Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android

Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android

Fasilitas auto correct hampir tersedia di setiap jenis keyboard android. Hanya saja, penggunaan fitur ini terkadang tidak semua berjalan efektif, sampai membuat proses texting kita merasa terganggu.

Untungnya pengguna dapat mematikan dan mengaktifkan kembali bila membutuhkan fungsi auto-correct pada keyboard mereka. Untuk itu disini kita coba akan jelaskan bagaimana cara mematikan auto-correct di keyboard android milikmu, bila kalian tidak sedang ingin menggunakannya lagi.

Pada dasarnya fitur auto correct ini akan selalu aktif karena menjadi settingan default dari perangkat android tersebut. Nah, langsung saja ikuti pembahasan konten artikel ini bagi yang kurang menyukai fasilitas auto correct di ponselnya.

Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android

Auto Correct merupakan bagian fitur yang terdapat di dalam sebuah keyboard ponsel pintar. Fungsi dari fitur ini adalah memunculkan kata atau kalimat yang sesuai dengan kamus EYD.

Itulah mengapa sering kali kita melihat koreksi teks muncul dengan pilihan kata yang cenderung baku.

Pada kondisi tertentu kita dapat menggunakannya ketika mengetik dan mengirim pesan kepada orang yang harus kita hargai. Seperti orang tua, keluarga, atasan atau dengan orang yang lebih tua dari kita.

Hanya saja, auto correct kurang begitu efektif saat kita berbalas pesan dengan teman seumuran kita. Rasanya terlalu sulit mengeluarkan kata-kata umum, apalagi merasa kurang nyaman kalau berbicara baku kepada teman sebaya kita.

Oleh sebab itu silahkan kalian ikuti cara mematikan auto-correct di keyboard Android milik kamu, saat sedang tidak dibutuhkan.

Selain kata-katanya baku,kata yang terseleksi oleh auto correct selalu muncul dengan awalan kapital…terlihat aneh bila suatu kalimat terdapat huruf kapital di bagian kata tengahnya.

Cara 1 : Mematikan Auto Correct Keyboard Default

Fitur auto correct akan secara otomatis aktif karena bagian dari pengaturan default ponsel Android. Jadi hampir semua ponsel Android baru selalu muncul fungsi koreksi otomatis ini saat ketika membuka sebuah panel keyboard.

Untuk mematikannya, kita masuk ke dalam pengaturan keyboard bawaan ponsel tersebut. Disana tersedia lengkap pilihan konfigurasi seputar panel keyboardmu, termasuk akses mematikan auto correct. Berikut penjelasannya.

  1. Buka menu Pengaturan ponsel.
  2. Cari menu Manajemen Umum, kemudian buka.1 Pilih Manajemen Umum - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  3. Setelah itu pilih bagian Bahasa dan Input.2 Pilih Bahasa Dan Input - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  4. Nanti akan muncul bagian sub pengaturan Keyboard, silahkan kamu sentuh bagian Keyboard pada layar.3 Keyboard Pada Layar - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  5. Pencet Keyboard bawaan ponsel kalian.4 Keyboard Samsung - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  6. Nanti akan keluar beberapa pilihan menu, pilih saja bagian Ketik Cerdas.5 Pencet Ketik Cerdas - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  7. Langsung saja matikan bagian Teks Prediktif.6 Matikan Teks Prediktif - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  8. Matikan juga opsional seperti sarankan Stiker Saat Mengetik.
  9. Maka fitur auto correct akan hilang pada panel keyboardmu.

Catatan :

Navigasi diatas kita contohkan lewat perangkat Android dengan merk Samsung, bagi pengguna merk lain silahkan sesuaikan menu pilihan masing-masing.

Cara 2 : Mematikan Auto Correct Di Google Keyboard

Selanjutnya ada juga pengguna yang suka memasang aplikasi keyboard Android seperti Gboard – Keyboard Google.

Disini tersedia banyak sekali menu pengaturan, dari mulai mengubah tampilan panel keyboard, mengubah bahasa keyboard, hingga mengalih fungsikan tombol Keyboard dengan akses shortcut lain.

Disana kalian juga akan menemukan fasilitas koreksi kata otomatis, apabila ingin mematikan fungsi tersebut dibawah kita sudah sediakan langkah-langkahnya.

  1. Pertama kalian buka aplikasi Gboard – Keyboard Google yang sudah diinstall.
    Gboard - the Google Keyboard
    Gboard - the Google Keyboard
    Developer: Google LLC
    Price: Free

    7 Buka Google Keyboard - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  2. Tampilan langsung akan menunjukkan menu settingan keyboard, dan pilih saja bagian Koreksi Teks.8 Pencet Koreksi Teks - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  3. Disini kamu matikan tombol toggle pada menu Koreksi Otomatis.9 Matikan Koreksi Otomatis - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  4. Matikan juga mode Tampilan Strip Saran.10 Matikkan Semuanya - Cara Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android
  5. Matikan Saran kata Berikutnya.
  6. Matikan Blokir Kata Tak Pantas.
  7. Atau kamu bisa memilih menu konfigurasi lagi yang ada di bawahnya.
  8. Selesai, fitur koreksi kata tidak akan muncul lagi di panel Google Keyboardmu.

Baca Juga :

Ingin mengubah bahasa di keyboard Android ? Silahkan ikuti langkah-langkah cara ubah bahasa dan huruf di keyboard Android.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah pembahasan cara mematikan auto-correct di Keyboard Android. Pada dasarnya untuk mematikan pada keyboard default ini mudah, masuk saja ke Pengaturan, lalu cari dan pilih Bahasa dan Masukkan. Lalu tentukan settingan keyboard disana dan ikuti seperti apa yang sudah kita jelaskan diatas. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang