Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable 13
Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

Kalau kita list satu per satu jenis permasalahan yang terjadi di dalam Operating System Windows itu sangat beragam.

Berkaitan dengan kerusakan komputer, disini kita akan bahas seputar cara mengatasi error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable.

Termasuk jenis kerusakan yang tidak dapat dideteksi secara surface tampilan program, namun gejala error berikut suka menyerang komponen internal sistem yang tidak terduga.

Kesalahan serupa terkait PXE yang lainnya adalah seperti PXE-M0F : Exiting Intel PXE ROM, kemudian PXE-M0F : Exiting Intel Boot Agent, dan terakhir pesan informasi No Boot Device Found. Press any key to reboot the machine.

Mengupas seputar cara mengatasi error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable, apa sebenarnya yang menyebabkan permasalahan ini muncul? berikut beberapa poin ulasannya :

Penyebab Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

Ada beberapa kemungkinan yang dapat memicu kerusakan berikut. Tetapi sebelumnya PXE sendiri itu memiliki arti Preboot Execution Environment.

Dimana PXE berfungsi dalam menjalankan komputer tanpa Floppy atau Hard Disk atau CD ROM, sehingga BIOS akan secara otomatis melakukan tugasnya lewat perintah sinyal dari jaringan.

Setelah mengerti tentang fungsi sebenarnya, setidaknya kita tahu gambaran permasalahan PXE akan muncul dari segi komunikasi sistem yang mana.

  1. Penyebab pertama bisa dari kesalahan program CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) yang ada di dalam BIOS. Paling utamanya adalah BIOS tidak dapat menempatkan Hardisk sebagai boot priority, sehingga keluar pesan error PXE-E61.
  2. Tidak hanya disebabkan oleh persoalan sistem jaringan Windows, namun kerusakan bisa muncul karena perangkat keras hardisk rusak dan tidak dapat melakukan boot.
  3. Masih berkaitan dengan hardisk, kemungkinan yang ketiga itu bisa dikarenakan kabel penghubung antara motherboard dengan hardisk kendor. Hal tersebut bisa karena perangkat pernah jatuh, terbentur atau memang pemasangannya kurang sempurna.
Kode Error lainnya :

Muncul kode error 0xc000000f di komputer kamu ? Begini panduan cara mengatasi error 0xc000000f.


Cara Mengatasi Error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable

Ada dua metode yang bisa kamu pakai dalam cara mengatasi error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable berikut ini.

Pertama dengan mengatur boot management BIOS dan yang terakhir membersihkan konektor hardisknya. Silahkan simak penjelasan di bawah untuk lebih detail :

Cara 1 : Perbaikan Lewat BIOS

Opsi yang pertama coba kita lakukan pembetulan lewat menu pengaturan BIOS. Disini sudah tersedia pengaturan yang dapat menyeting boot options sebagai jalur komunikasi utama sistem dengan hardware. Silahkan ikuti tutorial berikut :

  1. Pertama hidupkan perangkat komputer.
  2. Pas setelah tap tombol Power, berikutnya langsung pencet F2 atau F10 untuk masuk ke BIOS. (Setiap tipe merk laptop berbeda-beda tombol masuk BIOS-nya, silahkan sesuaikan masing-masing perangkat).
  3. Setelah berhasil masuk ke tampilan BIOS, kemudian arahkan ke menu Boot.Masuk Ke Menu Boot
  4. Scroll ke bagian menu EFI, lalu ubah posisi Windows Boot Manager menjadi diatas EFI PXE Network. Cara mengubah posisinya yaitu arahkan Windows Boot Manager dengan menekan tombol panah bawah. Kemudian ketuk F6 untuk menaikan ke atas. Secara otomatis posisinya akan berganti dan EFI PXE Network berada di bawahnya.Ubah Posisi Boot Manager Diatas Posisinya Sudah Ada Di Atas
  5. Lalu Enter bagian Boot Mode, ubah menjadi UEFI.Klik Boot Mode Dan Ubah Menjadi UEFI
  6. Jika sudah arahkan ke menu tab Exit, kemudian Enter bagian Exit Saving Change.Masuk Ke Edit Dan Enter Exit Saving Change
  7. Konfirmasi tombol Yes.
  8. Selamat mencoba.
Kode Error lainnya :

Muncul error 0xc000021a ketika BSOD ? Ikuti langkah-langkah mengatasi error 0xc000021a.


Cara 2 : Bersihkan Perangkat Hardisk

Buka Casing Dibawah

Cara mengatasi error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable selanjutnya bisa dengan membongkar jeroan komputer dan bersihkan perangkat Hardisk-nya.

Opsi kedua ini harus dilakukan dengan langkah yang sangat hati-hati, mungkin untuk perangkat seperti komputer yang memiliki CPU terpisah, akan lebih mudah melakukan pembongkaran dan melepas hardisk dari bracketnya.

Sedangkan untuk perangkat laptop, kalian perlu membuka casing yang ada di dasar keyboard. Biasanya model-model laptop tertentu sudah memberikan kotak akses khusus langsung sistem hardware utama, jadi kalian tinggal lepaskan baut yang ada di potongan kotak kecil tersebut, lalu buka.Copot Hardisk Bersihkan Kotoran

Sebelum melepaskan hardisk nya, perhatikan pengait yang terhubung, lepas semua baut atau clip yang memegang hardisknya. Setelah itu bersihkan plat konektor hardisk menggunakan kuas halus. Terakhir tinggal pasang kembali dan hidupkan PC.

Kode Error lainnya :

Bingung ketika komputer error dpc_watchdog_violation ? Ikuti panduan cara mengatasi error DPC_Watchdog_Violationerror.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mengatasi error PXE-E61 Media Test Failure Check Cable. Silahkan ikuti arahan diatas untuk memperbaiki error di perangkat komputer milikmu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.