Windows 10 Windows

Cara Mematikan Update Windows 10

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi pengguna OS Windows 10, pasti akan sering ketemu dengan fitur yang namanya Windows Update. Berbeda dengan versi windows sebelumnya, disini pengguna dipaksa untuk melakukan update secara otomatis ketika mereka menekan tombol Power.

Bukan hal yang merugikan sebenarnya, Microsoft sebagai pengembang platform ini memang berambisi ingin menjadi OS operasi utama diseluruh dunia, oleh karena itu mereka selalu memberikan update untuk memperbarui sistem supaya kinerjanya makin meningkat.

Notifikasi update ini akan muncul ketika perangkat terhubung dengan internet, pengaturan bawaan dari Windows menyarankan jika sistem update ini harus selalu aktif, karena mereka menilai dengan pembaruan update tersebut dapat mengoptimalkan kinerja perangkat guna memperbaiki bug serta menambahkan fitur-fitur anyar.

Ketika sistem memberitahu untuk melakukan update, program akan memberikan informasi apa saja yang harus diperbarui dari perangkat. Disini pengguna bisa memantau pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft untuk device Windows kamu. Setelah itu kamu bisa membandingkan poin-poin sebelum diupdate dan setelah diupdate, apakah makin optimal atau sebaliknya.

Selain memperbaiki bug, ketika melakukan update sistem, Microsoft juga mengunduh database terkait soal keamanan. Langkah ini untuk mengantisipasi perangkat agar tetap aman menghadapi virus-virus yang makin bermutasi ke versi terbaru.

Tapi ada juga loh pengguna yang merasa terganggu dengan pemberitahuan sistem update Windows 10 ini. Apalagi kalau sistem pembaruannya lama, terkadang jika program yang perlu diperbarui cukup banyak maka proses pembaruannya juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Terus bagaimana cara mematikan update Windows 10, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mematikan Update Windows 10

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mematikan update di Windows 10 ini, setelah ini kamu bebas memilih ingin pakai cara yang mana yang sekiranya menurutmu jauh lebih mudah dan praktis untuk dipraktekkan.

1. Menggunakan Wifi Metered Connection

Sistem pembaruan ini akan muncul ketika device kamu terhubung dengan koneksi internet, untuk itu kita perlu memberikan settingan di bagian jaringan Wifi-nya untuk mematikan sistem update Windows.

  1. Buka menu Start.
  2. Ketik pada kolom pencarian Settings,kemudian buka.Masuk ke Settings
  3. Silahkan masuk ke bagian Network & Internet.Pilih Network & Internet
  4. Pada bagian menu Wifi.Matikan pada opsi Let me use Online
  5. Selanjutnya ubah pengaturan Set as metered connection menjadi posisi ON.
  6. Selesai.

Kekurangan dari cara pertama ini adalah meskipun bisa mematikan update Windows 10 tetapi efeknya juga berpengaruh dengan jaringan internet didalam device. Istilahnya cara ini tidak dapat membatasi update secara total, namun hanya membatasi koneksi internet oleh aplikasi yang terhubung dengan jaringan unlimited seperti Wifi.


2. Menggunakan Control Panel

Berikutnya adalah cara yang bisa dibilang cukup efektif untuk mematikan Windows 10 secara total, kamu bisa melakukan settingan ini menggunakan windows Control Panel :

  1. Tekan tombol Start.
  2. Masukkan ke kolom pencarian Control Panel.Masuk ke Control Panel
  3. Cari dan buka menu System and Security.Pilih System and Security
  4. Selanjutnya masuk ke Administrative Tools.

    Pilih Administrative Tools
    Pilih Administrative Tools
  5. Setelah muncul folder Tools, double klik bagian Service.Pilih Services
  6. Cari bagian Windows Update, disini ubah informasi dengan cara klik kanan dan pilih Properties.Pada pilihan Windows Update, Klik kanan dan pilih Properties
  7. Di kotak Status Type kamu ubah menjadi Disabled terus tekan OK.Pada opsi Startup type pilih Disabled
  8. Selesai.
Mau tau cara melihat bit di berbagai versi OS Windows ? Ikuti cara melihat di bit Windows (7,8,8.1,dan 10).

3. Menggunakan Win+R

Berdasarkan pengalaman dan informasi, pengguna Windows 10 Education, Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Pro tidak dapat mematikan sistem update menggunakan Control Panel, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa melakukan cara dibawah ini :

  1. Tekan shortcut Windows + R.Masukkan gpedit.msc pada Run dan Klik ok
  2. Masukkan gpedit.msc kemudian klik OK.
  3. Setelah muncul jedela dibawah ini, pilih Computer Configuration ➤ Administrative Templates.Pilih Computer Configuration Pilih Administrative Templates
  4. Jika sudah masuk ke Administrative Templates, kamu bias pilih Windows Components ➤ Windows Update. Pilih Windows Components Pilih Windows Update
  5. Cari tools Configure Automatic Updates, double klik dan pilih Disable ➤ OK.Disabled pada Configure Automatic Updates
  6. Selesai

4. Menggunakan Aplikasi Win Update Stop

Bagi yang gak ingin kesulitan mematikan update di Windows 10, kamu bisa gunakan aplikasi bantuan bernama Win Update Stop.

  1. Download aplikasi Win Update Stop.
  2. Klik kanan file yang sudah diunduh tadi, Run as administrator.
  3. Install dan ikuti langkahnya.
  4. Jika sudah buka aplikasinya dan kamu cukup menekan tombol Disable.
  5. Selesai.
Memang bisa membuat virtual memory untuk Windows 10 ? Silahkan kamu praktekkan cara membuat virtual memory Windows 10.

Akhir Kata

Sekarang kamu tinggal memilih ingin menggunakan cara yang mana, sejauh ini cara-cara diatas cukup efektif untuk mematikan update sistem di Windows 10. Jika ingin menggunakan cara yang lebih simple bisa pakai aplikasi bantuan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar