Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 18 Oktober 2017

Share:

Cara Edit Screenshot di Android dengan Mudah

aplikasi screenshot

Mengambil screenshot adalah hal yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone. Khususnya Android, pengambilan screenshot biasanya dilakukan untuk membagikan informasi dari layar smartphone-nya tanpa perlu copy-paste.

Bagi pengguna yang terbiasa mengambil screenshot di Android, mengedit screenshot hasil jepretan sendiri bukanlah hal yang asing lagi. Sensor tulisan, highlight, crop atau memotong gambar screenshot sangatlah mudah dilakukan.

Tapi bagi pengguna pemula, menyensor foto screenshot, meng-highlight, atau meng-crop screenshot bukanlah hal yang mudah. Alasannya, tak tahu aplikasi mana yang cocok untuk mengedit screenshot, dan tak tahu cara mengeditnya.

Tak perlu khawatir. Dengan tutorial ini, kamu akan tahu caranya mengedit screenshot di HP Android dengan mudah.

Baca Juga: Aplikasi Screenshot Android

Mengedit Screenshot di Android dengan Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr adalah salah satu aplikasi editor foto terbaik untuk Android. Penggunaannya terbilang relatif mudah dan sederhana. Selain digunakan untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit screenshot.

Download Pixlr – Free Photo Editor di Android

Setelah men-download aplikasinya, buka Pixlr.

Kamu akan melihat tampilan awal dari aplikasi pengedit screenshot ini. Untuk mulai mengedit screenshot, pilih Photo.

Lalu carilah di mana foto atau screenshot yang hendak kamu edit dengan aplikasi ini. Setelah ketemu, pilih screenshot-nya. Maka, kamu akan dibawa ke halaman edit screenshot dengan Pixlr.

mengedit foto screenshot android

Dengan Pixlr, kamu bisa mengedit screenshot dengan menambah teks atau tulisan; menambah bingkai atau frame foto; membuat efek overlay; memberi blur, brush, mencoret, atau memberi sensor; serta penyesuaian gambar screenshot dengan opsi-opsi seperti crop, rotasi, kecerahan, exposure, red eye, autofix, autocorrect, dan lainnya.

Untuk memberi sensor atau memberi brush atau mencoret bagian gambar screenshot, pilih tombol kedua yang terletak di bawah ber-icon pensil. Lalu pilihlah jenis brush, seperti: efek pixel (pixelate), doodle, brighten untuk menerangkan dan darken untuk mengelapkan bagian gambar screenshot dengan coretan.

mengedit

Kamu bisa memilih jenis brush apa pun. Contohnya doodle. Untuk memberi brush, kamu bisa menekan layar HP-mu di mana kamu ingin memberi brush tersebut.

memberi sensor pada screenshot

Ketika selesai memberi brush atau menyensor bagian gambar screenshot, kamu bisa langsung menyimpan hasil editan screenshot dengan memilih Done, dan pilih Save image.

Kemudian, pilih ukuran gambar screenshot sesuai keinginan.

menyimpan hasil gambar screenshot

Selagi menyimpan screenshot, kamu masih punya kesempatan untuk melanjutkan proses pengeditan. Dengan Pixlr, kamu bisa memberi teks dengan memilih tombol ber-icon teks yang terletak di bawah paling kanan.

memberi tulisan

Lalu isilah teks atau tulisan yang hendak kamu masukkan ke dalam gambar screenshot. Setelah itu, kamu bisa memilih jenis font sesuai selera, mengubah posisi atau letak tulisan, hingga warna teks yang dapat secara bebas diubah.

mengedit screenshot android

Selain itu, kamu juga bisa meng-crop gambar screenshot, mengubah rotasi screenshot, menggelapkan atau menerangkan screenshot, dan pilihan-pilihan mengedit lainnya yang dapat kamu lakukan dengan Pixlr.

aplikasi editor screenshot

Ketika kamu menyimpan gambar screenshot yang telah diedit, kamu bisa memilih ukuran screenshot sesuai keinginan. Selain itu, hasil screenshot yang disimpan tak dikenai watermark atau batasan apa pun, karena Pixlr adalah aplikasi gratis.

aplikasi edit screenshot


Itulah cara mengedit screenshot di Android. Memberi sensor, memberi blur, meng-crop, hingga memberi teks atau tulisan pada gambar screenshot yang diambil dari smartphone Android, sangatlah mudah dilakukan dengan Pixlr.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.