Cara Ajukan Cerita Berbayar (Paid Stories) Di Wattpad

Cara Ajukan Cerita Berbayar (Paid Stories) Di Wattpad

Bagi kalian yang hobi membaca, kita sarankan untuk buka platform bernama Wattpad. Saat ini Wattpad sudah tersedia dalam bentuk aplikasi.

Bahkan mereka makin serius dalam mengembangkan wadah sekaligus ingin menampung beberapa kreator penulis kreatif untuk mengisi konten-konten di Wattpad.

Ada banyak pilihan karya tulis di dalam laman Wattpad, dari mulai novel, cerita, karangan, puisi, dan masih banyak lainnya.

Seperti yang kita katakan di atas, selain menjadi wadah untuk membaca, Wattpad juga memberikan kesempatan bagi para penulis untuk berekspresi mengunggah hasil karyanya disana. Bahkan Wattpad tidak segan-segan membayar mereka loh.

Dari hasil penelusuran Tim Kompiwin, ada yang mengaku bahwa salah satu kreator Wattpad yang sering membuat konten Stories/Cerita, menyebut kalau dirinya bisa menghasilkan uang sebesar 2-3 jutaan perbulan. Syaratnya untuk bisa mendapatkan penghasilan ini yaitu harus bergabung dalam program Paid Stories.

Gimana keren bukan? Selain menyalurkan hobi menulis, para penulis juga memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang dari platform Wattpad ini.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan Cerita Berbayar (Paid Stories) di Wattpad? Mari kita bahas bersama untuk panduan serta langkah-langkahnya di konten artikel ini.

Apa itu Cerita Berbayar (Paid Stories)?

Informasi Tentang Paid Stories

Sebenarnya sistem pembagian hasil dan cara mendapatkan keuntungan lewat Paid Stories sudah sangat jelas.

Teknik ini hampir sama dengan teknik perhitungan jumlah tonton di platform lain, yaitu semakin banyak orang melihat atau membaca cerita kita, maka makin besar juga penghasilan yang didapatkan.

Sebelum pembaca membuat stories yang kamu buat, mereka harus mengisi nominal tertentu baru bisa melihatnya.

Dan sebagian dari pemasukan tersebut bakal masuk ke akun kalian dalam bentuk poin, nantinya poin dapat ditukarkan dalam bentuk nilai Rupiah.

Walaupun Wattpad menjanjikan penghasilan kepada setiap kreatornya, tetapi untuk berhasil gabung ke dalam Paid Stories ini harus melalui beberapa penilaian terlebih dahulu.

Pihak Wattpad selalu melakukan seleksi apakah karya tersebut layak dimasukkan ke dalam program Paid Stories atau tidak. Untuk itu kalian bisa ikuti cara ajukan cerita berbayar (Paid Stories) di Wattpad di bawah ini.

Baca Juga:

Ingin membaca cerita di Wattpad tapi tidak punya akun? Kamu bisa mengikuti cara membaca Wattpad tanpa login.


Ketentuan Akun Paid Stories

Masuk tidaknya akun kalian ke dalam program Paid Stories, ditentukan oleh keaktifan dalam mengunggah karya tulisan di Wattpad.

Yang terpenting adalah, kamu harus giat dalam membuat cerita atau stories, membuat insight akun meningkat, aktif berinteraksi dengan pembaca, dan segala aktivitas organik lainnya.

Selama melaksanakan ketentuan tersebut, Wattpad terus memantau akun milikmu dan mereka kemudian akan mengirim pesan untuk menawarkan sebagai kreator Paid Stories.


Membuat Cerita Paid Stories Di Wattpad

Setelah akun terdaftar dalam program Paid Stories, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebagai bentuk konsistensi karya cerita buatanmu.

Tim editor selalu memantau beberapa aspek khusus, diantaranya sebagai berikut :

1. Konsep Cerita

Pilihan Pembaca Stories

Wattpad menginginkan kreatornya membuat sebuah cerita yang mampu meningkatkan imajinasi para pembaca. Seakan orang lain akan terus ketagihan membaca karya cerita tersebut dan senantiasa untuk menunggu karya cerita pada sesi episode berikutnya.

Sebab poin ini berhubungan dengan tingkat kepuasan pembaca, Wattpad menghindari tingkat kekecewaan bagaimana setelah mereka membayar cerita tersebut ternyata kualitasnya kurang begitu memuaskan.


2. Karya Asli Atau Original

Dalam dunia penulisan salah satu pelanggaran paling besar adalah menyalahi plagiasi. Penulis diutamakan dapat membuat cerita yang fresh serta merupakan hasil dari buatan mereka sendiri, tidak mengambil karya orang lain.


3. Kualitas

Paid Stories Wattpad

Melanjutkan poin pertama, diharapkan semua penulis dapat menjaga kualitas cerita mereka, guna mempertahankan tingkat kepuasan pembaca.

Perhatikan susunan kalimat, penggunaan kata, dan menyampaikan tulisan yang mudah dimengerti banyak orang.


4. Minimal Kata

Ketentuan Bergabung Paid Stories

Tidak sembarang tulisan bisa lolos evaluasi editor, syaratkan kamu harus membuat karya cerita minimal 50.000 kata.

Tidak ada batasan jumlah kata, namun sebaiknya buat cerita yang efektif agar pembaca tidak terbebani dalam mengikuti alur ceritanya. Kalian juga bebas memilih genre, kecuali Fiksi Penggemar, Puisi, Non-Fiksi, Klasik, Acak.


5. Cerita Harus Lengkap

Syarat berikutnya adalah cerita harus sudah lengkap tidak boleh lompat lompat, kelengkapan ini dipertimbangkan seperti di Wattpad, draft Wattpad, atau naskah offline.


6. Cover Sampul Tulisan Menarik

Setelah aspek 1 sampai dengan 6 yang membahas mengenai cerita / tulisan. Untuk aspek terakhir adalah mengenai cover sampul tulisan kamu. Buatlah cover sampul tulisan menarik dan sesuai dengan cerita / tulisan yang kamu buat.

Cover sampul yang menarik adalah hal pertama yang dilihat oleh calon pembaca. Sehingga ketika kamu berhasil membuat cover sampul yang membuat calon pembaca tertarik untuk membaca cerita / tulisan kamu, maka kamu memiliki kesempatan untuk menggaet pembaca lebih banyak.

Untuk ukuran cover sampulnya, kami sudah membagikan di konten artikel ukuran cover Wattpad. Jadi sebelum membuat pastikan kamu mengetahui ukuran yang tepat. Hal ini bertujuan agar saat kamu upload, cover sampul tidak terpotong.

Baca Juga:

Ingin download dokumen Scribd tanpa harus login dan bayar? Ikuti langkah-langkah cara download dokumen Scribd gratis.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara ajukan cerita berbayar (Paid Stories) di Wattpad. Silahkan ikuti cerita diatas untuk menjadi bagian kreator di Wattpad serta mendapatkan penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang