6 Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Baterai menjadi salah satu elemen penting yang wajib kita perhatikan di sebuah perangkat ponsel. Komponen berikut termasuk bagian supply daya, maupun penampungan daya ketika ponsel digunakan. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui cara merawat baterai iPhone yang baik dan benar.

Jika terjadi kerusakan, maka akan muncul gejala-gejala tidak beres yang timbul di perangkat kita. Dan disini kita ingin menjelaskan bagaimana tanda-tanda jika baterai iPhone milikmu sudah harus diganti.

Cukup mudah kita ketahui, karena disisi lain iPhone mempunyai menu level monitoring seberapa status kerusakan yang sedang terhitung. Istilah fitur tersebut adalah Battery Health alias disingkat BH.

Tidak sedikit juga yang menggunakan Battery Health berikut sebagai patokan untuk menentukan seberapa bagus kondisi iPhone bekas yang hendak mereka beli.

Dan di bawah sudah kita jelaskan seperti apa ciri-ciri baterai iPhone mulai rusak dan harus diganti. Selengkapnya simak penjelasan berikut.

Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Baterai termasuk komponen yang sangat krusial di sebuah perangkat elektronik. Baik buruknya kondisi baterai bisa dilihat dari segi kualitas, pemakaian, dan kebiasaan buruk yang terus diulangi pengguna seperti mengisi baterai iPhone yang benar.

Tim Kompiwin sudah merangkum seperti apa ciri-ciri baterai iPhone mulai rusak dan harus diganti. Perhatikan kondisi ini apalagi bagi calon pembeli iPhone second…sebab pada kondisi tertentu Battery Health sudah bukan menjadi jaminan perangkat tersebut aman dari kerusakan.

1. Lebih Sering Charger

Tanda-tanda pertama dari kondisi baterai iPhone yang sudah harus diganti adalah perangkat sering meminta di charger.

Gejala ini didukung ketika dalam kondisi pemakaian normal semula hanya charger sebanyak 2 kali sehari, lalu mendadak naik lebih menjadi 4 sampai 5 kali, sudah bisa dipastikan baterai tersebut mulai rusak.

Walaupun baterai health masih di angka aman, ternyata bukan jaminan kondisi baterai yang sebenarnya masih normal. Bisa saja baterai tersebut mengalami kebocoran, atau sudah pernah diganti namun berkualitas KW.

2. Baterai Mengembung

Baterai Iphone Membengkak - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Poin kedua ini termasuk gejala fatal karena sudah menyangkut bentuk fisik dari baterai tersebut. Jadi kalau baterai kalian mulai mengembung jelas dipastikan kalau cell dalam baterainya sudah rusak.

Ciri-cirinya bisa terlihat pada sisi kiri bodi iPhone, bila baterai mulai mengembung terdapat sela kecil yang kalau kita tekan terasa keras.

Efek yang lebih parah adalah bisa sampai mengangkat layar LCD perangkatmu, karena umumnya model baterai iPhone ini sudah menggunakan model tanam. Supaya tidak merusak komponen lainnya, maka segera kamu ganti dengan yang baru.

3. Cek Peak Performance

Masuk Peak Performance - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Khusus para pengguna iOS 12, kamu bisa cek pada bagian Battery Health, setelah itu lihat pada bagian Peak Performance Capability.

Jika muncul tulisan “This iPhone has experienced an unexpected shutdown because the battery was unable to deliver the….” Ini umumnya baterai kamu harus segera diganti.

Terlepas dari kondisi Battery Health yang masih tinggi, tetapi jika kamu biarkan terus maka efeknya penggunaan baterai akan cepat panas, mengalami penurunan performa alias terasa lebih boros.

Perhatikan Notifikasinya - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Namun anehnya adalah, pada sebagian kasus, notifikasi Peak Performance diatas muncul setelah mereka update iOS, jadi coba cek menu berikut siapa tahu kamu sudah pernah mengalaminya.

4. iPhone Sering Mati atau Restart Mendadak

iPhone Sering Restart Sendiri - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Berikutnya, kalau iPhone kita sering sekali mati maupun restart secara tiba-tiba perlu dicurigai bahwa ini timbul akibat dari kondisi baterai sudah memburuk. Biasanya gejala mati maupun restart mendadak dapat kalian lihat saat berada di bawah status 50%.

Poin satu ini disebabkan oleh arus baterai yang sudah tidak stabil. Sehingga ketika baterai sedang mengalami arus turun menyebabkan iPhone tersebut juga mati karena kekurangan daya.

Walaupun pengguna masih bisa mengaktifkan kembali, namun kalian bakal menemukan gejala serupa sebelum mengganti baterai dengan yang baru.

5. iPhone Cepat Panas

iPhone Terasa Panas - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Sudah menjadi gejala yang umum jika perangkat ponsel sering mengalami panas apalagi kalau suhunya melampaui batas wajar, dapat kalian curigai muncul akibat baterai yang rusak.

Ditambah tanda-tandanya muncul saat penggunaan ringan, kalian dapat curigai juga kalau status persentase baterai mendadak naik turun…sudah bisa dipastikan baterai harus diganti.

6. iPhone Tidak Mau Di Charger

iPhone Tidak Dapat Di Charger - Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak dan Harus Diganti

Kalau kamu coba menghubungkan iPhone ke Charger, tetapi ponsel tidak menerima respon apapun, contohnya status persentase tidak naik, ini umumnya baterai Lithium iPhone kalian sudah rusak.

Tanda-tanda selain tidak mau naik daya, status pada layar iPhone tersebut tidak memunculkan icon charging.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah pembahasan kita mengenai ciri-ciri baterai iPhone mulai rusak dan harus diganti.

Perhatikan beberapa gejala diatas, jangan biarkan kondisi baterai iPhone kalian terus mengalami penurunan dan biasakan juga pemakaian wajar, sehingga status Battery Health iPhone masih terus optimal. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang