Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 15 Juli 2017

Share:

8 Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Android tanpa Root

cara menghilangkan iklan di browser android

Android sebagai sistem operasi smartphone yang paling populer, tak pernah lepas dari kekurangannya yang open-source.

Android yang open-source sering kali disalahgunakan oleh distributor smartphone atau handphone nakal untuk disusupi iklan yang muncul secara terus menerus.

Biasanya, smartphone Android pabrikan Cina yang sering dengan mudah disusupi iklan. Tapi, itu pun tak semuanya begitu. Kemungkinan distributor nakal yang sengaja memasukkan aplikasi iklan ke dalam ROM hasil modifikasinya.

Advan, Xiaomi, dan sejenisnya misalnya. Kalau pun bukan karena distributor nakal yang sengaja menyusupi iklan, mungkin kamu sendiri yang salah meng-install aplikasi Android di luar Google Play.

Iklan tersebut sangatlah mengganggu. Terlebih jika smartphone Android yang digunakan terhubung ke internet. Internet terhubung, maka mulailah banyak iklan bermunculan kapan pun dan di mana pun. Bentuk iklan biasanya adalah pop-up, yang muncul secara tiba-tiba, dengan sendirinya.

Ketika di Home screen, iklan muncul. Ketika menggunakan WhatsApp, iklan muncul. Ketika menggunakan LINE, BBM, atau Messenger, iklan juga tetap muncul. Apa pun aplikasi atau games yang sedang dibuka, iklan yang mengganggu masih terus muncul.

Untuk itu, kamu perlu menghapus iklan tersebut.

#1 Hapus Aplikasi Adware yang Diam-Diam Menampilkan Iklan

Iklan pop-up yang muncul tiba-tiba biasanya diciptakan oleh aplikasi yang secara diam-diam ter-install di smartphone Android. Entah distributor nakal, atau kamu yang salah download dan install aplikasi.

Misalnya, kamu telah men-download aplikasi Android dalam bentuk APK dari situs selain Google Play. Terlebih jika ternyata aplikasi Android tersebut adalah aplikasi bajakan yang sudah dimodifikasi dengan tambahan malware, adware, dan virus.

Kalau sudah begini, kamu perlu mencari sendiri aplikasi yang namanya mencurigakan di smartphone Android kamu. Lalu uninstall hingga tak ada lagi iklan yang muncul.

Buka Settings.

Masuk ke Installed Apps.

Cari aplikasi yang mencurigakan. Misalnya UC Browser, yang mungkin menampilkan iklan.

uc browser iklan android sering muncul

Lalu Uninstall atau hapus aplikasi tersebut.

#2 Cara Blokir Iklan yang Muncul di Xiaomi

HP Xiaomi kamu terkena iklan?

Kamu bisa mematikan iklan tersebut dengan mematikan salah satu fitur yang dianggap penyebab iklan muncul, yakni msa.

Buka Settings > Additional Settings.

matikan iklan yang mengganggu di android

Masuk ke Privacy. Pilih Apps with usage access.

settings android agar iklan tidak muncul

Cari msa, dan matikan fitur tersebut menjadi Off.

mengatasi iklan di android

#3 Scan Smartphone Android dengan Zemana agar Iklan Hilang Total

Kalau ternyata adware sulit dilacak, kamu perlu menggunakan Zemana Antivirus & Security.

Zemana Antivirus & Security mungkin mampu melacak dan mendeteksi aplikasi yang mengandung iklan berbahaya di dalamnya. Aplikasi yang di-scan tentu bukanlah aplikasi biasa, melainkan yang menyebarkan iklan di mana pun dan kapan pun dengan tiba-tiba.

Download Zemana Antivirus & Security

menghapus iklan

Lakukan full scan, dan hapus apa pun yang bermasalah. Pilih Full Scan, dan tunggu hingga selesai. Lalu hapus file-file yang terkena virus.

#4 Hapus Files Sampah dengan CCleaner

Mungkin adware atau iklan masih menempel di file-file sampah dalam smartphone Android kamu. Maka, kamu perlu menghapus files sampah tersebut dengan CCleaner.

Download CCleaner di Google Play

Setelah meng-install CCleaner, buka aplikasinya.

Cek dengan menekan Analyze. Tunggu prosesnya sebentar. Ketika selesai, pilih Cache, dan pilih Clean.

menghilangkan iklan

Ini akan menghapus cache di Android yang membekas. Jangan pernah sering-sering menghapus cache, karena dari cache itulah, kinerja dan performa Android bisa meningkat lebih cepat.

#5 Reset WiFi Router agar Jaringan Internet Tak Terinfeksi Iklan Berbahaya

Iklan masih tetap muncul tiba-tiba di Android?

Mungkin jalan terakhirnya adalah dengan me-reset router WiFi. Proses reset akan menghapus data router, seperti nama dan password WiFi, sehingga kamu perlu mengatur ulang router WiFi dan memasukkan nama beserta password-nya lagi.

Jadi, kalau kamu tak tahu cara menggunakan atau mengatur ulang WiFi router sendiri, lebih baik jangan me-reset-nya.

Setelah me-reset, iklan kemungkinan tak akan lagi muncul.

#6 Mematikan Koneksi Internet, atau Nyalakan Airplane Mode

airplane mode mematikan iklan

Iklan akan muncul dengan sendirinya kalau smartphone Android terhubung ke internet. Iklan semacam ini kerap ditemukan di dalam games atau aplikasi yang gratis.

Untuk waktu sementara, kamu bisa mematikan iklan di dalam aplikasi atau games dengan mematikan koneksi internet. Agar lebih mudah, kamu bisa menyalakan Airplane Mode saja.

Setelah nanti selesai bermain game, nyalakan kembali koneksi internet atau matikan Airplane mode.

#7 Tak Mau Matikan Koneksi Internet? Gunakan Aplikasi Firewall di Android

memblokir internet untuk aplikasi tertentu agar iklan tidak muncul

Firewall dikenal sebagai fitur pada komputer yang mampu mengendalikan traffic atau lalu lintas internet. Firewall juga memiliki fitur yang mampu memblokir koneksi internet untuk aplikasi atau game tertentu.

Ketika aplikasi atau game tersebut diblokir dari jaringan internet, smartphone Android kamu tetap terhubung ke internet untuk chatting atau browsing. Karena firewall hanya memblokir aplikasi atau game tertentu saja.

Salah satu aplikasi firewall terbaik di Android adalah NoRoot Firewall. Sesuai namanya, aplikasi firewall ini dapat digunakan tanpa root smartphone Android.

Download NoRoot Firewall

#8 Menghilangkan Iklan di Browser Android

cara menghilangkan iklan di browser android

Jenis iklan yang satu ini berbeda. Ia tampil ketika browsing di smartphone Android. Kalau kamu merasa terganggu dengan iklan tersebut, matikan saja dengan add-on ad blocker di Firefox.

Untuk Chrome dan Opera, kamu bisa mematikan iklan pop-up. Kamu juga bisa menghapus iklan secara total ketika browsing dengan UC Browser dan Opera Mini. Masuk saja ke Settings masing-masing aplikasi browser.


Mengatasi iklan yang muncul tiba-tiba di Android akan sangatlah sulit kalau ternyata smartphone Android harus dalam kondisi di-root untuk memblokir sejumlah aplikasi bawaan yang terinfeksi adware/iklan.

Namun dengan cara di atas, iklan dapat dihilangkan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.