Cara Memperbaiki Memori Yang Rusak

Cara Memperbaiki Memori Yang Rusak 7
Cara Memperbaiki Memori Yang Rusak

Cara memperbaiki memori yang rusak itu sebenarnya cukup mudah dilakukan, dan kamu bisa memakai beberapa metode untuk kembali menormalkan penyimpanan perangkat tersebut.

Memori adalah sebuah perangkat penting yang sangat berfungsi di segala hal. Komponen tersebut sangat membantu para pengguna dalam menyimpan data dan file secara praktis tanpa perlu memakan ruang tempat sekitar.

Dan saat ini inovasi perkembangan dalam sebuah memori penyimpanan telah dikemas makin advance, pertama dari segi ukuran yang mengecil, kemudian kecepatan transfer data meningkat, lalu kapasitas memori besar.

Jika memori perangkat kita rusak, akan jadi permasalahan serius sebab banyak file-file penting dan rahasia hilang dari penyimpanan tersebut.

Ditambah lagi kita belum sempat membackup ke penyimpanan kedua…gimana gak pusing coba?

Nah, sebelum kita masuk ke pembahasan cara memperbaiki memori yang rusak, ada baiknya kamu kenali tanda-tanda memori mulai bermasalah.

Ciri-Ciri Memori Perangkat Rusak

Orang-orang lebih suka menyimpan file di perangkat HP mereka, disisi lain device ini sudah tersedia dua penyimpanan yakni internal dan eksternal.

Kenali ciri-ciri kartu SD HP yang sudah rusak, biasanya akan muncul tanda-tanda yang kita sebutkan dibawah ini :

  1. File suka hilang secara misterius, misalnya kita menyimpan foto dalam galeri, tiba-tiba hilang bahkan dalam jumlah yang banyak.
  2. Suka muncul notifikasi error, bahwa sistem perangkat HP tidak bisa mendeteksi status penyimpanan eksternal.
  3. Memori eksternal tidak muncul di tampilan File Manajemen.
  4. Proses transfer file terhambat, misalnya pengguna ingin memindahkan memori internal ke eksternal sering kali gagal.
  5. HP suka ngehang dengan sendirinya.
  6. Mencabut memori ketika sedang transfer file.
  7. Memasang dan melepas memori secara tiba-tiba.

Jika tanda-tanda di atas muncul di perangkat, bisa dipastikan kalau kartu SD milikmu bermasalah. Tetapi kalian gak perlu khawatir, karena ada cara memperbaiki memori yang rusak agar bisa digunakan kembali.

Dengan harapan setidaknya ada satu dua file yang bisa diselamatkan meski kita tidak memberikan jaminan semuanya masih utuh.

Baca Juga :

Memori perangkat HP dapat mempengaruhi speed performa sistem alias lemot ketika bermain game, ketahui gejala lainnya disini.


Cara Memperbaiki Memori Yang Rusak

Rusaknya memori kartu SD bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa dari kesalahan perangkat atau bisa juga dari kelalaian pengguna.

Yang paling umum menjadi penyebab kerusakan adalah, memori terinfeksi oleh virus, bisa karena faktor usia, dan kualitas memori kartu SD-nya.

Kemudian kelalaian pengguna dapat disebabkan seperti membanting kartu SD baik sengaja dan tidak sengaja, memori tersebut terkena air, atau rusak karena HP sering overheat.

1. Restart Perangkat HP

Terkadang dengan cara sederhana seperti merestart HP dapat memulihkan kondisi sistem yang bermasalah.

Mungkin saat itu program internal sistem sedang sibuk, kemudian bisa terjadi penumpukkan bug hingga mengganggu komunikasi dengan perangkat eksternal seperti kartu SD, atau aplikasi reader memori kartu SD-nya error.

2. Bersihkan Kartu SD

Bersihkan Fisik Kartu SD

Coba bersihkan kartu SD tanpa memformatnya. Ternyata kondisi memori atau slot yang kotor sangat memungkinkan untuk alat gagal merespon permintaan pengguna.

Langkah yang kedua ini silahkan kamu coba bersihkan sloth dan memorinya, tanpa merusak komponen asli.

  1. Silahkan keluarkan kartu SD dari tempatnya.
  2. Kemudian bersihkan lempengan tembaga yang berwarna emas dengan penghapus, bersihkan perlahan hingga dirasa sudah bersih.
  3. Bersihkan juga sloth kartu SD dari debu yang menempel.
  4. Kemudian jika semuanya sudah bersih, masukkan kembali ke tempatnya.

Baca Lain :

Memori HP penuh dengan foto ? Begini tutorial cara memindahkan penyimpanan Foto dari internal ke kartu SD.

3. Menggunakan Bantuan Aplikasi MiniTools Partition

Cara memperbaiki memori yang rusak berikutnya bisa dengan bantuan aplikasi PC bernama MiniTools Partition Wizard.

Jadi hal yang perlu kamu siapkan adalah, pertama jelas perangkat PC sebagai media utama, kabel USB untuk menghubungkan dua perangkat, dan terakhir download aplikasi MiniTool Partition Wizard Free Edition.

  1. Download aplikasi MiniTool Partition Wizard. Kemudian install aplikasinya.
  2. Jika sudah terpasang, silahkan sambungkan ponsel ke PC.
  3. Lalu buka aplikasi MiniTool Partition Wizard.
  4. Pilih kartu SD yang terhubung, lalu ketuk klik kanan untuk pilih Check File System.Klik Kanan Untuk Check File System
  5. Nanti akan muncul dua opsi, silahkan kamu tap bagian Check & fix detected error. Dan klik Start.
  6. Tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Cek Kartu SD Di Perangkat Lain

Coba Kartu SD Di Perangkat Lain

Terakhir kamu bisa cek memori penyimpanan ini di perangkat lain, bisa menggunakan HP kedua atau cek dengan PC atau laptop.

Jika semua data masih normal dan tidak menunjukan kerusakan, berarti permasalahan bukan muncul dari memori melainkan slot HP milikmu.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara memperbaiki memori yang rusak, silahkan ikuti tips dari Tim Kompiwin diatas, semoga bisa membantu dan mengatasi permasalahan yang menimpa memori perangkat HP milikmu. Stay Safe.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.