Masih Hangat
memuat ...

Senin, 17 Juli 2017

Share:

Cara Install Aplikasi Android dari APK dan Google Play

download aplikasi games buku dari play store android

Android sebagai OS smartphone yang paling populer menyajikan jutaan aplikasi dan games di dalamnya, yang bisa kamu download dan install dengan mudah.

Google sebagai pengembang Android, menyajikan Google Play dalam aplikasi Play Store-nya. Bukan hanya aplikasi dan games, pengguna juga bisa men-download dan membeli ebook dari Google Play Books dan film dari Google Play Movies & TV.

Sebagai tambahan, pengguna juga dapat men-download dan meng-install aplikasi Android dalam bentuk file APK. File APK ini dapat kamu download dengan mudah di Google Play melalui PC/laptop.

Tapi, sebagai pengguna smartphone Android pemula, kamu tentunya belum tahu apa-apa soal cara men-download dan meng-install aplikasi dari Google Play, langsung dari Play Store maupun dari file APK.

#1 Cara Download & Install Aplikasi dari Play Store Android

Satu hal yang paling dibutuhkan dalam proses download dan install aplikasi Android dari Play Store adalah koneksi internet, kuota yang cukup, kapasitas internal/SD card yang cukup, dan spesifikasi smartphone yang sesuai dengan aplikasi/games yang di-install.

Buka Play Store.

Di dalam aplikasi Play Store, kamu bisa memilih untuk mencari aplikasi dan games, atau buku dan film. Tinggal pilih APPS & GAMES, atau MOVIES, BOOKS, NEWSSTAND.

google play store di android

Langsung dari Play Store, kamu juga bisa memilih untuk men-download dan meng-install aplikasi, games, buku, atau film dengan menekan tombol overflow (icon tiga titik vertikal) dan pilih Install.

cara install aplikasi dari google play

Kamu juga bisa memasukkannya ke Wishlist agar kamu tak lupa untuk meng-install aplikasi tersebut di waktu yang lain.

Di Play Store, kamu bisa menemukan beragam tombol-tombol kategori untuk mencari games, aplikasi, buku, atau film dengan cara yang lebih cepat dan mudah. Tinggal pilih Top Chart, Games, Categories, Editor’s Choices, dan sebagainya.

download aplikasi dari play store

Ketika kamu menggunakan tombol-tombol ini, kamu bisa mencari aplikasi atau games berdasarkan kategori, rating, review, berbayar, atau gratis. Misalnya kategori Productivity, yang akan menampilkan daftar aplikasi produktivitas terbaik yang ada di Play Store.

Khusus untuk kategori Editor’s Choices, kamu akan melihat daftar aplikasi terbaik berdasarkan pilihan tim editor di Google Play. Biasanya, yang akan tampil adalah aplikasi terbaik di bidangnya atau kategorinya.

beli aplikasi dari play store android

Misalnya adalah Instagram. Kamu dapat men-download aplikasi Instagram dari Play Store dengan mudah. Pilih Install untuk langsung men-download.

google play instagram download

Proses download mungkin akan sangat lambat, atau sangat cepat. Tergantung koneksi internet yang kamu pakai di smartphone Android.

Cara cepat untuk men-download aplikasi dari Play Store adalah dengan menggunakan kotak pencarian. Tinggal ketik nama aplikasi yang hendak kamu download, misalnya BBM, dan pilih Install. Terakhir, tunggu sampai selesai.

download aplikasi bbm di android

#2 Cara Membeli & Men-download Ebook dari Play Store

Seperti yang ditulis barusan, Google juga menyajikan buku-buku yang dapat kamu download secara gratis. Buku-buku tersebut adalah ebook yang terdapat di Google Play Books.

Buka Google Play Books.

Lalu cari buku yang hendak kamu download dan beli.

Untuk langsung men-download dan membeli, tinggal pilih Buy (harga).

kategori aplikasi play store

Ragu dengan isi bukunya? Kamu bisa melihat sampel atau contoh buku yang akan kamu beli. Pilih Free Sample.

contoh sampel buku yang dibeli di play store android

Di dalam free sample atau contoh buku, kamu bisa membaca keseluruhan contoh isi buku dengan fitur-fitur pembaca PDF atau ebook yang sudah tertanam di Google Play Books.

Kamu bisa mengatur zoom, mode gelap/terang, font dan ukuran font, dan sebagainya.

Nah, untuk langsung membeli, tinggal pilih Buy (harga), dan pilih Buy lagi untuk konfirmasi. Kamu juga bisa membeli aplikasi/buku dari Play Store dengan pulsa SMS/telepon.

pembelian gagal buku aplikasi android

Kalau ternyata muncul pesan payment unsuccessful atau pembelian aplikasi/buku gagal, mungkin sisa pulsa SMS/telepon tidak cukup. Isi ulang saja pulsa 13% lebih banyak dari harga aplikasi/buku yang ingin dibeli, untuk membayar PPN dan bea jasa.

Kalau pembelian aplikasi/ebook berhasil, maka akan muncul pesan ini:

beli aplikasi lewat google play dengan pulsa

#3 Cara Install Aplikasi Android dari APK secara Manual

Kadang, agar proses install aplikasi jadi jauh lebih mudah, kita bisa dengan mudahnya men-download file APK aplikasinya dan meng-install-nya secara manual lewat smartphone Android, tanpa Play Store.

Biasanya, cara ini dilakukan demi menghemat kuota. Karena dengan file APK yang sudah lama disimpan, kamu tak perlu lagi menghabiskan kuota untuk men-download ulang. Tinggal install, beres..

Tapi, bagaimana cara mendapat file APK-nya?

Kamu bisa men-download file APK dari Google Play melalui PC. Meski kamu juga bisa men-download file APK dari situs luar selain Google Play, akan lebih baik tetap dari Google Play, namun menggunakan PC/laptop.

Tapi bagi kamu yang telah mem-backup aplikasi Android menjadi file APK, dan menyimpannya ke komputer, kamu bisa memindahkan file APK tersebut ke smartphone Android dan mulai melakukan proses instalasi aplikasi.

Untuk meng-install, pastikan file APK sudah berada di smartphone Android. Buka File Explorer dan buka folder di mana file APK tersebut berada. Kemudian, buka file APK tersebut. Contohnya di sini adalah BBM.apk.

install apk bbm android

Pilih Install. Tunggu proses instalasi aplikasi.

bbm apk android

Dan, BOOM! Aplikasi BBM telah di-install di smartphone Android kamu, dari file APK yang sebelumnya merupakan hasil backup dari aplikasi BBM yang aslinya, atau dari file APK yang kamu download dari internet.

bbm di android


Itulah cara men-download aplikasi, games, buku, atau film di Play Store Android. Pembelian aplikasi dan games serta buku dari Google Play sangatlah memudahkan, dan membuat hidup jadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.