13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri

Cloud Storage Gratis Terbaik

Menyimpan file dalam jumlah banyak sering menjadi tantangan karena keterbatasan medium penyimpanan perangkat elektornik.

Berita baiknya, saat ini tersedia penyimpanan data besar melalui layanan cloud storage. Orang-orang berusaha mencari aplikasi cloud storage gratis terbaik

Menyimpan data di internet secara gratis sudah menjadi kebutuhan kita saat ini. Walaupun mayoritas layanan penyimpanan cloud yang ada juga menawarkan opsi premium, opsi gratisan-nya tidak hanya sebagai penggembira kok, yang berarti lebih dari cukup untuk kebanyakan orang.

Apalagi kamu masih bisa menambahkan kapasitas penyimpanan jika kamu merekomendasikan layanan penyimpanan cloud tadi ke rekan-rekan.

Apalagi di era teknologi seperti ini, menyimpan file tak perlu lagi ribet. Tak hanya menyimpan data, cloud storage juga membuat kamu dapat berbagi data ke sesama teman dengan cara yang lebih mudah.

Sebab memang menyimpan file dalam jumlah banyak sering kali menjadi tantangan. Karena itu, tak heran jika pencarian cloud storage untuk menyimpan data-data pun semakin dibutuhkan.

Namun, banyaknya kebutuhan orang akan storage online mebuat banyak orang kebingungan untuk memilih cloud storage apa yang paling baik untuk digunakan untuk menyimpan berbagai file. Nah, berikut kami berikan beberapa rekomendasi Cloud Storage Gratis Terbaik

Apa itu Cloud Storage ?

Secara sederhana, cloud storage atau online storage dapat diartikan sebagai tempat penyimpanan file di awan (online). Umumnya file yang disimpan di cloud storage adalah file video, gambar, dokumen, musik dan beberapa tipe file lainnya.

Namun, tidak semua layanan cloud storage (online storage) melayani penyimpanan semua jenis file, ada sebagian layanan cloud storage yang hanya melayani penyimpanan jenis file tertentu seperti file gambar atau musik saja.

Ada banyak manfaat ketika kamu menggunakan layanan cloud storage sebagai tempat menyimpan file. Satu alasan utama dari banyak pengguna cloud storage adalah sebagai tempat yang aman untuk pencadangan (backup) file penting.

Pertimbangannya adalah bila kamu menyimpan di hard drive, external hard drive atau flash drive, kapasitas drive akan cepat penuh, juga untuk mengantisipasi bila drive tersebut rusak, dicuri atau terbakar.


Fungsi Cloud Storage

Ada beberapa fungsi yang diberikan oleh cloud storage, berikut merupakan fungsi-fungsi dari cloud storage yang sangat berguna untuk kamu.


Pertimbangan saat Memilih Layanan Cloud Storage

Sebelum memilih dari sekian banyaknya cloud storage yang dapat dipilih, kamu sebelum harus mempertimbangkan beberapa hal ini.

Kepraktisan dalam pemeliharaan dan lainnya
Performa ketika digunakan
Keamanan untuk penyimpanan data
Sesuaikan dengan kebutuhan
Apakah ada biaya yang harus dikeluarkan

Layanan Cloud Storage Gratis Terbaik

Nah, di bawah ini adalah beberapa rekomendasi layanan cloudstorage gratis terbaik yang bisa kamu pilih dan langsung gunakan secara cuma-cuma. Langsung saja cek ada apa saja.

Cloud Storage dari Luar Negeri

1. Google Drive

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 22

Layanan cloud storage gratis terbaik yang pertama mungkin sangat dikenal oleh orang-orang.

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud buatan Google, setiap pengguna dibekali 15 GB kapasitas menyimpan data di internet secara gratis.

Total kapasitas penyimpanan sebenarnya “dibagi-bagi” dengan produk Google lain seperti Gmail dan Google+ Photos. Jika kamu tidak menggunakan produk Google lainnya berarti semua 15 GB tadi bisa kamu gunakan hanya untuk Google Drive.

Aplikasi sync client bisa di install di Windows dan Macintosh, dimana fitur utamanya ya upload file dan folder. Sedangkan aplikasi mobile untuk Android dan iOS bisa mengupload foto dan video ke Google Drive.

KelebihanKekurangan
Dapat menyimpan file banyak formatBackup data di PC masih belum Optimal
Sinkronisasi yang mudah dilakukanSangat tergantung pada jaringan Internet
Google Drive Unlimited

Ingin memiliki akun Google Drive unlimited? Kami bagikan tips membuat Google Drive Unlimited dengan mudah dan permanen.


2. One Drive

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 23

OneDrive adalah platform penyimpanan berbasis internet yang memiliki pilihan akses gratis untuk pengguna Microsoft. Itu pun tentu dengan jumlah penyimpanan yang terbatas, ya.

Layanan ini sangat memudahkan kamu untuk menyimpan dokumen secara aman dari satu tempat, lalu mengaksesnya dari mana pun juga secara virtual.

Untuk penyimpanan One Drive yag gratis kamu akan mendapatkan layanan OneDrive saja dan ukuran penyimpanan dibatasi hingga 5 GB.

KelebihanKekurangan
Didukung Banyak Sistem OperasiKapasitas Penyimpanan Rendah

3. DropBox

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 24

Pengguna Dropbox dibekali 2 GB kapasitas untuk menyimpan data di internet secara gratis dengan beberapa cara mudah untuk meningkatkan-nya hingga 18 GB.

Kamu bisa melihat dan mengupload semua file ke Dropbox dengan bantuan aplikasi desktop maupun mobile, serta share folder maupun file dengan siapapun walau mereka tidak memiliki akun Dropbox.

Jika ada file Microsoft Office yang tersimpan pada akun Dropbox, kamu bisa mengeditnya langsung di browser menggunakan Microsoft Office Online.

KelebihanKekurangan
Integrasi dengan produk Google dan MicrosoftPenyimpanan gratis hanya 2GB
Mudah diakses dari beragam platformDropbox tidak dapat diakses di China

4. Disk Yandex

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 25

Salah satu cloud storage gratis terbaik selanjutnya adalah Disk Yandex.

Disk Yandex atau Yandex.Disk akan memberikan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis sebesar 10 GB.

Ada banyak fitur berguna dalam Yandex.Disk: share file/folder privat/publik, kemampuan untuk import foto via media sosial, download banyak file sekaligus, upload mobile otomatis, dan drag and drop. 

Pengguna Windows, Macintosh, dan Linux bisa menginstall aplikasi sync client untuk mengupload file ke Yandex.Disk, sementara aplikasi mobile nya tersedia untuk Android, iOS, dan Windows Phone.

KelebihanKekurangan
Indeks serta hasil pencariannya cukup banyakSangat tidak cocok untuk anda yang menggunakan laptop maupun smartphone dengan spesifikasi rendah
Memiliki navigasi yang lengkapTampilan awalnya menggunakan bahasa Rusia

5. hubiC

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 26

Dapatkan kapasitas menyimpan data di internet secara gratis 25 GB ketika mendaftar di hubiC.

Pengguna Windows, Macintosh, dan Linux bisa menginstall aplikasi desktop untuk mengupload file, atau cukup gunakan versi webnya.

Aplikasi mobile bisa kamu gunakan di Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry. File dan folder bisa di-share dengan siapapun walau bukan pengguna hubiC.

Walau begitu, setiap tautan yang di-share harus diatur untuk aktif selama 5, 10, atau 30 hari sebelum kadaluarsa.

KelebihanKekurangan
Space awal versi gratis/free 25 GBInteraksi antar file membingungkan

6. Mega.io

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 27

Salah satu cloud storage Gratis Terbaik selanjutnya adalah Mega.io yang menawarkan 50 GB untuk menyimpan data di internet secara gratis di MEGA.

Mega sudah dilengkapi enkripsi end-to-end agar lebih aman dan menjaga privasi. Kamu bisa melihat dan mengupdate file-file yang kamu simpan di MEGA lewat browser, aplikasi Desktop Sync, atau perangkat mobile seperti iOS, BlackBerry, Android, dan Windows Phone.

KelebihanKekurangan
Gratis 50GB untuk kali daftar pertamaTidak Adanya Cloud untuk pembuatan dokumen office
Tidak ada IklanTidak tersedia direct link

7. pCloud

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 28

Kapasitas penyimpanan cloud 10 GB untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh pCloud dengan kemungkinan bertambah hingga 20 GB jika kamu merekomendasikan-nya pada orang lain.

App desktop client bisa di install pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Ada juga app mobile untuk iOS dan Android yang sangat intuitif dan mudah digunakan.

Kamu bisa menambahkan file ke pCloud dengan remote URL baik satu file maupun satu folder, lewat browser. Aplikasi mobile nya bisa meng-upload foto dan video langsung ke akun pCloud.

Baik file dan folder bisa di-share ke yang bukan pengguna pCloud sekalipun. Folder-nya bahkan bisa di-download dalam format ZIP.

KelebihanKekurangan
Tidak Pernah Kehilangan File Lagi Dengan Sistem Rewind PCloudlayanan tambahan yang disediakan pCloud yang harus dibeli secara terpisah dari paket langganan

8. MediaFire

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 29

Satu lagi layanan cloud storage gratis dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan yaitu Media Fire.

Layanan ini yang memberikan 10 GB kapasitas secara instan untuk menyimpan data di internet secara gratis.

Kamu bisa menambahnya hingga 50 GB lewat referrals dan download aplikasi yang disediakan MediaFire.

Terdapat opsi sharing untuk file dan folder, upload yang mudah dengan folder MediaFire di komputer (aplikasi desktop client), maupun aplikasi mobile di iOS dan Android yang bisa melihat, share, atau upload foto bahkan video.

KelebihanKekurangan
10 GB penyimpanan gratis saat mendaftarUpload dibatasi 1 file 100 Mb tetapi jumlah file tidak terbatas
Tidak ada batas bandwidthTidak ada Feature Search

9. Box

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 30

Kapasitas 10 GB penyimpanan untuk menyimpan data di internet secara gratis ditawarkan oleh Box.

Box menyediakan aplikasi mobile untuk hampir semua device: iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone dimana kamu bisa mengupload/download/share konten.

Aplikasi sync client untuk desktop tersedia dalam versi Windows dan Mac OS X, yang memudahkan upload file ke Box.

Pengguna Box bisa share seluruh data dalam folder atau memilih file tertentu yang akan di-share menggunakan tautan publik.

KelebihanKekurangan
Menyediakan fitur pemberi komentar di file pengguna lain.Dianggap cukup mengganggu bagi para pengunggah biasa yang hanya menggunakannya untuk menyimpan file saja.

10. Degoo

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 31

Degoo adalah aplikasi yang dapat menyimpan berkas di awan hingga 100 GB. Kini kamu dapat melindungi berkas-berkas pada memori perangkat.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang benar-benar sederhana dan intuitif, tetapi kamu harus membuat akun Degoo sebelumnya.

Setelah profil kamu tersedia, kamu tinggal memilih berkas yang ingin disimpan. Kamu bisa mengaturnya supaya bisa menyalin seluruh gambar, musik, video, dan dokumen, atau memilih berkas yang paling sensitif secara manual.

KelebihanKekurangan
Free space awal 100 GB + 5 GB via referral link.Ada batasan untuk setiap kali upload
Speed stabil dan cepatSoftware sinkronisasi otomatis hanya disediakan untuk yang berbayar

11. Sync

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 32

Terakhir layanan cloud storage gratis dari luar negeri adalah Sync.

Sync.com adalah solusi penyimpanan cloud freemium yang bertujuan untuk mengutamakan privasi pengguna dan terutama dengan enkripsi ujung ke ujung.

Muncul dengan tingkatan yang rata, lengkap dengan ruang penyimpanan tambahan, serta kemampuan untuk menyimpan, berbagi, dan mengakses file dari mana saja.

KelebihanKekurangan
Kepatuhan Privasi Data GlobalHanya Tersedia Kontrak Tahunan
Merupakan Drive Lokal Yang Terintegrasi Dengan Banyak Titik AksesTidak Ada Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Cloud Storage dari Indonesia

Tidak hanya dari luar negeri, terdapat juga beberapa cloud storage gratis terbaik yang berasal dari Indonesia dan performanya tidak kalah hebat dari cloud storage gratis terbaik dari luar negeri. Berikut merupakan beberapa rekomendasinya.

1. IDCloudHost

13 Cloud Storage Gratis Terbaik Baik dari Luar / Dalam Negeri 33

Salah satu layanan cloud storage gratis terbaik dari Indonesia adalah IDCloudHost.

IDCloudHost merupakan Web Hosting dan Cloud Infrastructure Terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan Komputasi Awan Seperti Cloud Hosting dengan Control Panel Cpanel dan Plesk.

Selain itu, IDCloudHost juga menyediakan layanan reseller Cloud Hosting untuk para wirausaha muda yang ingin membangun Usaha Web Hosting.

Sedangkan untuk kebutuhan perusahaan, IDCloudHost juga menyediakan layanan Server seperti Server Virtual Private Server, Dedicated Server, Private WHM Server hingga Kebutuhan Colocation Server (Rak Server) yang tersedia diberbagai Data Center di Indonesia.

KelebihanKekurangan
Layanan Support yang Cukup Baik dan CepatRata-rata Page Load Time lambat
Merupakan Drive Lokal Yang Terintegrasi Dengan Banyak Titik AksesTidak Ada Akses Aplikasi Pihak Ketiga

2. Stasiun File

Selain IDCloudHost, ada juga layanan cloud storage dari Indonesia yang selanjutnya yang bernama Stasiun File.

Stasiun File adalah tempat mengelola file (download, upload, save, delete) secara online cukup dengan satu kode magic tanpa harus mempunyai akun dan login terlebih dahulu.

Kamu dapat menyimpan dan mengunduh file tanpa dibatasi oleh perangkat atau sistem operasi tertentu karena StasiunFile berbasis website / A P I.

KelebihanKekurangan
Tidak perlu membuat akun untuk menggunakanKecepatan kurang stabil

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi cloud storage gratis terbaik berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Ada beberapa cloud storage yang menyediakan layanan mereka secara gratis (dengan batasan) dan ada juga yang berbayar.

Kamu tinggal memilih cloud storage gratis terbaik mana yang dapat memenuhi kebutuhan kamu dan menggunakannya. Sekian artikel kali dan semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Indakhila Putri
Mahasiswa Universitas Swasta di Indonesia dan memiliki hobi menulis sejak muda. Selain menulis, membaca merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Indakhila juga menikmati kegiatan-kegiatan seperti traveling dan menonton film.