus Offline Lengkap

Aplikasi translate lokal lainnya datang dari pengembang bernama BriXzen yang menamai ciptaannya yakni Kamus Offline Lengkap.

Kamus offline lengkap

[Klik untuk Install]

Aplikasi ini 100% asli dari Indonesia, loh! Aplikasi ini dijamin akan membantu Anda dalam menerjemahkan kata bahasa Inggris yang kadang membuat pusing.

Aplikasi ini juga tidak akan membuat ponsel Anda menjadi berat karena hanya memiliki ukuran yakni 8,8 MB saja.

3. Indonesian English Dictionary

Seperti aplikasi translator lainnya, aplikasi Indonesian – English Dictionary bisa jadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menginstall aplikasi translator secara offline.

Aplikasi ini hanya menyediakan fitur kamus khusus bahasa Indonesia – Inggris dan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan.

Indonesian English Dictionary

[Klik untuk Install]

Misalnya saja fitur Exercises yang ada dalam aplikasi, Anda akan diberikan pertanyaan berdasarkan kata dalam kamusmu.

Ini sangat menarik karena dengan adanya fitur Exercises, pengetahuan bahasa kita akan bertambah. Aplikasi ini diperuntukkan untuk Android 4.0.3 ke atas dengan ukuran sebesar 13 MB.

Ingin translate kata di browser ? Cukup dengan ngeblok, ikuti tutorial ekstensi browser untuk translate

4. U- Dictionary : Best English Learning Dictionary

Selanjutnya adalah aplikasi U- Dictionary yang dikembangkan oleh developer dari Hongkong yakni Youdao Limited.

Aplikasi translator ini dilengkapi dengan beberapa fitur canggih dan bisa digunakan tanpa tersambung ke internet.

U- Dictionary ternyata mengadaptasi dari Oxford Dictionary sehingga dalam hal menerjemahkan, aplikasi ini sangat akurat karena basisnya dari Oxford University Press.

U- Dictionary - Best English Learning Dictionary

[Klik untuk Install]

Youdao Limited juga memberikan fitur Word Games dalam aplikasi ini yang dijamin belajar bahasa Inggris tidak akan membosankan.

Selain Word Games, juga ada Grammar Check yang bisa membantu dalam mendeteksi kesalahan penulisan Anda.

Aplikasi yang keren ini bisa diunduh di Playstore secara gratis dengan spesifikasi sistem operasi minimal yaitu Android 4.1 ke atas.

5. Line Dictionary

Line tidak hanya digunakan untuk Chatting saja namun, ternyata Line meluncurkan aplikasi kamus bahasa Inggris – Indonesia yang sangat mudah dioperasikan.

Dalam aplikasi ini dilengkapi banyak fitur keren seperti latihan listening dan speaking, kuis. Conversation dan juga dikte.

Line Dictionary

[Klik untuk Install]

Kamus offline ini juga mengandung ratusan ribu kosa kata dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya yang sangat lengkap.

Bagi Anda yang masih bingung dengan arti kalimat bahasa Inggris, di aplikasi ini juga bisa menerjemahkan tiap kalimat bahasa Inggris atau sebaliknya.

Aplikasi ini sementara hanya bisa digunakan pada ponsel berbasis Android. Namun, pengembang aplikasi ini kabarnya akan segera meluncurkan Line Dictionary versi iOS.

6. Microsoft Translator

Perusahaan dunia yang sangat terkenal, tidak mau kalah rupanya Microsoft Corporation juga ikut serta meluncurkan apliasi translate untuk Android yang bisa diakses secara offline.

Aplikasi ini menyediakan kurang lebih 60 bahasa yang bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia melalui teks, suara atau foto yang diinput.

Microsoft Translator

[Klik untuk Install]

Aplikasi ini juga cocok banget untuk dibawa bepergian.

Karena dalam aplikasi terdapat fitur kamus frasa yang bisa digunakan untuk memandu dalam pengucapan kalimat dalam bahasa asing dan tentunya untuk menerjemahkan berbagai kalimat penting.

Hasil ketikan kamu sering typo ? Gunakan aplikasi keyboard android terbaik ini.

7. Kamus Offline ENG-IND

Hampir seperti aplikasi “Kamusku”, ini adalah aplikasi translator serupa yang menawarkan fitur translate kosa kata dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Kamus Offline ENG-IND

[Klik untuk Install]

Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengetikkan kata yang tidak dipahami artinya saja. Selain kosa kata, aplikasi ini juga bisa menerjemahkan sebuah kalimat.

Lebih lengkap lagi, aplikasi kamus ini dilengkapi dengan fitur seperti Tenses, Regular dan Irregular Verb.

8. iTranslate

iTranslate adalah sebuah aplikasi translate yang sangat mirip dengan Microsoft Translator.

Di Playstore aplikasi ini sangat populer karena sangat lengkap sehingga bisa membantu memperdalam kemampuan bahasa Anda.

Kelengkapan fitur iTranslate ini terlihat dengan kemampuannya yang bisa menerjemahkan teks lebih ke 100 bahasa melalui ketikan dan suara baik dari suara laki – laki maupun suara perempuan.

iTranslate

[Klik untuk Install]

Tidak hanya itu saja, kelebihan lain dari iTranslate adalah adanya Thesaurus yang biasa digunakan untuk melihat rincian kata dalam aplikasi.

iTranslate bisa digunakan saat kondisi online maupun offline.

Pada saat offline memang penerjemahan sedikit dibatasi yaitu kamus hanya bisa digunakan menerjemahkan lebih dari 40 bahasa.

iTranslate bisa diunduh secara gratis dan pengguna bisa menggunakan beberapa fitur yang disediakan.

Namun, jika ingin mengakses aplikasi secara full version maka pengguna harus meng-upgrade aplikasi kemudian membayar.

9. Google Translate

Aplikasi besutan Google ini memang sudah umum digunakan dimanapun dan biasa diakses pada website secara online.

Namun, saat ini Google Translate juga hadir dalam bentuk aplikasi Android yang bisa digunakan meskipun dalam kondisi tanpa internet (offline) sekalipun dan tentunya bisa diunduh secara gratis.

Persis seperti pada website, aplikasi ini memang dikhususkan untuk menerjemahkan kata dan kalimat saja. Namun, bedanya pada aplikasi dilengkapi fitur menerjemahkan teks pada gambar atau foto.

Google Translate

[Klik untuk Install]

Sangat menarik kan ?

Google Translate menyediakan kurang lebih 100 bahasa yang bisa diterjemahkan.

Aplikasi keren ini juga tidak memerlukan fitur premium, seluruh pengguna bisa mengakses semua fitur termasuk fitur buku frasa, mode percakapan, dan tulisan tangan secara gratis.

Sayangnya aplikasi ini dinilai kurang akurat dalam hal menerjemahkan kalimat . Meskipun begitu, bagi Anda yang suka travelling, aplikasi ini wajib ada di ponsel!

10. Indonesian Dictionary (Kamus bahasa Inggris Offline)

Masih pemula dalam belajar Bahasa Inggris ? Indonesian Dictionary sangat cocok sebagai pendamping belajar Anda.

Kamu juga bisa menginstall aplikasi belajar bahasa inggris untuk membantumu lebih cepat dalam belajar bahasa.

Aplikasi ini selain mampu menerjemahkan kata dalam Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya juga dilengkapi dengan bermacam – macam Tenses dan Irregular Verbs.

Indonesian Dictionary (Kamus bahasa Inggris Offline)

[Klik untuk Install]

Oleh sebab itu, jika Anda sedang menghafalkan pola Tenses, aplikasi akan banyak membantu. Menariknya lagi, pengguna juga bisa menyimpan maupun membagikan ke kontak dan sosial media yang dipunyai.

11. Indonesian English Dictionary & Translator Free

Indonesian English Dictionary & Translator Free menjadi salah satu aplikasi translator yang bisa dihandalkan baik untuk belajar maupun dibawa saat travelling.

Aplikasi yang dikembangkan Bravolol ini sangat efektif untuk menerjemahkan kata maupun kalimat Bahasa Inggris karena dalam aplikasi disediakan pilihan translate menggunakan American English atau British English.Indonesian English Dictionary & Translator Free

[Klik untuk Install]

Kedua pilihan ini mempunyai perbedaan yang mencolok dalam hal ejaan dan arti kata. Aplikasi ini memiliki spesifikasi untuk sistem operasi Android 4.4 ke atas dengan ukuran aplikasi sebesar 57 MB.

