Template Kalender 2023 CorelDRAW (Bisa Diedit)

Template Kalender 2023 CorelDRAW (Bisa Diedit)

Terbiasa mendapatkan kalender gratis, bagaimana kalau coba kita desain dan kemas layout kalender hasil karya kita sendiri?

Menjelang akhir tahun saat yang tepat untuk membagi-bagikan kalender. Kalau kita biasanya kebanjiran bonus kalender dari tempat kerja, sekolah, lembaga, atau perusahaan…sepertinya menarik kalau kita coba bikin sesuai dengan kreasi desain masing-masing.

Dan untuk membuatnya, kalian dapat memanfaatkan aplikasi grafis seperti CorelDRAW, menariknya lagi media desain berikut telah dibekali segudang fitur lengkap yang dapat mendukung kita memaksimalkan potensi kreasi membuat suatu kalender.

Namun rasanya terdengar cukup melelahkan kalau kita bikin layout kalender dari awal. Belum nanti cari tanggal dan hari tahun depan, lalu memasangkannya dengan elemen-elemen kalender entah itu note, weton jawa, tanggal merah dan sebagainya.

Untuk mempersingkat waktu, di bawah tim Kompiwin sudah memberikan daftar template kalender 2023 CorelDRAW (bisa diedit).

Jadi ketika kalian download dan buka file berikut, tinggal sesuaikan beberapa elemen, desain dan teks sesuai kreasimu. Oh ya satu lagi, template ini sudah disertai dengan kalender jawa serta hijriyah.

Macam-Macam Kalender

Tempalte Kalender CorelDraw - Template Kalender 2023 CorelDRAW (Bisa Diedit)

Di Indonesia sendiri umumnya dikenal dengan tiga jenis kalender, yaitu Kalender Jawa, Kalender Hijriyah dan Kalender Masehi. Fungsi di setiap jenis kalender tersebut jelas berbeda, dan penggunaanya tergantung kepada kepercayaan setiap orang masing-masing, atau bisa juga disematkan sebagai elemen dalam kalender Masehi.

Sebelum kita masuk ke daftar template kalender 2023 CorelDraw (bisa diedit) dibawah ini, pertama silahkan simak tentang pengertian dari jenis kalender yang umum kita temui di Indonesia. Dimulai dari kalender Masehi.

1. Kalender Masehi

Kalender masehi atau istilah lainnya Anno Domini ini sama seperti apa yang kalian lihat pada sistem program kalender ponsel, komputer dan kalender dinding yang ada di rumahmu. Sistem penanggalan berikut menjadi sistem patokan dunia, dan banyak dipakai oleh hampir seluruh umat manusia.

Perhitungan kalender masehi menggunakan acuan revolusi bumi, dimana sebagai objek mengelilingi matahari. Dalam satu tahun terdiri dari 365 hari dan 12 bulan…sebenarnya dalam setahun masih tersisa seperempat hari, itu alasannya muncul istilah kabisat yang berlaku pada bulan Februari tanggal 29 muncul setiap 4 tahun sekali.

2. Kalender Jawa

Dari namanya kita sudah bisa menebak dari mana asal Kalender Jawa ini ditemukan. Betul banget, kalender jawa merupakan satu peninggalan budaya suku Jawa yang sampai saat ini masih sering diterapkan bahkan dipakai juga sebagai acuan masyarakat Jawa.

Dalam sistem penanggalannya, kalender Jawa tetap memiliki jumlah bulan sebanyak 12 dalam setahun. Tetapi jumlah harinya lebih sedikit karena, setiap bulannya terdiri dari 30 dan 29 hari secara berselang seling.

Penamaan bulan pada kalender jawa berbeda dengan yang kita kenal, menurut informasi bahwa bulan pada kalender jawa menggunakan nama serapan dari bahasa Arab lalu di sesuai dengan lidah pelafalan orang jawa. Alhasil berikut 12 nama bulan menurut kalender jawa ; uraSaparMuludBakdamuludJumadilawalJumadilakhirRejebRuwahPasaSawalDulkangidah, dan Besar.

Seperti yang kita sebutkan diatas bahwa jumlah hari kalender jawa lebih sedikit, total hanya 354 3/8 hari dalam setahun. Kalau siklus kabisat terulang 4 tahun sekali, pada kalender jawa cukup unik. Ada yang namanya siklus Windu yakni siklus 8 tahun sekali, setiap tahunnya memiliki nama AlipEheJimawalJeDalBeWawu, dan Jimakir. Tahun panjang (Taun Wuntu) berjumlah 355 hari ada di EheDal, dan Jimaki.  Namun sisanya tahun Pendek.

Keunikan lain kalender jawa yaitu Weton, kalian masih sering menemukan Weton atau hari pasaran berikut di kalender-kalender umum. Berikut beberapa istilah Weton ; Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage.

Tim Kompiwin juga mengembangkan Kalender Jawa Online yang sudah dilengkapi dengan weton, pasaran, dan neptu.

3. Kalender Hijriah

Bagi umat islam, mereka juga berpedoman dengan kalender hijriah. Kalender berikut dipakai sebagai acuan masyarakat muslim dalam menentukan momen keagamaan islam.

Menurut sejarahnya, kalender berikut dibuat oleh umat islam pada abad ke 7. Kemudian sistem kalender tersebut mulai digunakan 17 tahun setelah hijrahnya Rasulullah SAW. Sejarah juga membentuk nama kalender ini, diambil dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi…yang kemudian ditetapkan sebagai awal hitungan kalender islam.

Perhitungan kalender ini menggunakan revolusi bulan atau peredaran bulan terhadap bumi. Sehingga ditetapkan dalam satu bulan terdapat 29,5 hari, dan total satu tahun kalender Hijriah yaitu 354 hari atau tepatnya 354,36708 hari.

Kalender islam ini juga memiliki siklus kabisat berjumlah 355 hari, tetapi siklusnya panjang setiap 30 tahun sekali.


Template Kalender 2023 CorelDraw (Bisa Diedit)

1. Kalender Biasa

CorelDraw Bisa Diedit - Template Kalender 2023 CorelDRAW (Bisa Diedit)

Setelah cukup penjelasan seputar jenis kalender yang umum dipakai oleh masyarakat Indonesia, berikut kita sediakan beberapa template kalender 2023 CorelDraw (bisa diedit), berguna buat kalian yang menginginkan bentuk kalender hasil desain sendiri.

2. Kalender Duduk

a. Warna Biru Muda

b. Warna Coklat Merah

c. Warna Hijau Biru

d. Warna Orange

e. Warna Pink Ungu


Akhir Kata

Sekian penjelasan kita mengenai kalender yang sering digunakan oleh masyarakat, sekaligus di atas juga sudah tersedia template kalender 2023 CorelDraw (bisa diedit). Download lalu ubah kemasan template tersebut, dan gunakan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang