Cara Mengatasi Error 0xc0000098

Cara Mengatasi Error 0xc0000098 1
Cara Mengatasi Error 0xc0000098

Permasalahan seperti error 0xc0000098 dapat mungkin terjadi di PC kamu hingga mengakibatkan perintah gagal booting masuk ke dalam tampilan desktop.

Problem berikut muncul dikarenakan oleh kesalahan konfigurasi yang ada di dalam PC dan laptop, sehingga komunikasi antar sistem internal tidak akan berjalan dengan lancar dan alhasil memunculkan gejala tidak normal.

Error akan menimpa hampir semua jenis pengguna OS PC seperti Windows Vista, Windows 10, dan mungkin versi dibawahnya, yang menyebabkan pengguna kebingungan sebab tidak mengerti asal usul masalah ini dapat terjadi.

Tidak sedikit orang yang kemudian mengambil sikap seperti menginstal ulang sistem Windows, karena menganggap solusi inilah satu-satunya jalan keluar pengguna terbebas dari kasus error 0xc0000098.

Harus kamu ketahui, sebenarnya masih ada jalan alternatif yang bahkan bisa dilakukan sendiri lewat tutorial cara mengatasi error 0xc0000098 dibawah ini.

Silahkan dicoba metode sederhana yang sudah dirangkum oleh Tim Kompiwin dalam artikel berikut, semoga bisa memberikan jalan keluar selain opsi utama reset ulang operating Windowsnya.

Penyebab Error 0xc0000098

Sebelum lebih dalam mengulas tentang cara mengatasi error 0xc0000098, akan lebih afdol jika pengguna mengetahui penyebab permasalahan ini bisa menimpa didalam sistem internal device milikmu.

Notifikasi Error 0xc0000098 - Cara Mengatasi Error 0xc0000098
Notifikasi Error 0xc0000098

PC akan mengirimkan pesan โ€œYour PC/Device needs to repaired. The Windows Boot Configuration Data file does not contain a valid OS entry. File: \Boot\BCD. Error code: 0xc0000098” yang disebabkan karena BCD tidak memiliki entry.

Faktor lain bisa dikarenakan oleh kesalahan konfigurasi pada perangkat keras, misalnya hard drive rusak, dan RAM yang sudah kondisinya usang.

Lewat solusi masalah ini, diharapkan kondisi device akan kembali normal dan mampu melakukan booting dengan lancar seperti sebelumnya. Silahkan ikuti langkah-langkahnya untuk penjelasan lebih lengkap.

Cara Mengatasi Error 0xc0000098

Dalam memecahkan masalah kali ini, kamu bisa pilih salah satu dari beberapa cara. Silahkan coba yang paling efektif dan membantu memulihkan kondisi PC dan laptop kamu kembali normal.

Cara 1 : Atur Lewat BIOS

Proses boot yang stuck karena pesan error 0xc0000098 bisa diselesaikan lewat dua perantara, pertama bisa dengan bantuan bootable flashdisk atau bisa lewat CD. Karena banyak yang menggunakan perantara FD, akan lebih efektif jika kamu ikuti cara yang serupa.

  1. Bikin dulu program bootable di perangkat Flashdisk-nya. Siapkan flashdisk minimal 8 GB, download tools bootable seperti Rufus, dan download ISO tipe Windowsnya, karena kita menggunakan kasus Windows 10, maka ISO yang didownload yaitu ISO Windows 10.
  2. Instal Rufus dan download ISO Windows 10.
  3. Setelah terpasang, buka aplikasi Rufus dan colokkan Flashdisk.
  4. Pilih Driver flashdisk yang terdeteksi.Pilih Device Atau Drive Flashdisk
  5. Pada bagian Boot Selection silahkan pilih Disk or ISO image.
  6. Ketuk tombol Select untuk memilih file ISO.Pilih Boot Selection Dan Ketuk Selct Untuk Membuka ISO
    Buka Aplikasi Rufus
  7. Ubah menjadi Standar Windows Installation pada menu Image Option.Pilih Image Option Menjadi Standar Windows
  8. Untuk menu Position Scheme, kamu bisa cek informasi disk di dalam pengaturan klik kanan This PC โžค Manage โžค Disk Management โžค klik kanan disk yang tercolok pilih Properties โžค arahkan ke tab Volumes. Disana tersedia keterangan di bagian Position Style.Klik Kanan Partisi Disk Dan Pencet Properties
    Arahkan Ke Tab Volumes Dan Lhihat Partion Saya
  9. Ganti Volume Name dengan nama Windows_10.Ganti Volume Label Menjadi Windows 10
  10. Pada File System ganti menjadi NTFS.
  11. Terakhir tinggal Start.Pencet Icon Yang Kita Tandai Dan Pencet Start
  12. Restart PC dan ketika proses booting ketuk tombol F8 untuk masuk ke menu BIOS. Biasanya beda merk beda cara, coba search tombol navigasi mana yang sesuai dengan device laptopmu.
  13. Arahkan ke menu Boot.Masuk Ke Tab Boot
  14. Geser kebawah dan pilih Boot Options #1 untuk diganti USB Key.Ubah Menjadi File Flashdisk
  15. Tekan F4 untuk save, kemudian Exit.
  16. Tunggu sampai muncul tampilan seperti ini, setelah seperti ini pilih bahasa dan pencet tombol Next.
  17. Pilih Troubleshoot โžค Advanced Options โžค Command Prompt.Geser Ke Kotak Troubleshoot
    Geser Ke Advance Options
    Pilih Command Prompt

Masukkan perintah BOOTREC /SCANOS lalu enter.

Masukkan lagi perintah BOOTREC /FIXMBR.

Ketik perintah BOOTREC /FIXBOOT lalu enter.

Ketik perintah BOOTREC /REBUILDBCD.

Terakhir ketik Y.Ketik Y

  1. Tap tombol Turn Off.Selanjutnya Pencet Turn Off Your PC
  2. Selamat mencoba.
Pusing karena di Windows muncul pesan error NTLDR is Missing? Ikuti panduan ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara 2 : Startup Repair

Cara mengatasi error 0xc0000098 yang berikutnya itu bisa dengan masuk ke dalam Windows recovery disk. Setelah itu arahkan ke kotak menu Startup Repair. Langkah lengkapnya bisa simak penjelasan dibawah :

  1. Ketika PC proses booting, ketuk F8 berulang kali sampai muncul layar biru dan pilih Troubleshoot.Geser Ke Kotak Troubleshoot
  2. Ketuk tombol Advance Option.Geser Ke Advance Options
  3. Pilih Advance Settings.
  4. Ketuk tombol Startup Repair.
  5. Tunggu hingga proses recovery selesai.
  6. Selesai.
Komputer atau laptop kamu muncul pesan Boot Device Not Found? Ikuti tutorial cara mengatasi Boot Device Not Found.

Akhir Kata

Masih ada satu cara mengatasi error 0xc0000098 lagi yang bisa kamu lakukan, yaitu melakukan scan lewat perintah Command Prompt.

Silahkan buka CMD menggunakan run as administrator, setelah itu ketik perintah chkdsk c: /f. Tinggal setelah itu Enter. Tunggu hasilnya dan semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.