Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password

Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password

Memproteksi dokumen Word adalah salah satu cara bagi kita untuk melindungi keamanan data dari jangkauan orang lain.

Terkadang kita membuat sebuah file yang sifatnya sangat rahasia, bahkan file tersebut hanya boleh diakses oleh satu penerima karena berisi keterangan informasi yang sifatnya tertutup.

Pengguna dapat menggunakan fasilitas proteksi seperti ini langsung dari Microsoft Word.

Oleh karena itu kita ingin membagikan tips cara mengunci dokumen Word dengan password supaya file data milikmu tetap aman.

Cara Mengunci Dokumen Word Dengan Password

Microsoft Office telah membekali sistem proteksi lewat menu pengaturan khusus. Pengguna dapat mengakses fitur berikut untuk melindungi file dokumen dari jangkauan orang lain.

Bukan hanya Word saja, tetapi sebagian besar fasilitas milik Microsoft Office juga mempunyai fitur keamanan yang serupa.

Tujuannya jelas untuk melindungi file data bersangkutan aman dari jangkauan orang lain. Setelah itu kalian bisa memberikan kombinasi password kepada target penerima untuk memasukkan kode akses izin kendali dokumen.

Adapun cara mengunci dokumen Word dengan password dapat dilakukan sangat mudah, langsung dari Microsoft Word itu sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah beserta penjelasannya untuk memberi password pada dokumen Word, antara lain :

  1. Pertama kalian buka file Word yang ingin diproteksi.
  2. Selesaikan semua isi dokumen tersebut sampai tuntas.
  3. Bila sudah tekan tombol File di pojok kiri atas.1 Pencet Tombol File - Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password
  4. Kemudian ketuk bagian menu Info.2 Pencet Tombol Info - Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password
  5. Dan disini silahkan tap kotak Protect Document. Nanti akan muncul beberapa pilihan. Pilih saja bagian Encrypt with Password.3 Protect Document - Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password
  6. Selanjutnya kamu diminta untuk membuat password proteksi. Gunakan kombinasi alfabet dan angka agar lebih aman. Kalau sudah tap OK.4 Buatkan Password - Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password
  7. Disini kamu disuruh untuk memasukkan konfirmasi password yang sudah dibuat. Lalu tap OK.5 Ketikkan Lagi Password - Cara Mengunci Dokumen Word dengan Password
  8. File Word secara otomatis sudah aman dengan proteksi password yang kamu buat.
  9. Selesai.

Akhir Kata

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengunci dokumen Word dengan password? Kalian bisa menggunakan fitur ini hampir di semua versi Microsoft Word, temukan tombol Protect Document di menu Office sesuai versi Word masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar