Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri (+ Penyebab)

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri (+ Penyebab) 1
Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Kerusakan yang terjadi pada hardware termasuk gejala yang paling ditakuti oleh sebagian orang. Jika terjadi sesuatu misalnya seperti tombol Power ataupun Volume rusak, salah satu jalan keluarnya adalah harus ganti perangkat keras baru.

Disini kita berikan alternatif cara mengatasi volume HP naik turun sendiri tanpa kalian perlu diperbaiki atau ganti komponen tersebut.

Gejala volume HP yang naik turun sendiri sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas kita. Mungkin kalau sistem muncul ketika kita sedang browsing, balas chat, atau main media sosial gak begitu masalah besar.

Namun, kalau volume HP naik turun dengan sendirinya ketika sedang mendengarkan musik.

Apakah kita bisa menikmati musik tersebut? Jelas hal tersebut akan mengganggu dan membuat tidak nyaman saat mendengarkan musik.

Sebelum kita masuk ke mengulas tutorial cara untuk memperbaiki volume HP naik turun sendiri.

Pertama kita perlu ketahui terlebih dahulu apa saja yang membuat kondisi volume tersebut tidak berfungsi dengan baik. Oke, mari kita mulai pembahasannya.

Penyebab Volume HP Naik Turun Sendiri

Pentingnya merawat HP adalah untuk mempertahankan kondisi perangkat agar tetap terus optimal. Tidak hanya dari segi sistem internal saja, tetapi kamu juga harus memperhatikan bagian eksterior ponsel.

Sisi eksterior inilah yang akan menyangkut soal kesehatan perangkat hardware sebuah ponsel. Coba deh kalian lihat, ada berapa komponen yang berfungsi dalam desain luaran sebuah HP.

Banyak komponen diluar sistem seperti: kamera, tombol power, tombol volume, tombol home, port charger, port headset, speaker, microphone, dan masih banyak komponen-komponen lainnya.

Dan pada konten artikel ini, kita akan mengulas penyebab serta cara untuk mengatasi volume speaker HP yang sering naik turun sendiri. Adapun beberapa penyebab kenapa volume HP naik turun sendiri antar lain:

  1. Terlalu sering menekan tombol Volume dengan keras.
  2. Menekan tombol Volume hanya di satu titik saja, misalnya kita sering menekan menggunakan kuku, artinya tidak semua bagian volume akan tersebut dan cuma satu titik saja yang terkena pressure.
  3. Pengaruh debu yang menumpuk dapat menyebabkan tombol tidak berfungsi dengan baik.
  4. Ponsel pernah mengalami benturan yang keras, sehingga membuat sisi internal komponen ada yang goyang atauΒ  bisa saja lepas.
  5. Headset rusak yang tetap dipaksa di colokkan ke HP, biasanya headset akan muncul error seperti music suka pause dengan sendiri, atau bahkan volume naik turun.
  6. Terdapat sistem internal yang error. Bisa saja kesalahan ini bukan dari sistem perangkat kerasnya, melainkan aplikasi player music maupun software sejenisnya yang mengalami error.
  7. Tombol Volume tenggelam, biasanya tombol Volume tenggelam seperti ini disebabkan akibat usia dan pemakaian.

Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri

Setelah kalian tahu apa penyebab volume dalam HP naik turun sendiri, mari kita masuk pembahasan utama yaitu solusi untuk mengatasi volume speaker HP yang naik turun sendiri meskipun terjadi kerusakan pada tombol Volume.

1. Restart Perangkat HP

Restart HP Agar Normal

Restart perangkat HP sering kali dipercaya efektif menyelesaikan permasalahan ringan di dalam ponsel.

Jika faktor naik turunnya volume ini diakibatkan sistem yang error, coba silahkan restart terlebih dahulu ponsel milikmu dan gunakan kembali apakah sudah berjalan normal atau tidak.

Kalau memang ini bukan dari kerusakan hardware, gak ada salahnya kalau kamu coba factory reset data dari pabrik. Siapa tahu operasi sistem di HP kamu yang bermasalah.


2. Bersihkan Ponsel dari Debu dan Kotoran

Bersihkan HP Dari Debu

Efek debu yang menumpuk akan menutupi fungsi tombol ketika kita menekanny, untuk mengatasi hal ini kita bisa melakukan cara dengan membersihkan bagian yang kotor sampai benar-benar bersih.

Opsi membersihkan bagian dalam HP bisa kamu lakukan sendiri dengan bantuan kuas halus, atau alat vacum yang sering dipakai untuk membersihkan lensa kamera. Atau kalau kamu kurang yakin silahkan percayakan kepada tukang servis HP.


3. Pasang Aplikasi Kontrol Volume

Install Aplikasi Kontrol Volume
Volume Control
Volume Control
Developer: Netroken
Price: Free+

Jika tombol fisik pada volume HP kamu sudah tidak berfungsi dengan baik, masih ada satu opsi yakni memasang aplikasi Kontrol Volume agar pengguna masih bisa mengatur naik turunnya suara pada media, notifikasi, telepon, dan sebagainya.

Silahkan masuk ke dalam Playstore, kemudian ketik saja Kontrol Volume. Pencet tombol Install untuk memasang ke dalam HP. Tunggu sampai selesai dan terakhir tinggal kamu jalankan. Atau kamu bisa install melalui link di atas.


4. Update Operasi Sistem

Update Sistem OS Terbaru

Dengan cara kita update, sekaligus meningkatkan performa HP menyesuaikan versi terbaru. Silahkan masuk ke dalam pengaturan HP, buka menu Update Perangkat Lunak.

Agar lebih efektif, sambungkan perangkat dengan internet, karena pengambilan file versi baru ini ukurannya lumayan besar. Kalau sudah tinggal tunggu proses updatenya selesai.


5. Ganti Hardware

Ini merupakan opsi terakhir utnuk mengatasi volume HP naik turun sendiri. Opsi terakhir adalah dengan mengganti bagian hardware ke tukang servis.

Karena kalau jelas kerusakan terlihat dari tombol fisik yang rusak, proses penggantian hardware hanya dapat dilakukan oleh orang yang profesional.

Jangan coba-coba bongkar HP sendiri kalau memang tidak mengerti sistem.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara untuk mengatasi volume HP naik turun sendiri. Silahkan ikuti beberapa opsi untuk memperaiki permasalahan tersebut.

Tetapi yang terpenting kita harus menjaga dan merawat HP kalian agar tidak terjadi kerusakan yang merugikan. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.