Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 04 September 2016

Share:

Cara Copy Tulisan/Gambar dari Web yang Sengaja Mengunci Kontennya

cara copy konten, teks, gambar, dari web yang tak bisa diblok

Di dunia internet ini, banyak pengguna yang membutuhkan informasi setiap harinya. Mulai dari belajar di sekolah, hingga aktivitas bisnis juga membutuhkan adanya internet. Karena kebutuhan besar ini, banyak blogger yang menulis ribuan konten di blognya demi mendapat kunjungan.

Namun, masih saja ada blogger yang pelit. Mereka tak mau konten buatan mereka di-copy begitu saja dan dipublikasikan di blog orang lain. Sayangnya, ketakutan semacam ini membuat ribuan siswa dan pekerja kesulitan mendapatkan informasi. Tapi, dengan cara ini, konten yang mereka kunci bisa di-copy dengan sangat mudah.

Cara Copy Teks/Gambar dari Web secara Paksa

Firefox

Di Firefox, sobat perlu melakukan perubahan pada settings-nya. Ketik di address bar about:config. Sobat akan melihat pesan semacam ini. Klik saja, I’ll be careful, I promise!.

Sobat akan melihat settings javascript.enabled. Klik ganda pada itu.

Value akan berubah menjadi false, yang berarti javascript dimatikan.

Kenapa javascript dimatikan? Karena dengan javascript-lah, konten dari web bisa dikunci. Jika javascript dimatikan, maka fungsi pengunci konten itu juga akan mati, sehingga sobat bisa meng-copy kontennya.

Tentu saja, dengan matinya javascript, website yang dikunjungi tak akan berjalan sempurna. Makanya, matikan javascript saat butuh saja.

Chrome

Untuk Chrome, sobat akan lebih mudah mematikan javascript. Kunjungi saja situs yang tak bisa di-copy teks atau gambarnya. Lalu klik ikon yang berada di sebelah kiri address bar, sobat akan melihat ini.

Pada javascript, pilih Always block on this site. Ini berarti hanya situs ini yang tak bisa menggunakan javascript, sehingga sobat bisa mengambil/meng-copy kontennya.

Internet Explorer

Sayangnya, Microsoft Edge tak terlihat memiliki settings untuk mematikan/menyalakan javascript. Tapi tenang saja, sobat bisa menggunakan Internet Explorer ketika ada situs yang tak bisa diblok atau di-copy isi kontennya.

Di Internet Explorer, klik tombol gir > Internet Option.

Buka tab Security, pilih Costum level.

Cari bagian Scripting, klik Disable pada Active scripting.

Klik OK. Lalu klik Yes jika ada pesan lain.

Restart PC.

Maka sobat sekarang sudah bisa meng-copy konten dari web tersebut.


Nyalakan kembali javascript untuk Firefox. Jika sobat menggunakan Chrome, situs yang sama akan tetap tak bisa menggunakan javascript, kecuali sobat mengaktifkannya kembali. Dan, sobat mungkin tak perlu menggunakan Internet Explorer untuk browsing sehari-hari, gunakan saja setiap kali ada website yang tak bisa di-copy isi kontennya, karena sudah hadir Microsoft Edge yang jauh lebih baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.