Cara Mengatasi Error Boot Device Not Found

Cara Mengatasi Error Boot Device Not Found 1
Cara Mengatasi Error Boot Device Not Found

Kompleksnya sistem program didalam sebuah PC, terkadang ada saja masalah yang sering muncul entah itu karena file dalam software yang bermasalah atau komunikasi antara perintah dengan perangkat keras mengalami kegagalan.

Untuk pembahasan kali ini Tim Kompiwin akan menyajikan cara mengatasi error boot device not found, yang bakal kamu temui ketika PC sedang bermasalah pada waktu menyalakan komputer.

Permasalahan error boot device not found ini sebenarnya cukup serius, karena berdasarkan indikasi penyebab kegagalan sistem ditunjukkan dari konfigurasi hardware dalam perangkat tidak berjalan normal.

Agar lebih jelas, silahkan simak segmen penyebab error boot device not found yang kita rangkum di segmen berikut ini.

Penyebab Error Boot Device Not FoundNotifikasi Error

Pengguna akan mendapatkan notifikasi error ketika sedang menyalakan komputernya. Pesan tersebut berisi informasi “Boot Device Not Found”, dan ternyata penyebab dari munculnya error ini bisa dari kegagalan hardware di dalam internal devicenya.

Selain itu sistem mengindikasi terjadi kesalahan konfigurasi atau kerusakan file software. Alhasil beberapa fungsi tidak bisa bekerja dan memunculkan notifikasi error seperti diatas.

Cara Mengatasi Error Boot Device Not Found

Tenang saja dalam memperbaiki permasalahan kali ini, kamu bisa menggunakan beberapa cara mengatasi error boot device not found yang sudah disediakan dibawah. Silahkan coba satu persatu dan pilih cara yang paling efektif.

Cara 1 : Setup Utility

Pada permasalahan ini device mendeteksi jika tidak ada OS yang terinstall, sehingga user tidak diizinkan masuk ke dalam tampilan desktop seperti kondisi normal.

  1. Ketika kamu mendapatkan notifikasi Boot Device Not Found ketika setelah menyalakan komputer, langsung tekan tombol CTRL + ALT + Delete.
  2. Setelah komputer merespon langsung saja klik tombol F10/F8 beberapa kali (tiap komputer punya kode masuk ke BIOS yang berbeda-beda).Ketuk Tombol F10
  3. Nanti tampilan akan berubah ke Setup Utility. Perhatikan informasi di bawah untuk tombol navigasi.
  4. Langsung saja geser ke samping untuk masuk ke System Configuration.
  5. Setelah itu geser kebawah dan buka Boot Options.Arahkan Ke System Configuration Dan Masuk Ke Boot Options
  6. Pada bagian ini kamu bisa aktifkan Legacy Support dengan tekan enter.Ubah Legacy Support Menjadi Enable
  7. Pastikan status Legacy Support berubah menjadi Enable. Untuk konfirmasi bisa ketuk Yes.
  8. Terakhir tinggal tekan F10 atau arahkan ke menu Exit.Pencet F10 Untuk Keluar Dan Save
  9. Kembali ke tampilan Boot Device Not Found, disana terdapat perintah masukkan kode 0592 + Enter untuk booting ulang, langsung saja ketik perintah tersebut.Masukkan Kode Untuk Menyelesaikan
  10. Selesai.
Muncul notifikasi Class Not Registered di Windows 10? Begini cara mengatasi error Class Not Registered dengan mudah.

Cara 2 : Memperbaiki Lewat Command Prompt

Dalam program perintah Command Prompt, kita bisa memasukkan bootrec.exe yaitu sebuah tool untuk mengatur konfigurasi kembali BCD (Data Configuration Boot).

Perintah yang akan kita jalankan nanti berisi tentang cara memulai perangkat Windows yang ada di PC milikku, untuk lebih lanjut simak langkah-langkah dibawah ini.

  1. Tap icon start, kemudian masukkan pencarian Command Prompt.
  2. Klik kanan CMD dan pilih run as administrator.Klik Kanan Untuk Pencet Run As Administrator
  3. Masukkan perintah satu persatu persis sesuai berikut :Masukkan Perintah CMD

bootrec /RebuildBcd (lalu Enter)

bootrec /fixMbr (lalu Enter)

bootrec /fixboot (lalu Enter)

  1. Jika sudah silang Command Prompt, dan restart perangkat komputer yang kamu gunakan.
  2. Selamat mencoba.
Sedang bingung karena muncul pesan error 0x8007007e? Silahkan ikuti panduan mengatasi error 0x8007007e.

Cara 3 : Periksa Koneksi Antara Perangkat Keras

Berlaku bagi pengguna PC yang dilengkapi dengan cabinet, coba lakukan pengecekan jeroan PC tersebut dengan cara membuka casing sampai benar-benar isi jeroan terlihat semua.

Periksa kabel satu persatu apakah ada bagian yang terlepas atau tidak, pastikan kembali semuanya terpasang di tempat yang memang sesuai dengan jalurnya.

Yang paling penting adalah perangkat drive harus terhubung dengan motherboard lewat penghubung kabel yang sesuai.

Seperti yang kita ketahui, motherboard adalah komponen yang menjalankan semua hardware di dalam PC, jika ada bagian yang tidak sesuai di dalamnya wajar jika PC mengirimkan sinyal error.

Tetapi jika kamu tidak memiliki keterampilan dan pengalaman dalam membuka laptop, tidak dianjurkan menggunakan cara yang terakhir ini. Karena tingkat kerumitan dalam membongkar sparepart di dalam laptop itu lebih sulit ketimbang PC.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi error boot device not found yang bisa kamu lakukan. Diatas sudah tersedia 3 metode yang sering orang gunakan untuk menghilangkan kasus error yang satu ini. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.