Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video

Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video

Perkembangan teknologi telah sukses mendorong penemuan-penemuan canggih salah satunya yaitu kamera.

Hampir setiap ponsel sudah dibekali dengan piranti satu ini. Dan semakin kesini kemampuan kamera di setiap ponsel juga makin terasa advance.

Salah satunya adalah iPhone, pabrikan berlogo apel berikut dikenal memiliki kualitas perangkat yang bagus. Begitu juga dengan kameranya, hasil tangkapan iPhone dinilai jauh lebih detail dan natural.

Keseimbangan intensitas cahaya pada kamera membuat hasil jepretan kamera iPhone terlihat lebih pas. Untuk semakin memaksimalkan kualitas foto maupun video di kamera iPhone kita punya satu tips nih.

Belum banyak yang tahu kalau pengguna iPhone dapat mensetting konfigurasi kamera untuk hasil lebih optimal. Dan berikut pembahasan dari Tim Kompiwin seputar cara setting kamera iPhone untuk foto dan video.

Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video

Bukankah pengaturan kamera ponsel sudah serba otomatis? Mengapa perlu kita setting manual seperti kamera analog untuk mendapatkan konfigurasi yang pas?

Faktanya, iPhone masih memberikan akses menu bagi para pemilik mengatur ubahan yang pas berdasarkan permintaan penggunaannya. Contoh mengatur resolusi, mengatur fps, mengubah efek, dan lainnya.

Cara setting kamera iPhone untuk foto dan video sudah kita jelaskan semua dibawah ini, silahkan ikuti untuk hasil tangkapan yang jauh lebih profesional.

1. Aktifkan Fitur Grid

Fungsi dari fitur ini adalah memberikan efek garis garis pada tampilan kameranya. Lain dan tidak bukan, kegunaannya yaitu memudahkan kalian untuk menangkap objek secara presisi baik horizontal maupun vertikal. 

Fitur ini cocok kalau digunakan untuk memotret objek dari dekat, membuat komposisinya jauh lebih pas. .

  1. Masuk ke dalam menu Settings.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 22
  2. Scroll ke bawah dan klik pada menu Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 23
  3. Silahkan kamu aktifkan tombol Grid.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 24
  4. Maka gird akan muncul di tampilan kamera kamu.

2. Aktifkan Scan QR Code

Satu fitur andalan dari iPhone adalah dapat menscan barcode cukup lewat aplikasi kamera saja. Sehingga tidak perlu lagi kita unduh aplikasi ketiga semacam scanner, cukup kamu aktifkan saja fitur scan QR Code pada kamera maka secara otomatis link akan terbaca.

  1. Masuk ke dalam Settings.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 22
  2. Scroll kebawah dan pencet menu Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 23
  3. Silahkan aktifkan menu Scan QR Code.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 27
  4. Langsung saja coba buka kamera dan arahkan diatas QR Code.

3. Atur Record Video

Pengaturan bawaan iPhone khususnya pada menu video record sudah tersetting otomatis di resolusi 1080p HD 30 fps.

Jika kalian ingin menginginkan hasil tangkapan video lebih smooth misalnya dipakai untuk kebutuhan video cinematic, shot detail-detail kecil, atur saja menjadi 60 fps.

Sekedar tips, makin besar fpsnya kalau kita turunkan kecepatan video alias slow motion, maka hasilnya tidak akan patah-patah.

Tetapi konsekuensinya adalah resolus menjadi turun, biasanya ada di 720p bahkan kalau kemampuan kameranya pas-pasan bisa drop di 480p.

Dan fungsi lain, mengubah record video berikut bertujuan juga menghemat ruang memori. Semakin tinggi fps dan resolusinya, maka semakin besar juga memori yang diperlukan.

  1. Buka menu Settings.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 22
  2. Scroll ke bawah lalu tap Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 23
  3. Disini kita pencet bagian Record Video.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 30
  4. Silahkan pilih salah satu resolusi serta fps yang diinginkan saat merekam.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 31

4. Format Camera

Cara setting kamera iPhone untuk foto dan video berikutnya, kita bisa atur bagian format camera. Tersedia dua jenis pilihan menu di sana, untuk High Efficiency alat ini akan mereduce ukuran fotonya, jadi jauh lebih hemat memory.

Begitu sebaliknya, fitur Most Compatible berfungsi memberikan hasil tangkapan asli dengan kualitas maksimal. Seperti kepadatan warna, ketajaman pixel, dan lainnya.

  1. Masuk ke Settings iPhone.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 22
  2. Lalu scroll paling bawah dan tap Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 23
  3. Pilih bagian Format Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 34
  4. Atur menjadi Most Compatible untuk menghasilkan foto maupun video yang lebih berkualitas.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 35

5. Aktifkan HDR

Penjelasan fitur HDR ini adalah untuk memberikan efek warna jauh lebih tajam. Biasanya HRD akan bekerja keras pada kondisi objek yang kurang terang. Sehingga sistem akan membantu manipulasi filter berupa efek warna sehingga lebih tajam.

Jadi buat yang suka hasil foto jauh lebih berwarna silahkan aktifkan saja HRD, namun kalau yang suka tangkapan natural dan ingin meng-grading secara manual cocok tanpa HDR.

  1. Buka menu Settings iPhone.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 22
  2. Selanjutnya scroll kebawah.
  3. Pencet tombol Camera untuk membuka pengaturan.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 23
  4. Lihat pada bagian bawah, aktifkan atau nonaktifkan fitur HRD.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 38

6. Atur Filter Camera iPhone

Buat yang belum tahu bahwa iPhone sendiri sudah menyediakan beberapa menu filter saat kita membuka Camera.

Cocok buat para pengguna yang suka dengan kepraktisan, maka tinggal kamu aktifkan satu dari beberapa fitur tersebut dan lihat hasil tangkapannya.

Namun preset filter ini cenderung kurang menarik, akan jauh lebih bagus ketika kamu menggrading secara terpisah lewat aplikasi seperti Lightroom.

  1. Silahkan buka Camera.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 39
  2. Kalau sudah terbuka, lakukan gesture swipe ke atas pada bagian layar kameranya.
  3. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu, dan pencet icon bola-bola tiga seperti yang kita tandai berikut ini.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 40
  4. Preset filter akan muncul semua di sana, tinggal geser ke kanan untuk memilih.Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 41
  5. Dan terakhir tinggal foto objeknya. Maka hasil tersebut sudah menggunakan filter.

7. Matikan Live Photo

Cara Setting Kamera iPhone untuk Foto dan Video 42

Dengan mengaktifkan Live Photo ini, kapasitas image photo yang ditangkap sangat besar. Hal tersebut dikarenakan kamera terus standby dan mengambil video juga sebelum kita menangkap sebuah foto. Sehingga filenya jauh berkali lipat.


8. Pengaturan Flash

Flash ini sudah cukup umum ada di semua kamera ponsel. Fungsinya adalah untuk membantu penerangan saat merekam maupun menangkap foto, supaya hasilnya lebih jelas. Kamu bisa aktifkan tergantung situasi dan kondisi.


9. Kunci Fokus

Teknik kunci fokus ini sering dipakai saat mereka sedang merekam objek cinematic secara mikro. Tujuannya adalah agar fokus kamera tidak lari dan tetap menangkap pada bagian objek utama tersebut.

Tekan tombol gembok saat kalian menyentuh fokusnya, dan secara langsung fokus tersebut akan terkunci.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan tentang cara setting kamera iPhone untuk foto dan video. Lakukan langkah-langkah diatas untuk membuat hasil foto maupun video kamu menjadi lebih profesional. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang