Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta

Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 16

Banyak tersedia aplikasi belajar online dari yang berbayar hingga gratis. Salah satu aplikasi untuk belajar yang paling berguna dan populer adalah aplikasi Yeolpumta.

Namun, bagaimana sih cara menggunakan aplikasi Yeolpumta?

Pandemi Covid-19 sangat berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Di Indonesia, sudah lebih dari 1 tahun kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah.

Mempertimbangkan efektivitas, keamanan dan kenyamanan, metode pembelajaran online secara penuh menjadi pilihan di tengah situasi pembatasan sosial.

Sekarang ini, pembelajaran melalui e-learning dipilih hampir di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, belajar online tidak sepenuhnya efektif untuk semua siswa. Tak heran jika ada beberapa siswa yang kurang paham dengan materi yang diberikan.

Nah, untuk membantu siswa-siswa melakukan pembelajaran yang efektif dari rumah, mungkin kamu bisa menoba aplikasi Yeolpumta.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini dan apa saja sih fitur yang dimiliki. Yuk, langsung saja kita simak di bawah ini.

1. Apa Itu Yeolpumta ?

Seperti banyak aplikasi belajar lainnya, aplikasi yang satu ini dapat membantu kamu dalam membuat jadwal belajar, membuat timer, membuat schedule, dan masih banyak fitur lainnya.

Aplikasi yang satu ini juga berasal dari Korea Selatan dan memiliki tampilan yang sangat menarik.

Aplikasi yang stau ini bisa kamu unduh secara mudah melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan di Apple Store untuk pengguna iOS.

YPT - Yeolpumta
YPT - Yeolpumta
Developer: Pallo Inc
Price: Free+
‎YPT - Yeolpumta
‎YPT - Yeolpumta
Developer: UnCheon Baek
Price: Free+

2. Fitur Aplikasi Yeolpumta

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat, aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan. Mulai dari schedule sampai timer. 

Nah, berikut akan kami jelaskan lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang ada dalam aplikasi ini.

1. Stopwatch

Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 17
Stopwatch berdasarkan mata pelajaran  dan atur waktu belajar sesuai mata pelajaran.  Lewat fitur ini kamu bisa melihat berapa lama waktu yang sudah kamu lewati untuk belajar.

2. Study Planner

Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 18
Kamu bisa membuat planning untuk belajar dan akan tercatat otomatis dalam Study Planner.

3. Fitur Grup

Kamu bisa langsung tahu apakah anggota belajar sedang belajar atau istirahat di waktu itu juga. (Cek melalui pembelajaran kamera atau ikon)

4. Peringkat nasional sesuai kategori

Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 19
Ujian masuk perguruan tinggi/SMA/PNS/pendaftaran khusus/bahasa asing, etc. Kamu bisa cek keadaan orang-orang yang sedang belajar tentang hal yang sama

5. Statistik – Kalender & Grafik

Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 20
Cek waktu belajar harian/mingguan/bulanan. Semakin banyak belajar maka warna kalender akan semakin terang.

Tutorial Lainnya:

Cara menggunakan FLIP Study, aplikasi untuk mengingatkan jam belajar.


3. Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta

Untuk menggunakan aplikasi Yeolpumta ini sangatlah mudah. Namun, karena ada cukup banyak fitur yang disediakan, hal ini mungkin dapat membingungkan untuk orang-orang. 

Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi aplikasi Yeolpumta, berikut tutorialnya.

Untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, kamu bisa langsung mengunduh melalui Google Play Store atau Apple Store. Selanjutnya tinggal buka dan buat akun, kemudian tinggal nikmati fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi Yeolpumta.

1. Menambah Subjek Pelajaran

Berikut merupakan cara untuk menambah subjek pelajaran di aplikasi ini.

  1. Klik tombol home dan tekan tombol add.Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 21
  2. Selanjutny atinggal tulis mata pelajaran apa yang kamu inginkan dan tekan tombol add untuk menambahkan,Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 22

2. Menambah Timer di Subjek

Untuk menambahkan time di subjek kamu tinggal timer di subjek kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan mata pelajaran yang kamu ingin kamu tambahkan timer.Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 23
  2. Selanjutnya akan muncul beberapa menu baru. Tekan tombol timer yang berada di pojok kanan bawah untuk manambahkan timer di mata pelajaran yang kamu inginkan.

3. Menambah Event

Nah, dalam aplikasi yang satu ini kamu juga dimungkinkan untuk menambahkan event. Misalnya pada tanggal 20 Agustus akan ada ujian. Kamu bisa menambahkannya di aplikasi ini.

  1. Di menu utama tekan tomol insight.Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 24
  2. Selanjutnya tinggal tekan tanggal yang ingin kamu tambahkan jadwal event.
  3. Selanjutnya tinggal kamu tambahkan saja event apa yang akan berlangsung di tanggal tersebut.Cara Menggunakan Aplikasi Yeolpumta 25
Tutorial Lainnya:

Ingin belajar aksara Bali ? Kami sudah membuatkan aplikasi translator Bali untuk menemani kamu mengenal aksara Bali.


Kesimpulan

Nah, jadi itulah cara untuk menggunakan aplikasi Yeolpumta ? Bagaimana? Aplikasi yang satu ini memang sangat berguna bukan ?

Aplikasi yang satu ini memberikan banyak fitur yang berguna dalam satu aplikasi yang dapat membantu siswa-siswa untuk belajar di rumah.

Oleh karena itu, kamu bisa langsung mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini. Siapa tahu dapat membantu proses belajar kamu di rumah.

Semua fitur yang disediakan juga sangat membantu orang-orang dalam belajar. Jadi langsung saja unduh aplikasi yang satu ini dan mencoba gaya belajar yang baru. Sekian artikel kali ini dan semoga dapat membantu bagi para pembaca.

Indakhila Putri
Mahasiswa Universitas Swasta di Indonesia dan memiliki hobi menulis sejak muda. Selain menulis, membaca merupakan salah satu hobi yang sering dilakukan. Indakhila juga menikmati kegiatan-kegiatan seperti traveling dan menonton film.