Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 16 Juli 2017

Share:

6 Web Browser Terbaik di Android 2017 untuk Kamu Download GRATIS

firefox browser terbaik android

Browsing bukan hanya kegiatan yang biasa dilakukan manusia-manusia millenial, melainkan pula sudah menjadi kebutuhan primer, layaknya oksigen yang harus terus dihirup.

Browsing membuat hidup jadi lebih mudah. Informasi dengan mudahnya dapat dicari dari internet. Web browser pun dikembangkan guna membaca informasi tersebut.

Tulisan/teks, gambar, video, dan elemen web lainnya dapat ditampilkan dengan browser. Keberadaan browser untuk mengakses internet sangatlah penting. Tanpa browser, browsing tak akan ada.

Kehadiran smartphone Android juga membantu perkembangan browsing dengan browser yang lebih modern. Android sebagai OS ponsel pintar juga membawa Google Chrome sebagai browser utamanya.

Di dunia ini, terdapat sejumlah nama-nama browser populer yang dikenal paling cepat, paling ringan, paling hemat data dan baterai, dengan fitur paling lengkap di smartphone Android.

Berikut daftar browser terbaik yang dapat kamu download dan install di smartphone Android:

Daftar Browser Android Terbaik di 2017

#1 Google Chrome, Browser Bawaan Android

web browser terbaik di hp android

Google Chrome tetaplah menjadi browser yang paling cepat dan ringan untuk smartphone Android. Bagaimana tidak, Chrome adalah browser kembangan perusahaan yang sama yang mengembangkan Android, yakni Google.

Google Chrome yang dikenal sebagai browser yang paling banyak menguras RAM atau memori di PC/laptop, dianggap sebagai web browser terbaik yang tercepat dan teringan di ranah smartphone Android.

Nilai “terbaik” pun tetaplah relatif. Bagi smartphone Android dengan spesifikasi rendah, atau yang tidak terlalu tinggi, Google Chrome dianggap boros baterai dan agak berat karena sering nge-lag.

Sebaliknya, bagi smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi, Google Chrome justru menjadi pilihan terbaik. Bukan hanya karena cepat, melainkan pula banyak fitur Google Chrome di PC/laptop yang dibawa ke Google Chrome di smartphone Android.

Fitur sinkronisasi yang dibawa browser Chrome membuat history, cookies, dan password yang tersimpan di komputer akan tetap muncul pada Chrome di smartphone Android. Kamu tak perlu lagi kerepotan browsing dengan Chrome.

google chrome browser terbaik untuk android

Sebagai browser andalan, Google Chrome punya fitur Data saver yang berguna untuk menghemat data atau kuota internet. Dengan browser bawaan Android ini, kuota internet akan tetap hemat.

Download Google Chrome untuk Android

#2 Mozilla Firefox, Browser Full-Feature yang Cepat tapi Berat

firefox browser terbaik android

Mozilla Firefox dikenal sebagai salah satu web browser terbaik di PC/laptop. Browser ini dengan segala fiturnya di komputer juga dirilis untuk smartphone Android.

Sama seperti browser Chrome, Firefox juga membawa fitur sinkronisasi sehingga history, cookies, saved-password, hingga tab-tab yang dibuka di Firefox versi PC/laptop dapat kamu buka dengan singkat di Firefox pada smartphone Android.

browser terbaik

Kerennya, browser Firefox di Android juga membawa tampilan atau UI yang sama yang juga digunakan di Firefox versi PC. Saking keren tampilannya, Firefox dianggap sebagai browser Android paling berat, dan paling boros baterai dan kuota.

Bagaimana tidak boros baterai, Firefox juga membawa fitur add-on, reading mode, sinkronisasi, menyimpan hasil browsing menjadi PDF, notifikasi web, serta plugin flash player ditambah dengan interface yang juga memberatkan kinerja smartphone.

firefox browser terbaik android

Meski cepat, browser Firefox lebih cocok digunakan bagi smartphone yang high-end, yakni dengan spesifikasi yang tinggi, serta bagi pengguna yang ingin fitur lengkap, dan pengalaman nyaman yang maksimal saat browsing.

Smartphone dengan spesifikasi menengah ke bawah lebih cocok menggunakan Chrome, atau mungkin UC Browser.

Download Mozilla Firefox untuk Android

#3 UC Browser, Browser Paling Ringan tapi Tetap Full-Feature

browser android

UC Browser memiliki keunikan tersendiri. Web browser Android ini dikenal sebagai browser yang paling ringan, tercepat, namun tetap memiliki fitur yang lengkap.

Bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi menengah ke bawah namun ingin fitur yang maksimal, UC Browser adalah pilihan terbaik. Tampilannya yang minimalis mungkin kurang enak dilihat, tapi itulah yang membuatnya cepat dan ringan.

uc browser terbaik android

History, bookmarks, incognito atau mode privat, serta mode gelap atau night mode, hingga pemblokir iklan atau ad-blocker juga tersedia di UC Browser. Ditambah lagi dengan download booster, yang membuat proses download di UC Browser jadi lebih cepat.

UC Browser juga memiliki sejumlah settings yang mampu membuat kuota internet jadi lebih hemat. Misalnya pengatur kualitas gambar, text-only browsing, hingga fitur Data saver yang menghemat kuota.

Meski cepat dan ringan, browser ini juga membawa berita-berita yang agak click-bait dalam pemberitahuan atau notifikasi Android, yang bisa dengan mudah dimatikan.

Download UC Browser untuk Android

#4 Opera, Browser Android Ringan, Cepat, dan Fitur Lengkap

opera browser terbaik android

Opera adalah browser yang dikenal dengan perubahan pada engine web-nya yang diubah menjadi engine web milik Google Chrome. Makanya, tampilan dan fitur browser Opera mirip dengan Google Chrome.

browser opera terbaik android

Opera mungkin layak disebut sebagai browser Chrome dengan versi yang lebih ringan dan tak terlalu boros baterai smartphone. Ini dikarenakan tak terlalu banyak fitur yang tersedia, serta tampilannya tak terlalu berat.

Opera di Android juga membawa fitur speed dial, feed, dan berita yang otomatis muncul di homepage browser, yang juga merupakan fitur orisinal pada Opera di PC/laptop.

Sebagai tambahan, Opera menambahkan fitur translate, offline pages, pengatur user-agent, dan fitur penghemat kuota.

Download Opera untuk Android

#5 Opera Mini, Opera versi Ringan dengan Fitur yang Minimal

browser terbaik

Opera Mini adalah browser Android dengan fitur yang paling sedikit. Meski sedikit, Opera Mini tetap membawa fitur Data saver, ad-blocker, offline pages, dan night mode.

Sisanya, browser ringan ini membawa tampilan dan interface yang minimalis, serta tak memboroskan baterai smartphone Android.

Meski fiturnya minimalis, Opera Mini menjadi pilihan terbaik bagi smartphone dengan spesifikasi yang terlalu rendah.

Download Opera Mini untuk Android

#6 Mercury, Browser Fitur Lengkap Pesaing Chrome dan Firefox

android mercury browser

Punya smartphone dengan spesifikasi menengah ke atas, tapi ingin pengalaman browsing yang lebih nyaman dan fitur maksimal lebih daripada Google Chrome dan Mozilla Firefox di Android?

Jawabannya adalah Mercury.

Mercury sekilas memiliki tampilan mirip UC Browser, namun sebenarnya lebih enak dipandang dan dengan fitur yang lebih lengkap. Fitur-fiturnya sekilas mirip dengan Firefox, tapi sebenarnya lebih lengkap dan lebih mudah diakses.

browser mercury terbaik

Mercury dengan pintarnya membawa fitur yang dimiliki hampir seluruh browser, namun dengan tampilan dan antarmuka yang lebih praktis, sehingga serumit dan selengkap apa pun fiturnya, akan sangat mudah diakses.

Reading mode, plugin yang lengkap, ad-blocker, screenshot, code viewer, bookmark & history, reading list, night mode, private mode, user agent switcher, no image mode, pengatur kecerahan layar, pengatur font, dan tema browser.

Kamu juga bisa meng-customize atau menyesuaikan menu di Mercury browser. Kamu juga bisa browsing dengan mudah lewat fitur swipe atau geser layar.

Ini yang membuat Mercury menjadi browser terbaik di Android, yang mungkin bisa menyaingi Google Chrome dan Mozilla Firefox. Bagusnya lagi, Mercury berjalan ringan dan smooth meski fiturnya lengkap.

Download Mercury di Android


Itulah sejumlah web browser terbaik untuk Android di tahun 2017. Tahun depan, atau di masa depan, persaingan untuk menjadi browser terbaik akan jadi lebih rumit, dengan fitur dan kenyamanan browsing yang jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.