Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 28 September 2017

Share:

Cara Mengatasi Koneksi Internet Mati/Putus, Website Tidak Bisa Dibuka, Tidak Bisa Browsing/Download/Upload, atau Masalah Internet Lainnya

koneksi internet error

Masalah koneksi internet bisa sangat menyebalkan. Pekerjaan dan hidup personal pun terganggu. Client sudah sangat menunggu, serta pacar sudah sangat cemas karena pesan tidak dibalas pada waktunya. Internet error sangatlah mengganggu seluruh aspek hidup kita.

Terlepas dari device atau perangkat yang digunakan, mengatasi masalah internet yang error sangatlah sederhana, meski tak selalu mudah.

Bagi pengguna yang sudah hafal dengan penyebab koneksi internet yang mudah mati, terputus, putus nyambung, sinyal hilang, tidak ada akses internet (No internet access), maka sangat mudah untuk mengatasinya.

Tapi, jika kita tidak tahu pasti penyebabnya, atau koneksi internet bermasalah secara tiba-tiba, seperti tidak bisa nyambung ke PC/laptop, atau hanya bisa terhubung ke smartphone, maka panik pun terjadi. Kita tak tahu apa yang bermasalah.

Dalam artikel ini, saya sajikan beragam masalah internet dan cara mengatasinya dari konteks mana pun. Seluruh masalah internet yang lambat, putus, melambat, dan sebagainya, dibahas secara lengkap di sini.

#1 Sinyal Internet Hilang? Tidak Ada Akses Internet? Coba Restart Router!

Kehilangan sinyal internet sering kali dialami oleh pengguna yang menggunakan layanan internet dari ISP yang mungkin kurang berkualitas. Tapi, sinyal yang hilang juga bisa disebabkan oleh router Wi-Fi yang kurang kuat.

Kalau kamu adalah pengguna router Wi-Fi, dan kehilangan sinyal, atau tidak ada akses internet, cobalah untuk me-restart router Wi-Fi.

Perlu diingat, me-restart router bagi sebagian pengguna ISP tertentu bisa me-reset data-data atau informasi pribadi yang telah didaftarkan ke dalam jaringan ISP.

Selain sinyal yang hilang, masalah internet lain yang biasanya bermunculan tidak dapat didiagnosis atau diprediksi apa penyebab pastinya. Kebanyakan, jaringan internet yang error atau kurang stabil selalu ada kaitannya dengan ISP, jenis layanan internet yang dibeli, dan tipe jaringannya (3G, 4G, dsb).

#2 Mencoba Ping untuk Mengecek Koneksi Internet

ping internet

Bagi pengguna PC/laptop dengan sistem operasi Windows, kamu bisa mengecek bagaimana koneksi internet yang terhubung ke PC/laptop-mu dengan mencoba melakukan aktivitas internet dengan suatu website melalui IP address.

Buka Command Prompt. Di Windows 10, 7 dan 8.1, buka Start menu dan cari cmd untuk mencari Command Prompt.

ping internet error

Kemudian terbukalah jendela Command Prompt. Di sini, kita bisa melakukan diagnosis atau mengecek kondisi koneksi internet yang sedang terhubung ke PC/laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan perintah ping.

Ketik ping google.com atau ping kompiwin.com, dan tekan Enter.

ping internet

Maka, muncullah barisan kode yang menunjukkan informasi detail dari koneksi internet yang dihubungkan ke domain website yang kamu ketik barusan.

Perlu diketahui, proses ini tidak dapat mengatasi koneksi internet yang bermasalah atau error, melainkan hanya sebagai jalan untuk mengecek jaringan internet – apakah mampu mem-ping suatu situs, dan apakah situs tersebut mem-ping balik PC/laptop kita lewat internet.

Apabila suatu situs tidak bisa di-ping, mungkin domain atau server dari website tersebut sedang dalam perbaikan. Jika PC/laptop kita tidak bisa mem-ping website apa pun, maka itu artinya koneksi internet yang kita gunakanlah yang bermasalah.

Satu-satunya cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah koneksi pada PC/laptop kita yang bermasalah atau server website yang kita kunjungi, adalah dengan melihat Packets yang kita kirim dan Packets yang kita terima dari website tersebut.

Apabila jumlah Packets yang kita terima (Received) kurang dari yang kita kirim sebenarnya (Sent), dan ada Packet yang tertinggal (Lost), kemungkinan website tersebut yang memang sedang down. Jika kita tidak bisa mem-ping situs mana pun, itu artinya koneksi internet kita yang down.

Untuk mengecek kondisi internet dengan perintah ping lainnya, buka halaman ini.

#3 Mengecek Website Tertentu yang Mungkin Sedang Down

website tidak bisa dibuka

Kita sering kali penasaran, apakah ada yang salah dengan koneksi internet yang kita gunakan, atau website yang kita kunjungilah yang down?

Pertanyaan ini bisa terjawab dengan mudah melalui situs Down For Everyone Or Just Me. Situs ini mampu mengecek apakah suatu situs web berjalan lancar jaya atau tidak. Ini akan menjawab apakah yang bermasalah situs web tersebut, atau koneksi internet kita.

Buka situsnya. Lalu ketik domain atau alamat website yang kamu anggap sedang down. Tekan Enter.

mengecek koneksi internet

Maka, muncullah jawabannya:

website tidak bisa dibuka

Apabila muncul It’s just you. (alamat website) is up berarti website yang dicek berjalan secara lancar jaya, tanpa ada masalah apa pun. Namun jika yang muncul adalah It's not just you! (website) looks down from here, berarti website tersebut yang memang down.

#4 Mengecek Masalah Driver Modem atau Router

mengecek kondisi internet

Koneksi internet yang terhubung bisa terganggu dengan mudahnya hanya karena driver dari modem atau router yang kurang up-to-date. Salah satunya modem error 633 yang bahkan penyebabnya masih belum diketahui.

Up-to-date-nya driver dapat dicek dengan mudah melalui Device Manager di PC/laptop dengan sistem operasi Windows.

Di Windows 10, tekan Logo Windows + X dan pilih Device Manager. Di Windows 7, 8, 8.1, buka Start menu dan cari Device Manager.

device manager

Pada Device Manager, masuk ke Network adapter. Lalu klik-kanan pada driver Wi-Fi router atau modem yang sudah pasti kamu tahu. Pilih Update untuk meng-update driver tersebut.

mengecek kondisi internet

Pilih Search automatically for updated driver software.

internet error lambat kurang stabil

Lalu tunggulah sebentar. Windows sedang mencarikan driver terbaru secara online.

koneksi internet

Jika pesan yang muncul mengatakan bahwa driver yang kamu gunakan memang sudah up-to-date, namun kamu heran kenapa koneksi internet yang bermasalah hanya pada PC/laptop saja, kamu bisa meng-update driver dengan menggunakan Driver Booster.

driver internet modem wifi router

Baca Juga: Cara Update Driver

Apabila kamu tak tahu driver mana yang ada kaitannya dengan Wi-Fi router maupun modem yang digunakan, klik-kanan pada semua driver dan pilih Scan hardware changes.

mengecek internet

Device Manager kemudian akan men-scan perubahan yang terjadi pada driver yang dipilih. Scan seluruh driver pada bagian Network Adapter, lalu restart PC untuk melihat perubahannya.

Masalah driver yang menyebabkan koneksi internet melambat, kurang stabil, kehilangan sinyal, atau tidak bisa konek kadang sangat membingungkan. Terlebih jika driver sudah tidak didukung lagi oleh provider. Kalau begini, lebih baik beli modem atau router baru saja.

#5 Tidak Bisa Membuka Website/Software Tertentu dengan Internet? Coba Cek Antivirus di Komputer!

antivirus internet tidak stabil

Antivirus, yang dinilai berguna bagi keamanan PC/laptop, kadang justru malah menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna yang menggunakannya. Mungkin karena “terlalu aman”, antivirus sengaja memblokir situs-situs yang ia anggap berbahaya.

Selain situs, antivirus juga biasanya “berhak” untuk memblokir seluruh aktivitas internet dari seluruh aplikasi/software yang digunakan di PC, yang dianggap berbahaya.

Contohnya adalah game online. Apabila cheat berbahaya terdeteksi, game akan menjadi lag, macet, dan patah-patah. Ketika antivirus di-uninstall, game online yang dimainkan akan berjalan sangat normal. Meski banyak penggunaan cheat yang berbahaya.

Apabila kamu menggunakan antivirus yang “terlalu aman”, kadang ia memblokir situs-situs yang tidak perlu, mencegah aplikasi/software tertentu untuk memakai internet (yang juga tidak perlu), atau bahkan menghentikan seluruh aktivitas internet ketika scanning.

Jika kamu tahu cara mengatur antivirus yang kamu pakai, atur sedemikian rupa hingga tidak lagi mengganggumu untuk melakukan browsing, download, upload, dan melakukan aktivitas internet lainnya di komputer.

Sejumlah antivirus punya “nama baik yang buruk” karena kualitasnya yang terlalu sensitif dengan file-file yang sebenarnya tidak berbahaya. Ada banyak antivirus ternama yang berkualitas, tapi menggunakan Windows Defender tampaknya sudah cukup.

#6 Smartphone Mungkin Salah Setting Jaringan, ISP/Operator Bermasalah

apn settings

Terakhir, penyebab koneksi intenet down, mungkin disebabkan oleh kesalahan setting jaringan di smartphone. Cek setelan APN, tipe jaringan, dan lainnya di smartphone Android/iPhone.

Kalau bukan, mungkin memang ISP atau operator yang bermasalah atau dalam perbaikan. Jika sudah begini, tak ada solusi lain selain menunggu internet kembali normal dengan sendirinya.


Mengatasi internet yang error atau bermasalah kadang sangat membingungkan. Antara jaringan internet yang digunakan sedang bermasalah, router atau modem yang digunakan, hingga ISP atau operator yang dalam perbaikan. Kadang, satu-satunya jalan keluar adalah dengan menunggu internet kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.