Cara Mengetahui Kode Kelas Google Classroom

Cara Mengetahui Kode Kelas Google Classroom 1
Cara Mengetahui Kode Kelas Google Classroom

Di era pandemi seperti saat ini, hampir segala sektor kegiatan mulai menyesuaikan dengan hal baru lagi. Tidak jauh dari aktivitas sehari-hari kita yakni menyangkut masalah bidang pendidikan sampai pekerjaan pun turut terkena imbasnya.

Buktinya seperti kegiatan belajar mengajar sekarang dilakukan dengan cara online lewat media video conference digital, bahkan sektor pekerjaan juga berubah dari semua terjun dan berinteraksi di lapangan, sebagian ada yang dipulangkan untuk melakukan WFH atau Work From Home.

Beruntung jaman telah mendorong perkembangan teknologi yang semakin maju. Melihat situasi seperti ini, dan berkaca dengan masalah diatas pun dapat mudah teratasi.

Kini aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan cara video conference online yang dapat dihadiri oleh beberapa audiens atau peserta yang bersangkutan.

Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, dan salah satu penyedia layanan tersebut yaitu Google Classroom.

Berbagai fitur telah disediakan untuk mempermudah kegiatan pertemuan online ini, seperti menampilkan interface setiap peserta, melakukan pertemuan forum besar dalam sekali jalan, dan Google Classroom ini memiliki sistem share dalam bentuk kode yang dapat mengundang audience khusus untuk join ke dalam pertemuan tersebut.

Dengan adanya akses ini, memudahkan proses pembelajaran khususnya para guru untuk memasukkan siswa ke dalam kelas online. Bagi yang belum mengerti cara mengetahui kode kelas Google Classroom, berikut akan kami berikan panduannya.

Cara Mengetahui Kode Kelas Google Classroom

Ada dua metode untuk mengundang user atau siswa masuk kedalam kelas pertemua online yang dibuat di dalam Google Classroom.

Fitur ini sangat menjembatani akses privasi di setiap pertemuannya, karena hanya orang-orang tertentu saja yang dapat join lewat kode atau link yang diberikan.

  1. Memasukkan peserta menggunakan media share via Email, namun cara ini dibilang lebih rumit ketimbang kita membagikan kode khusus kepada pengguna lain.
  2. Dan cara kedua memasukkan peserta bisa menggunakan kode kelas yang nantinya akan dibagikan ke semua pihak terkait.

Cara 1 : Mengetahui Kode Kelas Google Classroom Lewat Laptop

Terkadang ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara melihat kode kelas yang sudah dibuat atau hanya mungkin lupa dengan kode yang akan mereka bagikan kepada siswa-siswinya.

  1. Buka browser Google Chrome.
  2. Kemudian masuk ke website Google Classroom.
  3. Silahkan Login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail.Login Menggunakan Akun Gmail
  4. Jika sudah kamu akan masuk ke dalam tampilan Google Classroom. Silahkan pilih salah satu kelas yang ingin kamu lihat kodenya.Masuk Ke Salah Satu Kelas
  5. Setelah kelas tersebut terbuka, tekan tombol pengaturan yang memiliki icon Gear.Tekan Tombol Pengaturan
  6. Scroll kebawah sampai kamu melihat informasi General, disana akan terlihat sub menu Code Class dan itulah kode kelas yang akan kamu ikuti.Lihat Kode Kelas Di Code Class
  7. Tekan Display Class Code untuk memperbesar tampilan.Ketuk Display Class Code Untuk Memperbesar Tampilan
Baru pertama menggunakan gmail dan mau kirim tugas ? Ikuti cara mengirim tugas melalui e-mail gmail.

Cara 2 : Mengetahui Kode Kelas Google Classroom Lewat HP

Tidak semua pengguna melakukan kegiatan belajar online ini lewat laptop. Ada beberapa yang memilih untuk belajar dengan perantara device lain salah satunya seperti HP.

Disisi lain, Google Classroom juga dapat diakses menggunakan ponsel pintar, untuk mengetahui kode kelas, silahkan simak langkah dibawah ini :

  1. Silahkan buka browser Chrome di HP kamu. Atau bisa lewat aplikasi Classroom yang dapat di install di Play Store dan App Store.
    Android:
    Google Classroom
    Google Classroom
    Developer: Google LLC
    Price: Free
    iOS:
    ‎Google Classroom
    ‎Google Classroom
    Developer: Google LLC
    Price: Free
  2. Setelah terpasang, silahkan buka aplikasinya dan login menggunakan akun Gmail kamu.
  3. Pada menu tampilan Class, silahkan ketuk salah satu kelas yang ingin kamu ketahui kodenya.Buka Salah Satu Kelas
  4. Lalu tekan tombol pengaturan yang bentuknya seperti Gear di pojok kanan atas.Tekan Tombol Pengaturan Di Kelas Tersebut
  5. Scroll kebawah sampai kamu lihat informasi General/Umum, disana akan tertulis kode kelasnya di bagian Class Code/Kode kelas.Lihat Kode Kelas Di Menu Umum atau General
  6. Selesai.
Sedang Video Conference menggunakan Google Meet ? Mau share materi presentasi ? Simak tutorial cara share screen di Google Meet ini.

Cara 3 : Bergabung Menggunakan Kode Kelas

Cara diatas memang khusus ditujukkan untuk pembimbing atau guru yang memiliki akses sebagai admin pertemuan kelas online.

Untuk siswa mereka tidak dapat melihat kode kelas seperti yang kita tutorialkan diatas, akses yang dapat dilakukan siswa yaitu bergabung menggunakan kode kelas yang sudah diberikan.

Caranya sangat mudah, pada tampilan awal cukup tekan tombol + , kemudian pilih Join dan masukkan kode yang diberikan.


Akhir Kata

Sekarang bagi para guru atau pembimbing gak perlu khawatir lagi lupa atau bingung dengan kode kelas yang akan dibagikan ke siswanya. Cukup ikuti tutorial cara mengetahui kode kelas Google Classroom diatas, maka kamu akan mengetahui kode unik untuk dibagikan kepada para siswa. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.