Cara Mendapatkan Uang Dari Wattpad

Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Wattpad

Apakah kalian termasuk orang yang gemar membaca maupun menulis karya tulisan seperti novel, buku, cerita fiksi, dan lainnya? Saat ini kalian dapat menyalurkan ketertarikan tersebut di sebuah laman bernama Wattpad.

Disini sudah banyak tersedia beragam jenis karya tulisan, bahkan sekaligus kamu dapat berkesempatan untuk menulis sebuah karya disana dan jika unggahan tersebut banyak diminati oleh orang-orang, maka kreator berpeluang mendapatkan uang dari platform.

Yap betul banget, Wattpad telah memberikan privilege bagi para kreatornya dalam meraup keuntungan entah itu sebagai pembaca dan juga penulis.

Maka dari itu Tim Kompiwin akan berikan ulasan tentang cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad, karena lumayan loh sekaligus kalian menyalurkan hobi sekalian juga bisa mendapatkan uang.

Sekilas tentang Wattpad, bahwa layanan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 silam, oleh Allen Lau dan Ivan Yuen di Toronto, Kanada. Sebelum menjadi sebuah aplikasi, Wattpad dulu hanya berbekal laman website saja dengan kemasan yang terbilang masih sederhana.

Perlahan eksistensi Wattpad mulai dikenal banyak orang, hingga akhirnya platform sanggup memberikan reward kepada kreatornya berupa uang bernilai jutaan rupiah tergantung seberapa besar pengaruh tulisan kalian di hadapan publik.

Cara Mendapatkan Uang Dari Wattpad

Bagaimana cara untuk mendapatkan uang dari Wattpad? Untuk menghasilkan uang dari Wattpad dapat dilakukan dengan berbagai pilihan.

Tapi sebelum melanjutkan ke panduan, kami sarankan kamu untuk membuat akun Wattpad terlebih dahulu.

Mendapatkan uang dari Wattpad ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan antara lain: membaca novel dan cerita, membuat tulisan, serta menulis puisi di Wattpad. Untuk step-by-step akan kami jelaskan lebih lengkap di bawah ini.

1. Baca Wattpad Dapat Uang

Silahkan Baca Tulisan Wattpad

Wattpad merupakan aplikasi baca dan menulis yang dapat menghasilkan banyak uang. Kalian dapat dengan bebas membuat karya tulis jenis apapun bahkan kategori yang kalian dapat tentukan sendiri, kemudian diunggah ke akun masing-masing untuk mendapatkan semacam royalti.

Namun bagi POV (Point of View) pembaca, tidak semua tulisan di Wattpad juga berbayar kok, kalian masih bisa menemukan versi buku, novel, cerita atau puisi gratis tanpa donasi untuk akses membukanya.

Kalau kalian ingin membaca kemudian dibayar, kita punya satu rekomendasi platform yakni Gonovel. Disana sudah disediakan misi, tinggal ikuti perintah aplikasi maka pengguna akan mendapatkan koin yang bernilai uang nominal Rupiah.


2. Menulis Cerita Di Wattpad Dapat Uang

Selain membaca cerita dan novel di Wattpad, langkah lain untuk mendapatkan uang dari Wattpad adalah dengan menulis cerita di platform tersebut.

Platform ini memperbolehkan para penggunanya untuk membuat tulisan, cerita, dan para penulis memiliki peluang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah yang lumayan banyak.

Platform Wattpad menjadi wadah tempat para penulis berkumpul, mereka bisa dengan leluasa mengunggah karya seperti menulis cerita, tulisan fiksi, dan sebagainya.

Untuk membuat tulisan cerita ini, pertama pastikan judul yang kamu buat tidak menyerupai judul penulis lainnya.

Kemudian isi dari karya tersebut harus original dan tidak ada unsur plagiasi. Tentunya kalian usahakan rangkai dan rancang isi semenarik mungkin agar orang lain tertarik membacanya.

Silahkan Buat Tulisan Cerita

Tambahkan cover unik, karena cover ini akan jadi selling point ketika orang melihat karya buatanmu. Salah satu fitur yang membayar kreator di Wattpad yaitu Paid Stories. (Baca Juga: Cara Mengajukan Cerita Menjadi Paid Stories di Wattpad)

Jadi pembaca harus memberikan donasi terlebih dahulu baru bisa membuka tulisan cerita tersebut. Kabarnya ada yang bisa menghasilkan uang 3 jutaan per bulan loh.

Namun Paid Stories akan diberikan bagi kreator yang sudah mendapatkan undangan langsung dari Wattpad-nya.

Syarat bergabung di Paid Stories mudah, pertama rajin buat cerita yang menarik, kumpulkan insight yang besar, tingkatkan engagement serta aktivitas akun dengan pembaca, kalau sudah Wattpad akan mengirimkan pesan ke akunmu untuk meminta bergabung dalam program Paid Stories.


3. Menulis Puisi Di Wattpad Dapat Uang

Posting Tulisan Wattpad

Jika kalian lebih suka membuat karya tulis pendek seperti puisi juga masih bisa menghasilkan kok. Admin yakin bagi orang yang suka membuat puisi pasti koleksi karya buatannya sangat berlimpah.

Para kreatif ini sering sekali meluangkan sedikit waktunya demi membuat tulisan berupa puisi, dan kumpulan puisi tersebut bisa kalian unggah ke laman Wattpad serta jika isi dan makna puisi buatanmu bagus, maka hasil karya akan dilihat banyak orang.

Intinya adalah buat karya kalian sebanyak mungkin, jika itu bisa menjadi sebuah antologi puisi, maka akan lebih baik. Bahkan jika karya antologi tersebut telah kamu unggah ke Wattpad, bisa berkesempatan juga unggah ke laman lain supaya mendapatkan pundi penghasilan tambahan.

Kalau ditanya apakah Wattpad dapat menghasilkan uang? Jawabannya tentu bisa, hampir sebagian karya tulisan dapat kalian promosikan dan display untuk menarik perhatian orang membaca. Makin banyak orang membaca maka makin besar uang yang dikumpulkan.


Tips Memperbanyak Pembaca Di Wattpad

Setelah kalian banyak tahu tentang cara mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad di atas, selanjutnya kita akan buatkan tips agar akun kalian sering muncul dalam rekomendasi atau menjadi akun yang memiliki jumlah insight besar.

  1. Buat akun Wattpad kalian semenarik mungkin.
  2. Konsisten dalam menulis karya, karena pembaca suka kreator yang update dan aktif.
  3. Bikin konten tulisan yang baik dan menarik.
  4. Hindari plagiasi.
  5. Ciptakan forum komentar agar menciptakan engagement.
  6. Promosi di beberapa media sosial.
  7. Gunakan desain cover yang bagus.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mendapatkan uang dari aplikasi Wattpad, silahkan ikuti tutorial diatas agar kalian bisa berpeluang menghasilkan jutaan rupiah dari hobi kalian menulis. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang