[FIX] Undoing Changes Made To Your Computer di Windows 10

[FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10

Melakukan pembaruan Windows 10 dilakukan untuk meningkatkan sistem supaya lebih stabil dan terbarui.

Buka hanya itu saja, manfaat pembaruan Windows juga menyelesaikan segala kendala seperti bug, meningkatkan versi kompatibel, memperbarui tampilan, menambahkan fitur serta lainnya.

Hanya saja proses update terkadang menimbulkan berbagai masalah. Seperti perangkat tiba-tiba terhenti, muncul blackscreen, hingga menampilkan pesan “Undoing changes made your computer” ditengah pembaruan sedang berlangsung.

Notifikasi tersebut mengharuskan pembaruan terhenti dan membuat komputer mengalami stuck dalam beberapa saat.

Tetapi sebenarnya kondisi ini meminta pengguna untuk menunggu sampai proses berjalan selesai. Cuma waktu penyelesaian cenderung melebihi batas wajar, terkadang hanya akan membuang-buang waktu saja.

Terus bagaimana cara mengatasi “Undoing changes made your computer” di Windows 10 ? Lalu mengapa hal ini bisa terjadi ketika komputer kita sedang update?

Penyebab Undoing Changes Made To Your Computer di Windows 10

Proses update yang kita kira akan berjalan lancar juga berpotensi menimbulkan masalah error. Tanpa diduga sebelumnya, notifikasi pesan Undoing Changes Made To Your Computer keluar di layar di tengah proses update sangat mungkin terjadi.

Apa yang menyebabkan kita mengalami kasus seperti ini?

1. Penyimpanan Internal Penuh

Disisi lain update Windows 10 juga menjadi suatu hal yang menyebalkan.

Mengapa ?

Mereka akan terus memberikan pembaruan sampai-sampai memakan sebagian besar kapasitas Local Disc C: atau system menjadi penuh. Dan penyimpanan yang semakin penuh tidak akan memberikan kesempatan ruang lagi di komputer kalian.

2. Konflik Sistem Saat Update

Penyebab yang kedua, saat proses update berlangsung sistem mengalami error akibat konflik antara service yang berseberangan.

Selain itu konflik lain disebabkan dari baterai laptop habis, listrik mendadak mati, hingga kerusakan hardware yang membuat PC tiba-tiba mati.

3. Jaringan Terputus

Sebagian besar pembaruan pada Windows membutuhkan akses koneksi internet yang lancar dan stabil.

Bila ditengah pembaruan berlangsung koneksi internet kalian terputus, maka proses pengambilan data dan instalasi akan terhenti. Hal ini yang akan menimbulkan masalah seperti kasus berikut.

4. File Rusak

Banyak yang mengeluhkan setelah mereka update, instalasi sistem operasi baru justru memunculkan indikasi tidak beres. Coba kalian lakukan update ulang, guna untuk memperbaiki bagian pemasangan OS sebelumnya.

[FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 10

Penting kalian lakukan sebelum memulai pembaruan perangkat Windows 10. Pertama perhatikan koneksi internet, apabila kondisi saat itu tidak memungkinkan, misalnya jaringan sering terputus, FUP WiFi melebihi limit, lebih baik ditunda dulu.

Selanjutnya lihat kapasitas internal Local Disc C: atau penyimpanan sistem partisi kalian. Kalau kapasitas tersisa hampir penuh, lebih baik tunda dan batalkan update.

Mematikan update Windows 10 dapat dilakukan agar tidak muncul notifikasi perintah pembaruan lagi. Dan terakhir cek juga komponen eksternal internal PC, jangan sampai kamu memaksa update di dalam hardisk yang bermasalah.

Bila semuanya dipastikan aman, tahap pembaruan dijamin minim resiko. Dan apabila kalian masih menemukan error, silahkan ikuti solusi mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 10 di bawah ini:

Cara 1 : Tunggu Sampai Undoing Selesai

Solusi aman yang pertama jika black screen dengan notifikasi “Undoing Changes Made To Your Computer” muncul, lebih baik tunggu beberapa saat sampai komputer merespon dan masuk ke dalam tampilan desktop kembali.

Cara ini akan berlangsung lama, sebagai langkah antisipasi sambungkan laptop dengan charger agar tidak kehabisan daya di tengah proses berlangsung. Kurang lebih kamu akan menunggu antara 30 sampai 60 menit tergantung spesifikasi komputer masing-masing.

Semakin tinggi spesifikasi PC yang kamu gunakan, maka semakin cepat sistem meresponnya, Tetapi kalau kondisi tidak memungkinkan, seperti menunggu hingga 2 jam lebih, kamu boleh mematikannya lewat menekan tombol Power secara paksa.

Cara 2 : Hapus Instalasi Update Sebelumnya

Pada dasarnya notifikasi “Undoing Changes Made To Your Computer” merupakan kondisi dimana Windows membatalkan update dan mengembalikan kondisi ke versi sebelumnya.

Setelah kalian berhasil masuk kembali ke desktop, pada cara kedua ini coba kita hapus instalasi Update yang gagal terpasang sebelumnya. Ikuti langkah-langkah selengkapnya di bawah ini:

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Kemudian pencet menu Settings.2 Ketuk Settings - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  3. Setelah itu kamu arahkan ke kotak menu Update & Security.1 Update Secuirty - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  4. Disini silahkan klik bagian sub Windows Update.
  5. Pada bagian Windows Update, cari dan buka View Update History.3 Klik History - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  6. Selanjutnya kamu bisa klik tulisan Uninstall Update.4 Uninstall Update - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  7. Nanti akan keluar jendela yang menampilkan aktivitas update terinstal sebelumnya.
  8. Lihat di kolom Microsoft Windows, uninstall aktivitas terakhir yang baru saja kamu lakukan. Caranya klik kanan status instalasi update.5 Mic Windows - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  9. Setelah itu pilih Uninstall.6 Unistall - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  10. Ulangi cara tersebut sampai semua berhasil kita lepas.

Cara 3 : Blokir Update Windows 10

Kalau kalian mengalami masalah pada ruang penyimpanan sistem penuh, maka solusinya blokir aktivitas update.

Dengan maksud supaya tidak akan ada lagi pengambilan data dan pemasangan otomatis system Update di komputer kalian yang mengakibatkan ruang penyimpanan penuh. Cara ini makin efisien setelah mengikuti metode kedua diatas.

  1. Ketuk tombol shortcut Windows + R.
  2. Kalau sudah muncul, ketikkan di kolom Run perintah services.msc. Kemudian klik OK.7 Services.msc - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  3. Lalu scroll kebawah dan cari bagian Windows Update.8 Windows Update - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  4. Double klik untuk membuka program.
  5. Selanjutnya ubah bagian kotak Startup Type menjadi Disable.9 Atur Disable - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  6. Terakhir tinggal restart.
  7. Setelah nyala kembali pergi ke Settings komputer.2 Ketuk Settings - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  8. Pilih menu Network & Internet.10 Network Wifi - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  9. Disini kamu bisa tap bagian Wi-Fi.11 Tap Wifi - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  10. Silahkan pilih koneksi Wifi yang sedang terhubung dengan PC atau laptop kalian.12 Tap Internet - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  11. Pada bagian Meterd Connection, silahkan ubah statusnya menjadi Off.13 Atur Off - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10

Cara 4 : Jalankan Perintah DISM

Terakhir sebagai langkah mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 10 disini, kita coba buka jendela Command Prompt dan masukkan perintah DISM.

Tujuannya untuk scanning masalah pada perangkat dan mendeteksinya untuk perbaikan otomatis.

  1. Pencet tombol Start.
  2. Kemudian ketikkan Command Prompt.12 Command Prompt - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  3. Klik kanan lalu pilih Run as administrator.13 Run Administrator - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  4. Setelah terbuka, ketikkan perintah DISM/Online/Cleanup-Image/RestoreHealth dan Enter.15 Script Code - [FIX] Mengatasi “Undoing Changes Made To Your Computer” Windows 10
  5. Tunggu prosesnya berjalan.
  6. Jika sudah silang Command Prompt dan restart PC.

Akhir Kata

Sekian pembahasan cara untuk mengatasi permasalahan “Undoing Changes Made To Your Computer” di Windows 10.

Ikuti beberapa tutorial di atas untuk mengatasi persoalan update di perangkat kalian masing-masing. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar