Cara Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT

Cara Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT 10
Cara Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT

Untuk calon mahasiswa yang sedang dalam tahap awal seperti pendaftaran mungkin sudah tahu apa itu LTMPT.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengedit foto untuk akun LTMPT, sekalian gak adalah salahnya jika diawal kita coba berikan sedikit informasi khususnya bagi orang awam, tentang apa itu LTMPT.

Jadi singkatnya LTMPT itu merupakan lembaga yang bertugas dalam mengelola segala kegiatan tes siswa untuk memasuki perguruan tinggi berbasis layanan ketentuan dari Pemerintah.

Tujuan adanya LTMPT ini adalah menjembatani akses calon mahasiswa baru berdasarkan adil, transparan, fleksibilitas, efisien dan akuntabel.

Sebenarnya fungsi utama dari lembaga berikut itu untuk mengelola semua data calon mahasiswa baik dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, lalu mengatur jalannya tes UTBK sampai memberikan informasi untuk hasil akhir pelaksanaan tes.

Setelah tahu gambaran tentang LTMPT, pada dasarnya layanan ini sangat memerlukan identitas yang lengkap dari data diri calon mahasiswa masing-masing, salah satunya yaitu foto sebagai id pengenalan.

Karena lembaga terkait dan kebutuhan yang ditujukkan sangat mengedepankan nilai formal, maka ketentuan menginput foto sebagai data identitas pun tidak sembarang asal pasang.

Berikut ketentuan foto yang digunakan untuk akun LTMPT.

Syarat Unggah Foto Akun LTMPT

  1. Ukuran pas foto 4 x 6 cm dengan batas resolusi minimal 200 x 300 px dengan aspek rasio 2:3.
  2. Ukuran file foto minimal 80 KB dan maksimal 300 KB, jika lebih atau kurang maka foto tidak dapat diunggah.
  3. Warna background foto polos dengan format warna apapun, lebih aman menggunakan warna umum biru atau merah.
  4. Tidak ada bagian dari wajah yang terpotong atau tertutup oleh batas tepi foto.
  5. Format unduh file bisa berupa PNG, JPG atau JPEG.
  6. Kualitas foto harus jelas dan tajam.
  7. Sikap saat foto badan harus tegak dan pandangan fokus menuju ke kamera.
  8. Pakaian dalam foto harus rapi dan formal.
Mau tahu ukuran foto 3×4? Ketahui lebih lengkap tentang ukuran foto 3×4 dalam mm, cm, dan pixel.

Cara Mengedit Foto Untuk Akun LTMPT

Dengan adanya ketentuan teknis dalam mengunggah foto di akun LTMPT, muncul beberapa kasus kendala yang rata-rata bagi calon mahasiswa baru ini cukup kesulitan untuk menyesuaikan dengan apa yang ada di kriteria diatas.

Ada yang merasa ukuran file foto mereka terlalu besar, ada juga yang ukuran foto tidak sesuai 4 x 6 cm, lalu kesulitan untuk mengunggah bahkan sampai ada yang tidak mendapatkan pesan verifikasi lewat email masing-masing.

Jadi ternyata jika ada foto yang tidak proporsional sesuai dengan syarat di atas, sistem dalam LTMPT tidak akan mengirim verifikasi lanjutan via email.

Solusinya yaitu siswa harus mengedit kembali atau bahkan lebih baik jika mereka memastikan semua terlebih dahulu pas dengan syarat unggah foto yang berlaku.

Tentu kamu gak mau kan kalau pendaftaran Perguruan Tinggi favorit kamu gagal?

Sebenarnya masalah ini hampir terjadi di semua siswa yang sedang melengkapi dirinya di akun LTMPT, kamu gak perlu panik menghadapi masalah seperti ini, karena bukan hanya kamu saja yang mengalami kesulitan berikut, bahkan mungkin hampir semuanya bakal tersendat saat mengisi data diri seperti memasukkan foto.

Yang pertama karena ukuran file foto terlalu besar, wajar saja karena hampir semua tempat studio foto manapun mereka pasti mengirimkan hasil yang maksimal, sehingga ukuran file fotonya pun otomatis memiliki ukuran besar serta bereolusi tinggi.

