Cara Melihat Sertifikat Prakerja

Cara Melihat Kartu Prakerja

Ternyata masih cukup banyak orang yang bertanya-tanya, β€œBagaimana cara melihat sertifikat prakerja yang sudah didapatkan?” Sebenarnya untuk melihat sertifikat ini tidaklah sulit dan dapat dilihat dengan beberapa cara.Β 

Bagi yang masih bingung untuk melihat dan selanjutnya mengunduh sertifikat prakerja yang sudah anda dapatkan, kalian dapat menyimak artikel kali ini.

Namun sebelum itu, tentunya masih ada beberapa orang yang bertanya-tanya, sebenarnya apa itu sertifikat prakeja? Dan kenapa banyak orang yang berusaha mendapatkan sertifikat tersebut?Β 

Mengenal Kartu Prakerja

Merupakan salah satu program sosial besutan dari Presiden Joko Widodo saat masa kampanye 2019. Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia.

Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka.

Nah, biasanya setelah menyelesaikan suatu pelatihan, mereka akan mendapatkan sertifikat prakerja yang dapat diunduh.Β 

Kartu ini awalnya ditujukan bagi lulusan baru SMA/SMK dan perguruan tinggi, sebagai tunjangan pelatihan kerja yang berlangsung dalam jangka waktu 6 – 12 bulan.

Beberapa orang menilai bahwa kartu ini dapat menimbulkan ketergantungan karena pemilik kartu ini akan tetap menerima penghasilan tanpa memiliki pekerjaan.

Di luar dugaan pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan dunia seakan melumpuhkan ekonomi Indonesia dan membuat pemerintah segera mempercepat proses realisasi kartu prakerja ini.

Hal ini terjadi karena jumlah kasus PHK yang cukup banyak terjadi membuat pemerintah merilis kartu prakerja nasional yang dikeluarkan pada bulan April 2020.

Anggaran dari program ini juga dinaikkan menjadi 20 triliun yang awalnya hanya berjumlah 10 triliun. Bersamaan dengan itu, jumlah insentif yang didapatkan oleh pemegang kartu ini juga meningkat.Β 

Peserta yang mendaftar dan lolos untuk mendapatkan Kartu Prakerja iniΒ  masing- masing akan menerima uang sejumlah Rp 3.550.000 selama menjalani program.

Ada beberapa kursus yang dapat diambil oleh pemegang kartu ini dan selain mendapatkan sertifikat, mereka juga dapat mencairkan bantuan sebesar Rp. 600,000 setelah menyelesaikan kursus tersebut.

Menariknya, pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai pihak / mitra dalam program kartu prakerja. diantaranya mulai dari Tokopedia, Skill Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya.

Ada banyak sekali pilihan yang bisa dipilih nantinya bagi para pendaftar program Kartu Prakerja untuk dapat meningkat skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Syarat Dan Manfaat Kartu Prakerja

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki kartu prakerja ini. Selain bisa mendapatkan uang dan sertifikat, ada beberapa manfaat lain juga yang bisa didapatkan.

Namun, sebelum mendapatkan manfaat tersebut, anda sebelumnya harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang ingin mendafatar program ini adalah.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

Sesuatu lainnya yang juga harus dipahami oleh orang-orang yang ingin mendaftar program ini bahwa program kartu prakerja dan mendapatkan sertifikat prakerja ditujukan untuk golongan tertentu.Β 

  1. Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan
  2. Tidak sedang menjalani pendidikan formal
  3. Pekerja formal atau informal
  4. WNI berusia 18 tahun ke atas
  5. Pelaku usaha mikro dan kecil
  6. Korban PHK

Terutama di masa pandemi ini, pemerintah memang memfokuskan program yang satu ini untuk golongan pekerja yang kesulitan mendapatkan pemasukan atau pekerjaan.

Mau ikut seleksi CPNS? Berikut adalah ukuran foto CPNS yang harus diketahui saat mendaftar.

Bagi yang sudah memenuhi syarat tersebut dapat segera mendaftar program ini secara online dan setelah kalian mempelajari kursus dan menyelesaikannya, kalian akan menerima sertifikat prakerja yang dapat kalian lihat dengan cara berikut ini.

Cara Melihat Sertifikat Prakerja

Setelah menyelesaikan kursus yang sudah dipilih melalui websitenya, anda dapat melihat sertifikat yang diberikan serta anda dapat mengunduh sertifikat tersebut. Berikut merupakan cara untuk melihatnya.

  1. Cari, lalu kemudian Buka situs resmi Prakerja.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 10
  2. Setelah buka login ke akun Prakerja milik anda.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 11
  3. Setelah dibuka anda akan dapat melihat kursus yang sudah anda selesaikan. Klik pilihan kursus tersebut. Pilihan kursus bervariasi tergantung kursus yang anda pilih. Contoh di bawah ini mengambil kursus yang diberikan oleh Kemenaker (Kementerian Ketenagakerjaan). Jadi klik ke Kemenaker.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 12
  4. Setelah terbuka, login ke website tersebut dan klik tombol pelatihan.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 13
  5. Setelah itu akan muncul list pelatihan yang sudah anda selesaikan. Klik buka ke pelatihan yang anda telah selesaikan.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 14
  6. Kemudian, akan terbuka website yang memberikan kursus tersebut. Login ke website tersebut.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 15
  7. Setelah itu akan muncul halaman yang berisikan detail mengenai kursus yang sudah diselesaikan. Jika syarat sudah terpenuhi seluruhnya akan ada tombol bertuliskan β€œdownload”.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 16
  8. Setelah memencet tombol tersebut, sertifikat akan keluar dan dapat dilihat.Cara Melihat Sertifikat Prakerja 17
  9. Selesai! Anda dapat mengunduh sertifikat tersebut.

Penutup

Pendaftaran Kartu Prakerja ini hanya dapat dilakukan melalui situs resmi prakerja.go.id yang didampingi oleh petugas pengantar dari Disnaker tiap daerah di Indonesia.

Setiap calon pendaftar sebelumnya terlebih dahulu diminta untuk mengisi dan melengkapi data- data sesuai dengan informasi yang valid dan sebenarnya.

Tidak sulit untuk dilakukan bukan? Jangan lupa untuk mendaftar prakerja terlebih dahulu sebelum memulainya.

Program ini juga memberikan banyak manfaat bagi anggotanya, anda dapat belajar lebih lanjut dan juga mendapatkan uang saku.

Sertifikat yang didapatkan juga bisa dilampirkan sebagai dokumen lamaran kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.