Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 22 April 2017

Share:

Cara Membuat Hotspot Wi-Fi dari Laptop, Langsung tanpa Aplikasi

cara membuat hotspot dari laptop

Zaman kini berubah. Internet kini juga bukan hanya sekedar keinginan semata, dan berubah menjadi kebutuhan primer para manusia di abad 21 ini. Manusia-manusia produktif dan kreatif memanfaatkan internet untuk meningkatkan ladang uang mereka.

Internet bukan hanya memudahkan. Internet lebih dari sekedar keinginan kecil untuk streaming YouTube dan buka media sosial. Internet itu lebih luas penggunaannya bagi seorang produktif dan kreatif.

Wi-Fi pun muncul. Seluruh sudut-sudut kota hampir memiliki hotspot public mereka sendiri. Manusia-manusia rumahan juga dapat menikmati Wi-Fi dengan berlangganan Wi-Fi rumahan, dengan sepuasnya. Sebagian orang lainnya menggunakan ISP biasa yang menyajikan pilihan paket kuota yang semakin mahal.

Bagi seorang produktif dan kreatif, yang tak punya cukup uang untuk berlangganan Wi-Fi rumahan, namun ingin mendapat koneksi internet yang sama di semua perangkatnya, di semua PC/laptop sekaligus smartphone-nya, maka mau tak mau ia harus membagi koneksi dari modem di laptopnya ke semua perangkat.

Dengan kata lain, ia membuat hotspot Wi-Fi-nya sendiri. Bukan dari smarpthone, tapi dari laptopnya. Karena satu-satunya koneksi internet yang bisa ia dapatkan hanyalah modem unlimited dengan FUP yang sangat kecil.

Tapi bagaimana cara membuat hotspot Wi-Fi sendiri di laptop?

#1 Membuat Hotspot Wi-Fi di Laptop, Tanpa Aplikasi

Sobat dapat membuat hotspot Wi-Fi sendiri secara langsung tanpa aplikasi. Windows 10 punya caranya sendiri.

Jika sobat sudah menggunakan Windows 10 Creator Update, sobat dapat membuat hotspot Wi-Fi secara langsung dari Taskbar.

Klik panel Wi-Fi di sana, dan nyalakan Mobile Hotspot.

mobile hotspot di windows 10

Tunggu beberapa saat. Maka hotspot Wi-Fi akan langsung dibuat.

hotspot wi-fi windows 10

Sobat juga dapat melakukan hal yang sama dalam aplikasi Settings. Buka Settings > Network & Internet > Mobile Hotspot.

cara buat wi-fi sendiri

Untuk menyalakan hotspot Wi-Fi, klik menjadi On pada “Share my Internet connection with other devices”.

Pilih sumber koneksi internet yang ingin di-share atau dijadikan hotspot Wi-Fi, pada “Share my internet connection from”.

Untuk mengganti nama dan password Wi-Fi, klik Edit.

Maka, smartphone, tablet, dan perangkat lain dapat menerima jaringan Wi-Fi yang telah dibuat hotspot-nya dari laptop, tanpa aplikasi.

#2 Membuat Hotspot Wi-Fi di Laptop, dengan Aplikasi

Jika sobat adalah pengguna Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1, dan tak bisa membuat hotspot secara langsung tanpa aplikasi, sobat dapat menggunakan mHotspot.

mHotspot sendiri dapat membuat hotspot Wi-Fi dari berbagai sumber jaringan. Mulai dari modem, ADSL, LAN, Ethernet, 3G/4G, Data-cards, dan Wi-Fi.

cara menjadikan laptop sebagai hotspot Wi-Fi

Hotspot yang dibuat oleh mHotspot dapat kita ubah nama dan password Wi-Fi-nya. Sama seperti hotspot dari router Wi-Fi pada umumnya. Kita tinggal diminta memilih sumber jaringan, lalu set nama dan password, lalu tinggal Start Hotspot untuk mulai membuat hotspot di PC/laptop.

Yang paling bagus dari aplikasi ini yakni gratis. Sobat tak perlu membayar hanya untuk menjadikan laptop sebagai hotspot Wi-Fi. Tak perlu...

Untuk men-download mHotspot, klik di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.