Fitur Baru Microsoft Edge v107

Fitur Baru Microsoft Edge v107

Microsoft telah melakukan pembaruan aplikasi browser buatannya yakni Microsoft Edge v107.

Browser ini bisa kamu temukan hampir di semua seri terbaru Windows, dan bisa dikatakan Microsoft Edge merupakan fasilitas bawaan sebagai pengganti dari Internet Explorer.

Fasilitas aplikasi satu ini terus mereka kembangkan demi menghasilkan sistem program yang stabil. Selain itu bentuk development update juga mengontrol sistem keamanan browser, demi terhindarnya aktivitas hack, virus maupun trojan.

Dan tahun 2022 ini Microsoft Edge telah memperbarui aplikasi ke v107. Tidak banyak yang bisa didapatkan, dan satu yang mereka perkenalkan yaitu fitur Sidebar.

Fitur Baru Microsoft Edge v107

Ada alasan mengapa kalian harus memperhatikan update Microsoft Edge ini. Karena pentingnya meningkatkan versi ini dapat meminimalisir kemungkinan terburuk dari tindakan kriminal yang ada di dunia digital.

Bukan hanya Microsoft Edge saja, tetapi jenis aplikasi browser lain seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Safari, dll, sangat berpotensi jadi sasaran hack oleh pelaku kriminal dunia digital. 

Disisi lain kita sering menyimpan data privasi password dalam browser, memori cloud, hingga email adalah bagian-bagian vital dari informasi browser pengguna.

Dan berikut adalah fitur baru Microsoft Edge v107 yang bisa kamu dapatkan setelah mengupdate versi terbaru brower satu ini.

Sidebar

1 Fitur Terbaru Microsoft Edge - Fitur Baru Microsoft Edge v107

Sayang sekali, versi terbaru Microsoft Edge v107 hanya diberikan satu fitur saja bernama Sidebar. Sesuai dengan namanya, alat ini dapat kalian monitor dan muncul di bagian sisi samping tampilan browser itu sendiri.

Secara fungsi fitur baru tersebut berisi seputar shortcut, akses website dan custom pilih pengguna. Fitur ini dapat memudahkan kita sebagai akses pintas, sehingga menambah efisien waktu ketika mengoperasikan browser.

Menariknya dari sidebar ini adalah perintah terhadap akses tombol tidak perlu memunculkan jendela baru, tetapi sistem hanya menampilkan popup kecil di atas layar jendela yang sedang kamu buka.

Adapun isi sidebar terdiri menu :

  • Pencarian alat ini bertugas menggantikan search engine pada kotak alamat url.
  • Kolom belanja, disini kamu akan mendapatkan laman belanja berikut beserta event diskon di dalamnya.
  • Tools widget, berisi tentang tools kecil kalkulator, translate, jam dan sebagainya.
  • Menu game, kita diberikan menu pilihan game ringan yang bisa diunduh gratis di sana.
  • Microsoft Office Online, syaratnya kamu mempunyai akun Microsoft Office login-kan ke dalam website. Bahkan kita bisa mengedit Word, Excel maupun PowerPoint didalam browser Microsoft Edge.
  • Microsoft Outlook, merupakan bagian dari menu Microsoft Office dimana pengguna dapat gunakan layanan aplikasi berikut secara popup.
  • Gmail, merupakan layanan email yang digunakan secara massal dan sering menjadi pilihan banyak orang dalam berbagai urusan berbalas pesan digital.
  • Tombol Plus (Custom), menyediakan berbagai macam menu pilihan navigasi, yang dapat pengguna aktifkan maupun nonaktifkan. Di dalamnya termasuk ada pilihan Youtube, Whatsapp, Instagram, Messenger dan masih banyak lainnya.

Memasukkan Halaman Lain di Sidebar

Termasuk bagian dari fitur Sidebar, akses tombol plus alias tombol custom sidebar bisa berfungsi juga untuk menambahkan jendela website lain ke dalam tampilan sidebar.

Misalnya kamu ingin website Kompiwin berada di kolom sidebar. Caranya :

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Masuk ke halaman yang ingin kamu tambahkan, misalnya www.kompiwin.com dan silahkan kunjungi saja situs tersebut.
  3. Selanjutnya tekan tombol Plus pada menu sidebar.2 Ketuk Tombol Plus - Fitur Baru Microsoft Edge v107
  4. Disini kamu bisa tap bagian Tambahkan Halaman Ini.3 Tambahkan Halaman Ini - Fitur Baru Microsoft Edge v107
  5. Maka Website kompiwin akan masuk ke bagian sidebar.  

Cara Mematikan Sidebar di Microsoft Edge

Tetapi jika fitur baru Microsoft Edge V107 tidak begitu kalian gunakan, atau menurutmu tampilannya mengganggu layar browser, silahkan matikan akses untuk menyembunyikan tampilan Sidebar tersebut.

  1. Buka Microsoft Edge.
  2. Perhatikan tombol Sembunyikan Bilah di bagian bawah Sidebar.4 Ketuk Sembunyikan - Fitur Baru Microsoft Edge v107
  3. Maka secara otomatis Side Bar akan hilang.
  4. Dan untuk mengaktifkan kembali, tap icon titik tiga pojok kanan atas Browser.5 Tap Icon Titik Tiga - Fitur Baru Microsoft Edge v107
  5. Kemudian pencet menu Tampilan Bilah Sisi.6 Tampilkan Lagi Bilah - Fitur Baru Microsoft Edge v107
  6. Atau gunakan saja shortcut nonaktifkan/aktifkan Sidebar dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + /
  7. Selesai.

Akhir Kata

Saat ini browser Microsoft Edge telah dikembangkan dengan teknologi fitur yang lebih terbaru. Salah satunya fungsi sidebar. Fitur ini akan memudahkan kalian mengontrol situs, aplikasi, game dan widget secara praktis dan mudah. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar