Masih Hangat
memuat ...

Senin, 17 Juli 2017

Share:

Cara Screenshot di Semua HP Android tanpa/dengan Aplikasi

ambil screenshot di hp android

Android sudah menjadi sistem operasi smartphone terpopuler. Beragam fitur disajikan untuk kemudahan dan produktivitas hidup. Jika semua orang bisa menggunakan smartphone Android mereka secara maksimal, hidup akan sangat jadi lebih mudah.

Salah satunya adalah screenshot. Mengambil screenshot di sebuah ponsel Android memiliki beragam cara yang berbeda, tergantung merek dan tipe smartphone Android yang digunakan.

Tapi terlepas merek HP Android yang kamu gunakan, dan terlepas dari versi Android yang kamu pakai, baik Gingerbread, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, kamu bisa mengambil screenshot di semua merek smartphone Android tanpa atau dengan aplikasi.

Jika dengan aplikasi, proses pengambilan screenshot akan jadi lebih mudah dengan fitur yang memudahkan.

#1 Cara Ambil Gambar Screenshot di Semua Android tanpa Aplikasi

Sebelumnya, pastikan dulu apa yang hendak kamu ambil sebagai screenshot. Buka aplikasi chat, misalnya BBM, browser di Android semisal UC Browser, salah satu fitur di Android, atau apa pun yang hendak kamu screenshot.

Untuk mengambil screenshot di Samsung seri Galaxy, kamu bisa menekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan. Kemudian muncullah bunyi kamera yang berarti gambar screenshot telah tersimpan.

Untuk mengambil gambar screenshot di Asus, Smartfren Andromax, Acer, Advan, Cross A7, Xiaomi, Sony Xperia, dan Lenovo, kamu bisa menekan tombol Power bersamaan dengan Volume (-). Muncullah pula suara jepret kamera yang berarti gambar screenshot telah disimpan.

Bagi pengguna smartphone Blackberry, kamu bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol Volume (-) dan Volume (+) secara bersamaan.

Kamu bisa mencari hasil foto screenshot di folder DCIM atau folder lain sejenisnya.

#2 Cara Ambil Foto Screenshot di Android dengan Aplikasi

Salah satu aplikasi screenshot terbaik untuk Android adalah Screenshot Easy. Aplikasi ini mampu mengambil screenshot di layar ponsel pintar Android kamu dengan sekali sentuhan, tanpa perlu menekan tombol fisik seperti tombol Power dan Volume.

Download Screenshot Easy untuk Android

Setelah men-download dan install aplikasi screenshot tersebut, buka aplikasinya.

Kemudian, Screenshot Easy akan mendeteksi cara kerja pengambilan screenshot atau gambar tangkapan layar tergantung merek smartphone atau HP Android yang kamu gunakan.

Nantinya, aplikasi Screenshot Easy akan menangkap gambar layar atau screenshot ketika kamu menekan tombol Kamera yang berwarna biru.

Untuk mengaktifkan fitur screenshot ini, aktifkan Overlay Icon. Nantinya aplikasi Screenshot Easy akan meminta izin aksesibilitas agar bisa mengambil screenshot di semua aplikasi atau games yang ter-install.

Pilih Start capture. Lalu pilih Start now.

Lalu buka layar yang hendak diambil sebagai screenshot. Untuk mengambil screenshot, pilih tombol Kamera biru di sana. Kamu juga bisa langsung mengedit screenshot sebelum dibagikan atau disimpan.

ambil screenshot di hp android


Kamu telah berhasil mengambil screenshot di Android, dengan semua jenis merek HP Android, dengan semua versi Android, serta dengan satu aplikasi bernama Screenshot Easy.

Baca Juga: Cara Screenshot Laptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.