Masih Hangat
memuat ...

Jumat, 14 Juli 2017

Share:

Cara Menghilangkan Iklan di Semua Browser Android (dengan Ad Blocker)

menghilangkan iklan

Android sudah menjadi sistem operasi smartphone yang paling populer. Jutaan aplikasi dan games tersedia di Google Play. Ponsel atau HP yang dulu dinilai hanya berguna untuk telepon dan SMS, kini bisa melakukan lebih dari itu.

Salah satu yang meningkat adalah ketika browsing. HTML5 kini didukung berbagai browser di smartphone Android. Penggunaan javascript semakin pintar dan maju, sehingga aplikasi berbasis web dapat berjalan dengan lebih lancar.

Iklan pun merupakan salah satu kemajuannya. Sayangnya, tak semua orang suka dengan iklan. Padahal, pengelola website menggantungkan penghasilan setiap harinya dari iklan, khususnya Adsense.

Mungkin, iklan saat browsing muncul di mana-mana. Sangat mengganggu, dan menguras kuota internet berlebih. Tapi, dari iklan itulah, website atau blog penyedia informasi mampu bertahan.

Bagi manusia-manusia gaptek, yang sering salah klik dan malah klik iklan, atau yang sering merasa terganggu dengan iklan yang memang sengaja mengganggu, tak ada solusi lain selain menghilangkan dan menghapus iklan tersebut.

Sebagai browser besar di Android, Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Opera, dan Opera Mini, punya cara sendiri untuk mengatasi iklan yang mengganggu ketika browsing.

#1 Cara Menghilangkan Iklan Pop-Up di Google Chrome

Google Chrome adalah web browser terbaik Android. Kelebihan web browser ini tak lagi bisa diragukan. Sekarang, Chrome justru bekerja lebih cepat, dan tak terlalu menguras memori atau RAM. Kamu bisa mematikan iklan yang mengganggu di Google Chrome dengan mudah.

Sayangnya, jenis iklan yang dapat diblokir oleh Google Chrome adalah jenis iklan pop-up. Iklan inilah yang merupakan iklan paling mengganggu. Ia muncul dalam tab baru ketika kita tak sengaja mengklik link.

Untuk memblokir iklan pop-up di Google Chrome, ikuti cara ini.

Buka Google Chrome.

Masuk ke menu overflow, dan pilih Settings.

cara memblokir iklan android\

Pilih Site settings. Lalu pilih Pop-ups.

blokir iklan yang mengganggu saat browsing

Matikan opsi Pop-ups dengan menekan tombol biru agar berubah menjadi abu-abu, hingga bertuliskan Block sites from showing pop-up.

menghilangkan iklan di browser

Seketika itu, maka kamu tak lagi mendapati iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di tab baru begitu saja.

Selain dengan memblokir iklan pop-up, kamu juga bisa mengaktifkan Data saver yakni fitur penghemat kuota dari Google Chrome. Fitur ini setidaknya mengurangi iklan-iklan yang membutuhkan kuota besar untuk tampil.

data saver android chrome

Untuk mengaktifkan Data saver, masuk ke Settings. Pilih Data saver. Lalu nyalakan hingga tombolnya berubah menjadi biru. Biru berarti aktif.

#2 Cara Ampuh Menghapus Iklan secara Total di Firefox Android

Mozilla Firefox di Android punya kelebihan sendiri. Ia juga membawa fitur add-ons yang biasanya hanya tersedia di PC, laptop, atau komputer saja. Beruntungnya, Firefox juga menyajikan beragam ad-blocker (anti-iklan) yang tersedia dalam bentuk add-ons di Android.

Buka Firefox di Android.

Masuk ke menu overflow, dan pilih Tools.

iklan mengganggu waktu browsing

Pilih Add-ons.

browser android

Pilih Browse all Firefox add-ons. Di sinilah kamu bisa meng-install add-on yang mampu memblokir iklan secara total. Pilih Block ads.

add on anti iklan bebas iklan

Kemudian muncullah banyak add-ons yang bisa menghilangkan iklan. Saya rekomendasikan untuk memilih uBlock Origin.

ad blocker

Untuk meng-install uBlock Origin, tekan tombol abu-abunya di sana. Proses download ditandai dengan warna hijau memenuhi tombol abu-abu tersebut. Tunggu hingga selesai.

firefox add on blokir iklan

Setelah selesai, cobalah untuk membuka suatu website atau blog. Kamu tak akan lagi melihat iklan apa pun yang mengganggu. Secara total. Bahkan termasuk Google Ads.

menghilangkan iklan

Tapi, demi menghargai para blogger dan pengelola website yang sudah bersusah payah menulis informasi yang dicari pengunjung, termasuk artikel yang sedang kamu baca ini, lebih baik tak perlu gunakan ad-blocker. :’)

#3 Cara Hapus dan Blokir Iklan secara Total di UC Browser Android

Android punya browser UC Browser. UC Browser dikenal sebagai web browser yang cepat dan ringan. Ia juga menyajikan berita-berita dalam bentuk pemberitahuan atau notifikasi di Android, yang kadang dianggap mengganggu.

Kamu bisa menghapus iklan di UC Browser Android dengan cara yang sangat mudah.

Buka UC Browser.

Masuk ke menu overflow, yang letaknya di bawah layar. Pilih Ad block.

uc browser bebas iklan

Aktifkan fitur ad blocker dengan menekan tombol abu-abunya menjadi biru.

anti iklan browser

Seketika itu, kamu tak akan lagi melihat iklan-iklan apa pun yang mengganggu. Ya, meski iklan tersebut tak mengganggu, dan merupakan sumber penghasilan pengelola website, termasuk blog ini. :’(

#4 Cara Blokir dan Hilangkan Iklan yang Mengganggu di Opera Android

Opera juga merupakan salah satu web browser terbaik di Android. Ia dikenal dengan engine web-nya yang sudah berubah dan menggunakan engine yang sama yang juga digunakan Google Chrome. Makanya, Opera agak mirip dengan Chrome.

Kamu bisa memblokir dan menghapus iklan yang mengganggu di Opera.

Buka Opera.

Masuk ke menu overflow yang letaknya di bawah layar, dan pilih tombol roda gigi yang mengarah menuju Settings.

menghapus iklan browsing

Lalu aktifkan Block pop-ups dengan menekan tombol menjadi warna merah.

block iklan yang mengganggu ketika browsing

Maka, seketika itu, kamu tak akan lagi melihat iklan pop-up di Opera pada smartphone Android.

#5 Cara Hilangkan Iklan yang Mengganggu di Opera Mini

Opera Mini di Android adalah versi mini atau ringan dari Opera. Layaknya UC Browser, browser yang satu ini juga punya cara sendiri untuk menghapus iklan apa pun, secara total.

Buka Opera Mini di Android.

Masuk ke menu overflow yang letaknya di bawah layar.

blokir iklan android

Pada Ad blocking, aktifkan dengan menekannya dari status Disabled menjadi Ads blocked.

iklan browsing

Seketika itu, kamu tak lagi melihat iklan apa pun yang muncul waktu browsing dengan Opera Mini di Android.

#6 Solusi Lain: Menggunakan Ad Block Browser

Ad Block Browser adalah browser yang sudah dikhususkan untuk tidak menampilkan iklan yang mengganggu apa pun. Istilah lainnya adalah, browser bebas iklan atau anti-iklan.

menghilangkan iklan

Download Ad Block Browser di Google Play

Ketika kamu menggunakan browser tersebut, kamu tak akan lagi melihat iklan apa pun, saat browsing. Kenyamanan pengguna memang lebih penting. Mungkin karena itulah browser ini diciptakan.


Meski kamu bisa menghilangkan iklan ketika browsing di Android, setidaknya kamu perlu menghargai jasa-jasa dan usaha para blogger dan pengelola website yang sudah susah payah menyajikan informasi akurat, termasuk blog ini.

Jadi, blokir iklan pop-up saja ya. Jangan semuanya. :’)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.