Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 27 September 2017

Share:

8 Cara Mengatasi Sinyal yang Lemah/Hilang di HP/Smartphone

cara mengatasi sinyal yang mudah hilang

Sinyal yang hilang atau lemah sangatlah menyebalkan. Bukan hanya SMS dan telepon yang menjadi terhambat, melainkan pula koneksi internet yang lambat, putus, atau tidak ada akses internet (no internet access).

Ketika sinyal hilang tiba-tiba di smartphone/HP, maka seluruh chatting, video call, update timeline media sosial, dan aktivitas internet lainnya akan berhenti. Website tidak bisa dibuka.Browsing, download, dan upload pun akan terganggu.

Terlepas dari merek HP seperti: Xiaomi Redmi, Smartfren Andromax, ADVAN, Lenovo, ASUS, dan lainnya; serta ISP dan operator seperti: Smartfren, XL, Telkomsel, dan lainnya; hingga tipe jaringan seperti: 4G LTE dan 3G; kamu bisa mengatasi sinyal lemah atau hilang dengan cara yang mudah di HP-mu.

#1 Koneksi Internet Mati karena Sinyal Lemah? Coba Restart Wi-Fi!

Kebanyakan masalah koneksi internet, khususnya sinyal yang mudah mati, disebabkan oleh router Wi-Fi yang kurang stabil, atau sinyal operator yang kurang kuat. Solusi yang bisa diambil adalah dengan me-restart router Wi-Fi.

Bagi pengguna yang biasanya menggunakan lebih dari satu perangkat, misalnya smartphone dan laptop dengan satu koneksi Wi-Fi secara bersamaan, sinyal Wi-Fi yang kurang kuat akan berpengaruh ke seluruh perangkat yang terhubung.

Terlebih untuk orang yang membuat hotspot Wi-Fi sendiri dari laptopnya, agar satu koneksi yang terhubung ke laptopnya dapat dibagi-bagi ke perangkat lain, kekuatan sinyal bukan hanya dipengaruhi oleh laptopnya, melainkan pula sumber koneksinya.

Bagi pengguna Wi-Fi, cobalah untuk me-restart router ketika sinyal tiba-tiba hilang. Hal ini mungkin bisa menjadi solusi jika router kurang kuat untuk menyala atau aktif lebih lama.

Apabila kamu tak menggunakan router Wi-Fi, dan menggunakan data selular langsung di HP, kamu bisa melakukan solusi lain untuk mengatasi sinyal yang lemah.

#2 Nyalakan Airplane Mode, Lalu Matikan Lagi

Bagi pengguna internet yang mengambil data selular sebagai sumber koneksi internet, mungkin perlu menyalakan mode pesawat sebentar. Kemudian setelah beberapa detik, matikan mode pesawat dan tunggu apakah sinyal di HP meningkat.

airplane mode untuk mengatasi sinyal hilang

Jika ternyata sinyal masih hilang atau lemah, kemungkinan penyebabnya adalah adanya perbaikan dari operator, smartphone atau wilayah tidak mendukung tipe jaringan (seperti 4G/3G), dan berbagai penyebab terkait dengan kartu SIM, operator, atau ISP.

#3 Berpindah Lokasi ke Tempat di Mana Sinyal Lebih Kuat

Kadang, tak ada jalan lain selain berpindah menuju lokasi atau wilayah lain yang mendukung sinyal yang cukup kuat untuk melakukan aktivitas-aktivitas internet atau mengirim SMS dan bertelepon.

Ketika tempat di mana kamu berada tidak mendukung sinyal yang cukup kencang, pindahlah sebentar ke tempat lain dengan sinyal yang lebih tinggi. Biasanya, tempat-tempat yang belum “terpapar” oleh menara-menara BTS, semacam perkampungan atau pedesaan, sangat sulit untuk mendapat sinyal yang kuat.

#4 Membeli Kartu SIM dengan Provider Lain yang Sinyalnya Merata

Menggunakan provider yang sinyalnya kurang merata, terlebih di Indonesia yang sangat luas ini, sangatlah menyulitkan. Apalagi jika kamu adalah seorang traveler yang selalu membutuhkan koneksi internet di mana pun kamu berada.

Di Indonesia, sejumlah provider memiliki kekuatan sinyal yang sangat kuat, namun hanya berlaku di kota-kota besar seperti Jabodetabek. Sebagian yang lain menyajikan sinyal dengan kekuatan yang biasa-biasa saja, namun merata. Sebagian yang lainnya sangat lemah, sinyalnya mudah hilang ketika hujan turun, namun biaya paket dan layanannya sangatlah murah.

Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, Tri, Axis, BOLT!, dan lainnya menyajikan layanan dengan kualitas yang berbeda-beda. Tipe jaringan seperti GSM, GSM 3G/3.5G, 4G LTE, CDMA, CDMA EV-DO juga mungkin berpengaruh.

#5 Kamu Mungkin Salah Setting APN, Tipe Jaringan, dan Setelan Internet Lainnya

Sebagian HP atau operator memiliki sensitivitas pada penangkap sinyalnya. Sinyal mungkin harus menyesuaikan tipe jaringan dan APN yang sedang kamu gunakan dengan tepat.

Apabila kamu membeli paket internet 4G namun HP-mu tidak mendukung 4G, maka belilah paket 3G atau paket internet lain dengan tipe jaringan yang mendukung. Apabila 4G tidak didukung ke tempat sekitarmu, ganti paket dengan tipe jaringan 3G.

Kalau yang dibeli adalah paket 3G namun setting-an jaringan di-set ke 2G, maka ubah dulu setting-annya. Kalau ternyata APN yang diminta operator salah kamu masukkan, perbaiki APN-nya.

Kebanyakan pengguna tidak terlalu memerhatikan setting-an jaringan yang ia gunakan. Sinyal yang lemah atau hilang tiba-tiba dapat disebabkan oleh settings jaringan yang salah, APN belum dimasukkan, atau tipe jaringan tak sesuai.

Di Android, mengubah setting-an jaringan dari kartu SIM sangatlah mudah. Buka Settings > SIM cards & mobile network > (nama provider).

apn salah sinyal hilang

Pilih Access Point Names untuk mengubah APN, atau pilih Preferred network type untuk mengubah tipe jaringan ke 4G, 3G, 2G.

sinyal tipe jaringan

#6 Kamu Mungkin Membeli Paket Internet yang Salah

Operator atau ISP yang memiliki sinyal yang kurang baik, dapat ditandai dengan harga paketnya yang murah. Terlebih jika kamu membeli paket unlimited, maka bukan hanya sinyalnya yang mudah hilang, melainkan pula kecepatan internet yang lambat (karena FUP).

Sama halnya dengan membeli paket internet dengan tipe jaringan yang kurang mendukung. Tempat dan smartphone yang tak sesuai akan membuat rugi paket yang telah dibeli. Paket internet termahal sekalipun, akan sia-sia kalau ternyata sinyalnya mudah hilang.

Maka, belilah paket internet yang sesuai. Jika kamu menggunakan kartu SIM dengan operator yang sinyalnya gampang hilang saat hujan, membeli paket internet unlimited adalah sesuatu yang merugikan. Sudah sinyal mudah hilang, koneksi lambat pula karena FUP.

#7 Operator atau ISP Mungkin Sedang Dalam Perbaikan Sinyal

Jika biasanya sinyal normal dan lancar-lancar saja, namun tiba-tiba hilang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, kemungkinan besar operator atau ISP sedang melakukan perbaikan pada sinyalnya.

Tak ada solusi lain selain menunggu sinyal kembali muncul. Namun jika sinyal memang sering hilang, akan lebih baik menggunakan kartu SIM dengan operator yang berbeda, atau layanan internet dari ISP yang berbeda, yang jauh lebih baik.

Operator atau ISP yang menyajikan layanan dengan harga mahal, sangatlah sebanding dengan kualitasnya yang sangat baik. Janganlah terlalu pelit untuk membeli paket internet yang lebih mahal dari operator/ISP lain, karena kualitasnya pun juga jauh lebih baik.

#8 Cek Apakah Smartphone yang Digunakan Bermasalah dengan Penangkap Sinyalnya

Sejumlah smartphone yang memiliki kecacatan pada hardware penangkap sinyalnya, sering kali tak disadari keberadaannya oleh para penggunanya. Orang biasanya langsung menyalahkan ISP atau operator, namun tak mengecek kredibilitas merek smartphone yang dibelinya.

Biasanya, smartphone yang rentan bermasalah pada hardware-nya, disebabkan oleh penggunanya sendiri. Khususnya pada hardware penangkap sinyalnya, yang error karena smartphone telah di-update atau diganti ROM-nya.

Xiaomi Redmi 2 dan Redmi 2 Prime dinilai memiliki kelemahan pada penangkap sinyalnya, ketika smartphone telah di-update atau diganti ROM. Akan lebih baik membeli smartphone baru yang tak rentan rusak ketika dioprek, misalnya Xiaomi keluaran terbaru atau smartphone lain.

Apabila kehilangan sinyal terjadi baru-baru ini, ingatlah kembali apa yang terjadi dengan smartphone yang digunakan. Sejumlah smartphone rentan rusak, khususnya pada penangkap sinyalnya, hanya karena pernah terjatuh atau terkena air.


Itulah cara mengatasi sinyal yang lemah atau tiba-tiba hilang di HP Android/iPhone. Apabila layanan internet dirasa sangat berkualitas, tak perlu ada rasa khawatir lagi akan kehilangan sinyal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.