Cara Menggunakan Oppo Cloud

Cara Menggunakan Oppo Cloud

Kemajuan teknologi telah berhasil menciptakan fungsi perangkat semakin praktis termasuk salah satunya penemuan driver memori.

Hampir semua perangkat yang memiliki sistem pengembangan aplikasi, perangkat tersebut menggunakan bantuan memori untuk menyimpan semua data hingga mengolah menjadi perintah tertentu.

Contoh perangkat yang sangat membutuhkan penyimpanan memori adalah PC dan smartphone.

Untuk PC sendiri memakai semacam hardisk internal yang sekarang sudah bertransformasi menjadi SSD.

Begitu pula dengan ponsel, semula penyimpanan masih mengandalkan memori HP, lalu sempat berkembang menjadi alternatif SD Card, hingga sekarang memori ponsel sudah semakin membengkak hingga tersedia dalam bentuk virtual.

Model penyimpanan virtual atau cloud telah menjadi solusi praktis ekstensi penyimpanan lebih yang semula kapasitas mencapai batas, jadi bertambah bahkan tanpa perlu wujud fisik memori eksternal.

Saa ini, Oppo menghadirkan fitur layanan cloud storage gratis untuk penggunanya yang bernama Oppo Cloud.

Cloud Storage diharapkan mampu mengatasi persoalan memori penuh sekaligus dapat menjadi wadah untuk backup file tanpa perlu takut terjadi error seperti file corrupt atau terformat.

Lalu bagaimana cara menggunakan Oppo Cloud? Berikut adalah langkah-langkah lengkap yang sudah Tim Kompiwin rangkum dibawah ini.

Fitur & Layanan Oppo Cloud

Apa saja yang kita dapatkan saat memanfaatkan layanan Oppo Cloud ini? pertama jelas, kamu akan mendapatkan ekstra penyimpanan berbasis cloud sebesar 5GB.

Fitur cloud dapat kalian akses secara gratis, namun kembali lagi mereka hanya menyediakan kapasitas 5GB untuk akun gratis sedangkan bagi pengguna berkeinginan ruang lebih bisa upgrade menjadi langganan per bulan sebesar $0.99 atau sekitar Rp 14 ribuan untuk 50 GB.

Keunggulan memanfaatkan memori cloud selain praktis adalah aman. Aman dalam arti disini akses file hanya akan terbuka bagi pemilik akun, kemudian file terjamin aman dari kasus corrupt atau terformat.

Dan kalian bisa mengatur partisi folder secara custom, mirip seperti penyimpanan konvensional.

Bagi yang sudah penasaran cara menggunakan Oppo Cloud, simak terus pembahasannya sampai akhir.


Langkah Mendaftar Akun Oppo Cloud

Sebelum kita mengikuti tutorial cara menggunakan Oppo Cloud, pastikan ponsel yang kamu gunakan adalah merk Oppo.

Karena kita akan lakukan beberapa langkah pendaftarkan akun melalui menu Pengaturan HP. Berikut langkah-langkah dalam membuat akun Oppo Cloud secara lengkap.

  1. Silahkan kamu buka terlebih dahulu menu Pengaturan HP.Buka Menu Pengaturan - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  2. Kemudian ketuk bagian paling atas yang bertuliskan Masuk ke OPPO ID.Klik Masuk Ke Oppo ID - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  3. Pada tampilan pertama pencet saja tombol Panah (Selanjutnya).Pencet Tombol Selanjutnya - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  4. Jika muncul tulisan Persyaratan, silahkan ketuk saja tombol Setuju.Pencet Tombol Setuju - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  5. Klik beberapa perintah Izinkan akses media.Pencet Tombol Izinkan Media - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  6. Ketika berada di tampilan Login, klik tulisan Pendaftaran Pengguna Baru.Ketuk Tombol Pembuatan Akun Baru - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  7. Klik Setuju sekali lagi.Ketuk Tombol Setuju - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  8. Masukkan Info Dasars seperti Negara dan Tanggal Lahirmu.Masukkan Informasi Dasar - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  9. Masukkan nomor telefon atau email yang masih aktif. Kalau sudah klik Berikutnya.Masukkan Nomor Telefon Kamu - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  10. Tunggu kode verifikasi, dan kalau sudah masukkan kode OTP tersebut.Masukkan Kode OTPnya - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  11. Disini kalian diminta untuk membuat Kata Sandi, kalau sudah klik Daftar.Silahkan Kamu Atur Sandi - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  12. Terakhir tinggal kamu isi pengaturan akun, termasuk Nama Pengguna, Jenis Kelamin, Foto dan sebagainya.

Cara Menggunakan Oppo Cloud

Setelah akun terbuat, kalian sudah bisa langsung menggunakan layanan Cloud. Untuk mengaksesnya kamu bisa buka pada bagian Layanan Awan. Dan untuk lebih detail silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan HP.
  2. Ketuk pada bagian akun Oppo kamu pada bagian paling atas.Ketuk ID Name Oppo Kalian - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  3. Setelah itu lihat menu Layanan Awan, tap untuk membukanya.Pencet Menu Cloud Atau Awan - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  4. Disini kamu dapat memantau status penyimpanan dalam cloud.
  5. Untuk mengatasi penyimpanan cloud cepat habis, kita matikan dulu sinkronisasinya. Dengan cara ketuk bagian Foto.Pencet Dan Masuk Ke Foto - Cara Menggunakan Oppo Cloud
  6. Lalu pilih menu Nonaktif. Kalau kita pilih Menggunakan Wi-fi atau Data Seluler maka file foto akan terunggah otomatis saat Wifi maupun data dihidupkan. Begitu juga berlaku untuk mode Hanya di Bawah Wi-fi. File foto akan terupload saat wifi hidup.Pilih Mode Nonaktif - Cara Menggunakan Oppo Cloud

Akhir Kata

Demikian adalah panduan tentang menggunakan layanan Oppo Cloud secara lengkap yang berhasil Tim Kompiwin rangkum.

Silahkan ikuti langkah langkah diatas, dari mulai membuat akun Oppo ID, baru kamu bisa membuka akses untuk penyimpanan awan gratis. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar