Kenapa Email Verifikasi LTMPT Tidak Masuk? Simak Tipsnya

Kenapa Email Verifikasi LTMPT Tidak Masuk? Simak Tipsnya 1
Kenapa Email Verifikasi LTMPT Tidak Masuk Ini Tipsnya

Melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi itu merupakan salah satu cita-cita bagi semua orang.

Mendapatkan tingkatan ilmu yang lebih mapan, juga sekaligus bisa jadi bekal kita dalam mencari pekerjaan yang telah diimpikan.

Untuk saat ini, pendaftaran calon mahasiswa baru sudah bisa diakses atau dijangkau dengan sistem berbasis online. Laman yang menyediakan layanan pendaftaran tersebut bernama LTMPT, dan tentu bagi para calon mahasiswa perguruan tinggi sudah tidak asing lagi dengan website layanan yang satu ini.

Dalam proses syarat pendaftaran ke perguruan tinggi, para siswa harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui akun LTMPT kemudian provide ke beberapa sasaran target sekolah tinggi yang ingin dimasuki.

Pendaftaran akun LTMPT itu sebenarnya cukup mudah, namun fakta dilapangan banyak yang menemui kesulitan entah itu problem human error atau kegagalan sistem.

Bahkan sudah ada yang yakin mengikuti step pendaftaran dengan benar, tetapi mereka tidak kunjung mendapatkan email verifikasi.

Kasus seperti itu pun yang masih banyak dikeluhkan para pendaftar, padahal semua langkah sudah terpenuhi dan yakin kalau data dirinya gak ada yang salah.

Lalu kenapa email verifikasi LTMPT tidak masuk? Ini tipsnya yang dapat kamu tiru berharap agar semua proses berjalan dengan mulus.

Faktor Kenapa Email Verifikasi LTMPT Tidak Masuk

Semua permasalahan pasti ada penyebabnya, termasuk kenapa email verifikasi LTMPT tidak masuk pun pasti ada salah satu atau mungkin beberapa faktor yang kamu lupa atau mungkin kegagalan dari sistemnya.

Coba periksa kembali apakah beberapa poin dibawah ini yang jadi faktor penghambat kenapa email kamu belum kunjung dapat pesan verifikasi.

1. Nama Akun Email Salah

Terkadang human error atau keteledoran dari diri sendiri itu pasti selalu ada, ketidak ketelitian kita bakal memunculkan kesalahan-kesalahan yang bisa membuat tulisan nama akun email typo, salah memasukkan kotak input, atau sampai lupa mengisi nama akun emailnya.

Karena jika alamat email yang dimasukkan itu salah, maka sistem tidak dapat mengirim pesan verifikasi tersebut sebab alamat yang dicantumkan pun tidak tepat.

2. Penyimpanan Kapasitas Email Penuh

Bagi pengguna akun Gmail, penyimpanan didalam sistem pesan ini akan mengambil kuota dari kapasitas Google Drive.

Jika memori penuh, maka pesan baru yang akan masuk tidak dapat terdeteksi sebab sudah tidak ada ruang lagi di dalam Google Drive.

3. Pesan Termasuk Kedalam Spam

Terkadang email suka mengkategorikan pesan masuk tertentu sebagai spam, bisa saja email verifikasi dari LTMPT ini tergolong sebagai spam dan kamu harus membuka menu kotak spam baru bisa melihat pesan tersebut.

4. Sistem Program LTMPT Error

Terkadang permasalahan tidak sepenuhnya datang dari kita, karena sistem program pusat sangat berpotensi error dan dikarenakan tamu penggunanya sangat massive.

Jika ada user dengan jumlah yang banyak mengakses satu website, maka website dapat terjadi down. Disinilah bisa karena faktor penyebab kenapa email verifikasi tidak masuk ke dalam emailmu.

Mau upload foto di akun LTMPT tapi gagal? Silahkan ikuti tutorial cara mengedit foto untuk akun LTMPT.

Solusi Mengatasi Email Verifikasi LTMPT Tidak MasukVerifikasi Akun Email Sudah Masuk

Sesuai dengan kutipan di atas, kenapa email verifikasi LTMPT tidak masuk? Ini tipsnya…ada beberapa poin yang akan kita sediakan dibawah ini berupaya untuk mengatasi email verifikasi yang tidak masuk di dalam akunmu.

1. Mengoreksi Email Salah

Jika memasukan nama email tidak tepat dan formatnya salah, maka pusat juga akan mengirimkan ke email yang kamu sudah cantumkan tersebut. Solusinya memang membetulkan alamat yang salah supaya akun kamu bisa mendapatkan pesan verifikasi.

2. Hapus Memori Penyimpanan Google Drive

Bagi pengguna Gmail, sebagian penyimpanan akan mengambil dari kuota memori Google Drive. Silahkan buka lama https://one.google.com/storage?i=m guna melihat kapasitas penyimpanan yang sudah terpakai dan tersedia. Kalau ternyata penuh silahkan hapus beberapa file yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan.

3. Keluarkan Dari Menu Spam

Terkadang email akan mendeteksi pesan tersebut sebagai spam, dan mencari pesan ini tidak bisa di kontak inbox, pengguna harus masuk ke dalam menu kotak spam baru bisa melihat isinya.

Silahkan ketuk email verifikasi di menu spam, kemudian klik tombol icon titik tiga, dan pilih Move To ➀ Primary.

4. Tunggu dan Coba Terus

Jika sistem sedang down dan tidak bisa diakses, memang kita sebagai pengguna cuma bisa menunggu laman pulih kembali. Sambil menunggu, gak ada salahnya kalau tekan tombol reset beberapa kali hingga berhasil. Lakukan berulang kali sampai kamu yakin kalau email yang diinput benar dan tinggal tunggu balasan verifikasi dari pusat.

5. Pesan Tiket

Terakhir kamu bisa gunakan fasilitas Buat Tiket, akses berikut bisa didapatkan di laman https://halo.ltmpt.ac.id/. Silahkan buka lalu ikuti tutorial dibawah ini.

  1. Masuk link Halo LTMPT diatas.
  2. Ketuk tombol Buat Tiket.Setelah Masuk Kemudian Buat Tiket
  3. Login dulu menggunakan akun LTPMT kamu.Silahkan Login Akun LTMPT
  4. Pada bagian buat tiket, akan muncul informasi tentang identitas akunmu. Scroll dan isi tiket.Informasi Akun Kamu
  5. Pertama pilih kategori keluhan, bisa ubah menjadi Registrasi Akun LTMPT.Ubah Kategorinya
  6. Ganti mode Prioritas menjadi High.Ubah Piroritas Menjadi High
  7. Masukkan judul keluhan pada bagian Perihal β€œTidak mendapat email verifikasi”.
  8. Masukkan Isi Pesan detail keluhan, isikan β€œemail verisifikasi belum dikirim ke [email protected]”.
  9. Terakhir Submit.
  10. Selamat mencoba.
Mau tahu ukuran foto 3×4? Ketahui lebih lengkap tentang ukuran foto 3×4 dalam mm, cm, dan pixel.

Akhir Kata

Semoga dengan pembahasan kali ini kita bisa menjawab pertanyaan diluar sana seputar kenapa email verifikasi LTMPT tidak masuk, ini tipsnya yang bisa kamu lakukan agar pendaftaran ke perguruan negeri lancar tanpa kendala.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.