Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 22 April 2017

Share:

Cara Mengatasi “No Internet Access” pada Hotspot Wi-Fi di Laptop

cara mengatasi no internet access

Sekarang kita bisa dengan mudahnya membuat hotspot Wi-Fi sendiri. Kebutuhan jaringan dan akses internet di mana-mana membuat kita memerlukan pulsa untuk membeli paket kuota internet, agar terus bisa melakukan browsing atau sekedar chatting.

Namun mengakses internet dengan sumber data seluler sendiri di smartphone, memiliki banyak batasan dan kelemahan yang membuat kita kesulitan untuk men-share koneksi internet untuk perangkat/device lain seperti komputer.

Jika sobat menggunakan smartphone Android, Windows 10 Mobile, atau iPhone, sobat dapat membuat hotspot Wi-Fi sendiri dengan mudah. Di laptop dengan modem biasa, sobat juga dapat membuat hotspot dan men-share koneksi internet ke smartphone atau perangkat lainnya.

Namun, masalah kadang terjadi. Sewaktu-waktu, sobat mungkin melihat pesan error “No Internet Access” di Windows ketika menggunakan hotspot Wi-Fi dari smartphone. Atau sebaliknya, hotspot Wi-Fi dari laptop tak berfungsi di smartphone.

Lalu bagaimana cara mengatasi ini?

#1 Cek Paket/Kuota Internet, Masih Ada atau Sudah Habis?

paket internet kuota habis no internet access

Pesan “No Internet Access” biasanya disebabkan karena kuota internet telah habis, atau mungkin sobat belum membeli kuota. Jika ternyata begitu, maka belilah kuota atau paket internet dulu, baru nyalakan lagi hotspot Wi-Fi di smartphone atau Wi-Fi router sobat.

#2 Sinyal Data atau Router Mungkin Hilang

Mengakses internet tentu membutuhkan sinyal dari ISP yang sobat gunakan. Jika pesan error “No Internet Access” masih muncul, mungkin sinyal dari ISP sobat yang bermasalah. Atau, carilah lokasi lain yang didukung ISP agar dapat mengakses internet.

Solusi alternatifnya adalah dengan me-restart Wi-Fi router sobat, atau restart smartphone dan mulai ulang hotspot-nya.

#3 Mengatasi Pesan “No Internet Access” di Windows

Jika sobat punya laptop dengan sistem operasi Windows di dalamnya, mengatasi masalah hotspot ini sangatlah mudah dilakukan.

Buka Control Panel dan masuk ke Network & Sharing Center. Caranya, klik-kanan icon Wi-Fi di Taskbar, dan pilih “Open Network & Sharing Center”.

no internet access

Pilih “Change Adapter Settings”.

control panel

Lalu pilih jaringan Wi-Fi yang diterima dari smartphone, dan pilih “Properties”.

wi-fi dari smartphone

Di situ muncul settings untuk mengatur bagaimana Wi-Fi yang diterima di laptop bekerja.

Klik ganda “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)”.

tidak bisa internet

Lalu beri centang pada “Obtain an IP address automatically”. Beri centang juga untuk “Obtain DNS server automatically”. Lalu pilih OK, dan pilih OK lagi.

internet wi-fi hotspot

Terakhir, klik-kanan pada jaringan Wi-Fi tersebut, dan pilih Disable. Tunggu beberapa saat. Setelah itu, klik-kanan lagi dan pilih Enable.

Maka, hotspot Wi-Fi yang dibuat dari smartphone pun dapat digunakan kembali.

hotspot wi-fi

Jika pesan “No Internet Access” masih muncul, mungkin masalahnya terdapat pada Wi-Fi router/modem atau smartphone di mana hotspot dibuat. Ganti nama dan password hotspot, lalu nyalakan lagi hotspot-nya.

Itulah cara mengatasi pesan “No Internet Access” di laptop, dari hotspot Wi-Fi smartphone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.