Cara Mengatasi Error 0xc000021a

Cara Mengatasi Error 0xc000021a
Cara Mengatasi Error 0xc000021a

Meski operating Windows versi terbaru itu sudah sangat canggih, namun tetap yang namanya buatan manusia tentu tidak ada yang sempurna.

Awal kali Microsoft membuat Windows, sistem internal di perangkat buatannya tersebut masih sangat berpotensi mengalami kegagalan.

Salah satunya adalah error dengan kode 0xc000021a . Kemunculannya memang sangat mengganggu penggunaan normal suatu perangkat, sebab error meminta user untuk segera merestart komputer dan membawa ke kondisi BSOD alias Blue Screen of Death.

Tetapi kamu gak perlu panik, error yang satu ini cukup lazim menimpa para pengguna lain. Sehingga kesalahan tidak murni karena user personality melainkan teknis Windows yang kurang sempurna.

Silahkan simak artikel pembahasan cara mengatasi error 0xc000021a dibawah ini sampai akhir. Tetapi sebelum itu, gak ada salahnya kalau kita kenali terlebih dahulu, apa penyebab kerusakan berikut.

Penyebab Blue Screen Error 0xc000021a

Ada banyak kode error yang dimiliki oleh Windows, namun mostly kerusakan tersebut muncul akibat dari pembaruan sistem yang tidak sempurna.

Sehingga menyebabkan kondisi PC tidak dapat merespon permintaan untuk boot ke Windows, dan menampilkan layar berlatar belakang biru yang disebut BSOD.

Penyebab Blue Screen Error 0xc000021a - Cara Mengatasi Error 0xc000021a
Penyebab Blue Screen Error 0xc000021a

Indikasi penyebab utama dari kerusakan adalah Winlogon.exe, file ini memiliki tugas untuk operasi aktivitas login dan logout di sistem operasi Windows.

Lalu kenapa Winlogon bisa rusak? Penyebabnya adalah ada aplikasi pihak ketiga yang mengganggu sampai membuat fungsi utama menjadi terhambat.

Lalu bisa dari csrss.exe, file ini mempunyai server Microsoft dan file ini juga bisa rusak. Windows akan menangkap sinyal jika perangkat sedang terinfeksi malware.

Oleh karena itu, respon yang diberikan adalah memutus akses booting untuk sesaat. Jika kondisinya seperti itu maka dapat memunculkan masalah error 0xc000021a.

Tenang saja kita dibawah sudah menyediakan cara mengatasi error 0xc000021a dengan berbagai macam metode, silahkan pilih salah satu yang menurutmu paling mudah dan efektif.

Tidak connect dengan jaringan karena Default Gateway tidak tersedia ? Ikuti tutorial serta panduan mengatasi Default Gateway Is Not Available.

Cara Mengatasi Error 0xc000021a

Untuk mengatasinya ada beberapa metode yang dapat digunakan, penyajian tersebut sudah kita rangkum di bawah ini, setelah itu tinggal kamu terapkan guna melakukan perbaikan error 0xc000021a.

Cara 1 : Masuk Ke Automatic Repair

Automatic Repair ini biasanya bisa diakses atau muncul secara otomatis kalau Windows 10 milikmu sudah mengalami crash 3 kali. Atau jika tidak, kamu bisa tekan tombol F8 berulang kali pas ketika perangkat dinyalakan.

  1. Jika sudah ada di tampilan Automatic Repair, silahkan ketuk tombol Advance Options.Ketuk Advanced Options
  2. Kemudian pilih kotak Troubleshoot.Ketuk Troubleshoot
  3. Setelah itu klik lagi bagian Advanced Options.Klik Advance Opitons
  4. Silahkan kamu klik lagi Command Prompt.Klik Command Prompt
  5. Pada layar Command Prompt, klik akun yang terdaftar di Windows perangkat milikmu.
  6. Lalu ketik perintah bootrec /fixmbr dan Enter.Masuk Ke Perintah Bootrec
  7. Ketik lagi bootrec /fixboot dan Enter.
  8. Ketik perintah bcdedit /export c:\bcdbackup dan Enter.
  9. Ketikan lagi attrib c:\boot\bcd –h –r –s dan Enter.
  10. Masukkan perintah ren c:\boot\bcd bcd.old dan Enter.
  11. Kemudian ketik lagi bootrec /rebuildbcd dan Enter.
  12. Sampai disini pastikan Windows installation-nya 1 bukan 0.Pastikan Tulisannya Yang Muncul 1
  13. Berikutnya kamu bisa ketik Y dan Enter.
  14. Terakhir masukkan perintah exit ➜ Enter untuk keluar.
  15. Buat kembali ke booting Windows, silahkan pencet Continue.
  16. Selesai.
Muncul notifikasi Windows error mfc100u.dll ? Ikuti panduan atasi Windows error mfc100u.dll dengan mudah.

Cara 2 : Lepaskan Perangkat Yang TerhubungTunggu Automatic Repair Selesai

Satu poin lagi yang menyebabkan error dengan kode 0xc000021a muncul yaitu bisa karena perangkat yang terhubung ke komputer atau laptop menyebabkan kemacetan saat proses booting.

Untuk mengatasinya, pada waktu dinyalakan silahkan kamu lepas semua perangkat periferal misalnya seperti USB, DVD, atau speaker dan biarkan mouse serta keyboard yang terpasang ketika pemuatan.

Muncul notifikasi Windows error mfc100u.dll ? Ikuti panduan atasi Windows error mfc100u.dll dengan mudah.

Cara 3 : Lakukan Perbaikan Otomatis

Cara mengatasi error 0xc000021a yang terakhir itu bisa menggunakan bantuan Command Prompt lagi. Kali ini kita pakai perintah untuk melakukan perbaikan otomatis.

  1. Buka menu Start, dan cari Command Prompt.
  2. Setelah ketemu kamu bisa klik kanan untuk jalankan Run as administrator.Klik Kanan Command Prompt Dan Pilih Run As Administration
  3. Kemudian ketik perintah sfc /scannow ➜ Enter.Masukkan Perintah Scannow
  4. Tunggu beberapa saat karena perintah ini membutuhkan waktu cukup lama.
  5. Setelah itu silang program.
  6. Selesai.
Sedang bingung karena komputer mengalami Blue Screen dengan error 0xc00000e9 ? Ikuti panduan serta cara mengatasinya di link berikut ini.

Akhir Kata

Seperti itulah cara mengatasi error 0xc000021a, ada beberapa metode yang dapat kamu pilih, silahkan gunakan salah satu atau coba jika satu yang lainnya kurang efektif. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.