Lalu yang berikutnya mungkin tampilan foto terlalu zoom, kamu dapat mengatur ulang posisinya lewat fitur bernama crop. Nah, bagi yang ingin tahu cara mengedit foto.

Admin punya satu metode yang cukup praktis dalam melakukan perintah seperti resize ukuran, resize resolusi, crop, dan rotation dalam satu layanan.

Berikut cara mengedit foto untuk akun LTMPT khusus untuk Crop  :

  1. Silahkan buka website bernama PicResize. Pastikan device kamu terhubung dengan internet.Buka Website PicResize
  2. Buka file pas foto yang akan kamu edit, kemudian drag ke kotak yang sudah disediakan. Atau bisa tekan tombol di dalam kotak untuk mencari file secara manual.
  3. Jika foto sudah terdeteksi tekan tombol Continue To Edit Picture.Setelah Foto Dimasukkan Tekan Continue To Edit
  4. Pertama bagi foto yang tampilannya terlalu zoom, kamu dapat memotong ukuran aslinya dan ambil titik point view baru. Arahkan kursor diatas foto, secara otomatis kursor akan berubah menjadi tools select, silahkan tekan dan drag bagian foto yang ingin kamu potong. Atau langsung tekan Crop Selection.Klik Tombol Select Crop Dan Adjust
  5. Gambar akan berubah seperti terseleksi, untuk mengatur lebar area seleksi silahkan geser bagian kotak transform di tiap sisi. Atau bagi yang ingin menghilangkan seleksi dapat tekan Deselect.
  6. Terakhir tinggal pencet tombol Crop Selection sekali lagi.
  7. Untuk menyimpan gambar bisa scroll kebawah lalu tekan tombol I’m Done, Resize My Picture.Scroll Kebawah Dan Klik I'm Done Resize
  8. Konfirmasi penyimpanan dengan menekan Save to Disc.Klik Metode Save To Disc
Mau ikut seleksi CPNS? Ketahui terlebih dahulu ukuran foto untuk daftar CPNS.

Cara mengedit foto untuk akun LTMPT khusus resize ukuran dan resolusi :

  1. Silahkan kamu buka website PicResize, dan pastikan device kamu terhubung dengan internet.Buka Website PicResize
  2. Buka folder tempat pas foto kamu disimpan, tekan dan drag file kedalam website di kotak yang sudah disediakan. Atau bisa lewat cara manual cari satu per satu file dengan menekan tombol yang ada di dalam kotak.
  3. Bila foto sudah terdeteksi, selanjutnya pencet tombol Continue To Edit Picture.Setelah Foto Dimasukkan Tekan Continue To Edit
  4. Kalau ukuran pas foto kamu terlalu besar dimana batas maksimal unggah foto hanya 300 KB atau dengan syarat resolusi 200 x 300 pixel, arahkan kursor ke menu Resize Your Picture.
  5. Klik bagian Select a new size for your picture, ubah menjadi Custom Size.Ubah Mode Menjadi Custom Size
  6. Ubah bagian Width : 200 dan Height : 300, biarkan formatnya Pixel.Masukkan Ukuran Dan Biarkan Satuan Pixel
  7. Arahkan bagian menu Save As, biarkan formatnya JPG dan isi bagian JPG Max Filesize 300.Ubah Format Jadi JPG Dan Masukkan Angka 300
  8. Terakhir tekan I’m Done, Resize My Picture.
  9. Konfirmasi dengan pencet Save to Disk untuk menyimpan dalam memori.Klik Metode Save To Disc
  10. Selamat mencoba.
Mau kirim foto lewat WhatsApp dengan kualitas yang sama? Ikuti tutorial cara kirim foto lewat WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

Akhir Kata

Apakah dengan membuka software editing seperti CorelDraw, Photoshop atau Paint juga bisa mengedit mengubah seperti ukuran dan resolusinya?

Jawabannya sangat bisa, tetapi kita berikan cara mengedit foto untuk akun LTMPT yang lebih mudah serta praktis.

Gak semua orang juga punya aplikasi editing seperti diatas. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.