Cara Cek Infrared di Android

Cara Cek Infrared di Android

Semakin kesini perkembangan smartphone makin canggih dan kompleks. Kalian bisa merasakan kemajuan itu jika kita sedikit flashback 15 tahun kebelakang dimana bentuk handphone dijaman itu beberapa masih didominasi oleh HP dengan sistem Symbian.

Bentuknya pun masih sangat sederhana, namun ada beberapa juga yang bentuknya aneh akibat dari percobaan inovasi yang sudah makin mendekati masa transisi dari handphone ke smartphone. Barulah setelah melewati transisi tersebut perkembangan HP sudah makin melesat.

Mereka mulai menemukan sistem anyar yang disebut sebagai android, selain itu juga banyak bermunculan sistem-sistem HP lainnya yang ingin berkembang dan melakukan rivalisasi untuk memperebutkan minat pasar.

Tidak hanya mengembangkan dari segi software saja, tentu banyak printilan-printilan perangkat keras yang telah diupdate oleh pabrikan. Seperti penggunaan kamera belakang dengan resolusi besar, lalu ditambah dengan fitur kamera depan lengkap dengan flash, RAM serta memori ditingkatkan, dan masih banyak lainnya termasuk penggunaan infrared.

Namun terkadang banyaknya fitur tersebut membuat kita sedikit khawatir atas pemakaian berdasarkan umur. Terkadang ada perangkat yang gagal fungsi karena sudah berumur sebelum kita sadar bahwa memang sistemnya sudah tidak dapat bekerja lagi.

Nah untuk mengatasi itu, ada baiknya kalau kalian coba mengecek satu-persatu perangkat agar tahu kondisi dan ketahanan hp kamu selama pemakaian.

Dalam artikel ini kita akan contohkan cara cek infrared di HP Android menggunakan kode Dial Up dan aplikasi Android Sensor Box.

Cara Cek Infrared di Android dengan Dial Up dan Aplikasi

Infrared sering digunakan untuk menghubungkan sensor antar sesama perangkat. Contohnya kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk menghidupkan TV, AC, Lampu, intinya dapat menggantikan fungsi remote jarak jauh.

1. Menggunakan Kode Dial

Cara pertama ini sangat sering digunakan oleh banyak orang dalam mengecek status perangakat hp mereka. Kamu juga bisa mengeceknya tanpa harus terkoneksi dengan internet atau pakai aplikasi bantuan.

Silahkan ketik kode dial dibawah ini di menu Dial :

Samsung : *#0*#
Xiaomi : *#*#64663#*#*
Vivo : *#558
Oppo : *#808#
Untuk smartphone Asus agak berbeda, cara mengeceknya justru lewat aplikasi kalkulator. Silahkan kamu ketik kode, 12345+ .

Nah untuk mengecek infrared, silahkan cari menu IR LED atau Sensor Infrared, klik dan sistem akan memberikan arahan metode untuk mengetahui apakah perangkat masih bekerja atau tidak.

Dan berikut kami contohkan pengecekan infrared pada smartphone merk Xiaomi menggunakan Engineering Mode.

Engineering Mode di Xiaomi
Engineering Mode di Xiaomi

 

Pilih Menu Infrared
Pilih Menu Infrared

 

Tap Menu Send
Tap Menu Send

Kalau infrared masih bekerja nanti akan muncul sorot merah seperti foto dibawah ini :

Infrared Berjalan dengan Baik di HP Xiaomi
Infrared Berjalan dengan Baik di HP Xiaomi
Mau melakukan recording menggunakan Android ? Sepertinya kamu butuh mencoba beberapa aplikasi rekam suara jernih tanpa noise ini.

2. Menggunakan Aplikasi

Yang berikutnya ini kamu bisa mengecek infrared menggunakan aplikasi bantuan.

  1. Silahkan download dan install dulu aplikasinya disini.
    Sensor Box for Android
    Sensor Box for Android

  2. Jika sudah buka aplikasinya.
  3. Lihat daftar sensor yang ditampilkan termasuk sensor infrared, cek satu persatu dan pastikan semua sistem masih berjalan dengan sempurna.

    Pilih sensor yang ingin dilakukan pengecekan
    Pilih sensor yang ingin dilakukan pengecekan
  4. Sudah tahu kan smartphone kamu memiliki infrared atau tidak ?
  5. Selesai.
Mau melakukan editing screenshot di HP Android ? Simak tutorial cara edit screenshot di Android dengan mudah.

Kurang lebih begitulah cara cek kondisi infrared di HP Android masih berfungsi atau tidak. Tapi sebenarnya kasus kerusakan di sistem hardware infrared ini sangat jarang sekali terjadi, jika memang tidak benar-benar perangkat terkena damage yang keras maka kondisi itu tidak akan terjadi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *