Cara Cek Sertifikat, Ijazah, & BST Pelaut Terbaru

Cara Cek Sertifikat Pelaut Secara Online
Cara Cek Sertifikat Pelaut Secara Online

Ingin melakukan pengecekan keaslian ijazah pelaut, sertifikat pelaut, dan BST pelaut? Kita dapat lakukan dengan mudah secara online melalui layanan yang dimiliki oleh Dephub (Direktorat Jendral Perhubungan Laut) | Kementrian Perhubungan Indonesia.

Lembaga instansi tersebut sudah membuat website khusus yang dapat digunakan untuk pelaut untuk mengecek keabsahan dokumen mereka sebelum masuk dan bekerja di dunia kelautan.

Di Indonesia, memiliki ijazah dan sertifikat pelaut merupakan dua dokumen penting dan wajib dimiliki oleh pelaut dalam regulasi berlayar.

Untuk melakukan pengecekan sertifikat pelaut, kita harus mempersiapkan kode pelaut atau sertifikat pelaut terlebih dahulu. Untuk secara lengkap, silahkan kamu ikuti langkah-langkah yang ada di konten artikel ini.

1. Cara Mudah Cek Kode / Nomor Sertifikat Pelaut (Resmi)

Pada zaman yang serba teknologi ini, seluruh kegiatan kita menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk mengecek keaslian dari sertifikat pelaut dapat dilakukan melalui website dan secara online.

Adapun cara untuk cek kode / nomor sertifikat pelaut secara lengkap, antara lain sebagai berikut ini:

Nomor Sertifikat Atau Kode Pelaut

Sebelum melakukan pengecekan, pastika sudah memiliki kode / nomor sertifkat pelaut tersebut dahulu.

Bagaimana kalau kita tidak tahu kode / nomor sertifikat pelaut masing-masing?

Untuk melihatnya sangat mudah, cek di bagian pojok sisi kanan atas sertifikat pelaut, disana akan tertera 16 digit angka dan angka tersebut adalah kode sertifikat milikmu.

Untuk kode pelaut sendiri merupakan 10 nomor awal dari kode sertifikat. Misalnya 3435455565788989 adalah kode sertifikat, maka kode pelautnya yaitu 3435455565.

Berikut adalah langkah-langka untuk melakukan pengecekan kode / nomor sertifikat pelaut secara lengkap dan disertai dengan gambar:

  1. Pertama-tama, silahkan kamu buka halaman website: https://pelaut.dephub.go.id/Platform Website Cek Sertifikat
  2. Kemudian ketikkan Nomor Sertifikat di kotak di bawahnya.Masukkan Kode Sertifikat
  3. Isi kode Captcha.
  4. Setelah itu pencet tombol Search.
  5. Sistem akan menampilkan semua informasi identitas diri masing masing dan gunakan database berikut untuk kepentingan formal.Informasi Sertifikat
  6. Selesai.
Informasi Tambahan

1. Jika nomor yang kalian masukkan sudah benar dan identitas kalian tidak tertera di sana, langsung saja hubungi diklat yang menerbitkan sertifikat milikmu. Atau pilihan alternatif kedua yaitu email Direktorat Perhubungan Laut atau datangi langsung kantor Direktorat Perhubungan Laut.

2.Sertifikat pelaut memiliki masa aktif selama 5 tahun, apabila masa aktif tersebut sudah habis, pelaut bisa melakukan pembaruan dengan cara revalidasi kembali.


2. Cara Mudah Cek Ijazah Pelaut Online (Resmi)

Salah satu dokumen lain yang wajib dimiliki oleh para pelaut yaitu ijazah. Dokumen ini yang akan menyatakan bahwa status kalian sebagai pelaut dan memperlihatkan informasi tentang perjalanan pendidikan sebagai pelaut.

Saat ini, untuk mengecek keabsahan dari ijazah pelaut dapat dilakukan secara online melalui website milik Dephub (Direktorat Jendral Perhubungan Laut) | Kementrian Perhubungan Indonesia.

Dengan layanan ini diharapkan dapat menghindari Salah satu fungsi adanya wadah berikut yaitu untuk menghindari peredaran ijazah palsu dan memudahkan akses para pelaut untuk menunjukkan identitas diri mereka.

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, kode pelaut berfungsi sebagai akses masuk ke dalam pencarian ijazah dan kode pelaut ini merupakan 10 kode pertama dari 16 digit angka di dalam sertifikat pelaut.

Adapun panduan cara cek ijazah pelaut secara lengkap dapat kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Silahkan kamu buka halaman website resmi: https://pelaut.dephub.go.id/Platform Website Cek Sertifikat
  2. Ketikkan Kode Pelaut di kotak paling atas.Masukkan Kode Pelaut
  3. Isi kode Captcha.
  4. Kemudian pencet Search untuk memunculkannya.
  5. Jika sudah sistem akan menampilkan semua informasi terkait ijazah kalian masing masing.
  6. Selesai.
Baca Juga:

Sudah menyelesaikan kursus di program Prakerja? Berikut langkah-langkah untuk melihat sertifikat dari kursus online di program Prakerja.


3. Cara Mudah Cek BST (Basic Safety Training) Secara Online

Sebagian besar pelaut mengikuti BST (Basic Safety Training) untuk meningkatkan skill tanggap mereka ketika berada di kapal.

BST sendiri tidak hanya diikuti oleh pelaut saja, namun sekelas perusahaan juga berkesempatan untuk mengikuti program berikut.

BST termasuk syarat dari pembuatan buku pelaut, sehingga mereka wajib memiliki BST dan mengikuti beberapa langkah ketentuan pembuatan.

Untuk membuat BST beberapa diantaranya kalian harus melengkapi persyaratan seperti di bawah ini.

  • Sertifikat pendukung seperti keahlian pelaut.
  • Surat keterangan masa berlayar yang sah.
  • Surat kesehatan dari dokter.
  • Surat keterangan dari kepolisian.
  • Fotocopy KTP atau akte kelahiran.
  • Mengumpulkan pas foto 5×5 dan 3×5 sebanyak 3 lembar berlatar belakang biru untuk NAUTIKA dan merah untuk TEKNIKA.

Dan apabila sudah memiliki sertifikat Basic Safety Training, kalian bisa melakukan cek keabsahan BST dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan kamu kunjungi website: https://pelaut.dephub.go.id/Platform Website Cek Sertifikat
  2. Masukkan Kode Pelaut atau Nomor Sertifikat.Masukkan Untuk Cek Sertifikat
  3. Isi kode Captcha.
  4. Nanti akan keluar keterangan Ijazah/Sertifikat dibarengi dengan informasi BST masing-masing.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah panduan dan langkah-langkah dalam melakukan pengecekan kode / nomor sertifikat pelaut. Selain itu, kami juga membahas untuk cara cek ijazah serta BST yang dimiliki oleh pelaut.

Mungkin itu yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di konten artikel berikutnya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.