Butuh aplikasi pengubah teks ke suara ? Gunakan aplikasi text to speech ini.

12. Dict Box

Dict Box adalah salah satu aplikasi translator yang mendukung banyak bahasa seperti Bahasa Inggris, Spanyol, Korea, Jepang Cina dan masih banyak bahasa asing yang bisa diterjemahkan dengan ini.

Aplikasi ini dibuat berdasarkan kamus Cambridge, Oxford dan Wiki sehingga keakuratannya tidak perlu diragukan lagi. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa menggunakan koneksi internet.

Dict Box - Universal Offline Dictionary

[Klik untuk Install]

Meskipun terkesan sederhana dari tampilannya, namun ternyata aplikasi ini menyediakan fitur yang lumayan bagus.

Lebih menarik lagi, dalam aplikasi juga dilengkapi dengan fitur koreksi ucapan, penerjemahan melalui jepretan kamera, tes yang berguna untuk latihan menghafal kosa kata sekaligus sebagai latihan memori.

Tidak terbatas di aplikasi saja, pengguna tetap bisa mengakses Dict Box melalui web browser.

13. Dictionary Linguee

Satu lagi aplikasi translate yang sangat populer di Playstore yaitu Dictionary Linguee. Tampilan yang keren dan eye-catching menghiasi setiap halaman dari aplikasi yang satu ini.

Serupa dengan aplikasi translate lainnya, Dictionary Linguee bisa digunakan tanpa koneksi internet (offline).

Dictionary Linguee

[Klik untuk Install]

Di dalam aplikasi ini mendukung berbagai bahasa seperti Jerman, Inggris, Perancis, Spanyol, Italia, Cina, Jepang dan lainnya.

Namun, pengembang Linguee masih berusaha mengembangkan dan menambahkan kamus dalam bahasa lain secara bertahap. Sebenarnya aplikasi ini dirancang untuk percakapan sehari – hari dalam bahasa asing.

14. Reverso Dictionary

Reverso Dictionary, salah satu aplikasi yang juga sangat populer di Playstore. Aplikasi ini berisikan kamus lengkap seperti aplikasi translate pada umumnya.

Bukan itu saja, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menggunakannya yaitu dengan menulis kata dan kalimat yang ingin diterjemahkan atau sekedar mengucapkan kata asing.

Reverso Translate and Learn

[Klik untuk Install]

Aplikasi ini bisa menerjemahkan ke puluhan bahasa seperti Rusia, Polandia, Portugis, Inggris, Perancis, Spanyol dan masih banyak kamus asing lainnya.

Fitur lain dalam aplikasi ini adalah pelajaran bahasa asing.

Cara menggunakannya adalah cukup dengan menyentuh tombol “Learn” untuk bisa melihat kelas khusus yang ditawarkan.

Kamus ini bisa digunakan pada berbagai jenis ponsel berbasis Android seperti Samsung Galaxy, Nexus, LG, HTC dan beberapa merek ponsel lainnya, iOS, Blackberry maupun Windows Mobile.

15. BK Translate App (Penerjemah bahasa indonesia)

Aplikasi BK Translate adalah aplikasi ciptaan pengembang yang difokuskan untuk kepentingan penerjemahan ke banyak bahasa seperti Inggris, Spanol, Perancis, Jerman hinga bahasa Arab.

BK Translate App

[Klik untuk Install]

Serupa dengan aplikasi translate lainnya, aplikasi ini bekerja menerjemahkan kata dan kalimat melalui ketikan, tulisan tangan maupun suara.

Tampilan UI juga dibuat sesederhana mungkin sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

Meskipun tampilan sederhana, aplikasi translate ini ternyata cukup lengkap.

Penutup

Itulah 15 aplikasi translate offline Android yang kami rekomendasikan karena sangat efektif dan akurat dalam menerjemahkan kata dalam bahasa asing. Pernah menggunakan salah satu aplikasi di atas? Tulis pendapatmu melalui kolom komentar ya!

Tentang Penulis

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-enam. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tulis Komentar