Panduan Cara Daftar Wattpad | Gratis dan Mudah

Panduan Cara Daftar Wattpad | Gratis dan Mudah 1
Cara Daftar Wattpad

Buat yang suka kreasi tulisan seperti novel, pasti mereka sudah tidak asing lagi dengan website atau aplikasi bernama Wattpad.

Wattpad merupakan layanan berbasis aplikasi di smartphone dan website yang digunakan untuk membagikan konten-konten tulisan baik itu cerita, novel, diary, dan bentuk-bentuk tulisan lainnya.

Selain sebagai pembaca, kalian juga diberi kesempatan untuk membuat hasil karya tulisan sendiri. Jadi jangan lewatkan wadah ruang baca millennials berikut, serta bagi yang ingin menikmati isi konten Wattpad, kita berikan tutorial cara daftar Wattpad dibawah ini.

Kalau kalian aktif dalam kegiatan menulis di Wattpad, platform ini memberikan apresiasi kepada karya yang diunggah oleh pengguna berupa uang.

Selain itu, Wattpad juga mengadakan Writing Contest dengan bekerja sama dengan brand-brand terkenal seperti Netflix, Maybelline New York, dan masih banyak lagi.

Gimana sangat menarik bukan? Sekalian bisa menyalurkan hobi menulis serta karya-karya yang sudah kamu hasilkan. Wattpad juga bisa kamu jadikan sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Dan pada konten artikel ini, Tim Kompiwin akan membagikan panduan tentang cara mendaftar akun Wattpad untuk menikmati serta membaca karya-karya yang sudah diunggah oleh pengguna Wattpad diseluruh dunia.

Yang paling menyenangkan saat menggunakan Wattpad adalah kamu dapat memilih novel atau tulisan berdasarkan minat dan selera masing-masing. Oke, kita langsung ke cara daftar akun Wattpad lengkap dengan gambarnya.

Cara Daftar Wattpad Gratis dan Mudah

Ada banyak cara untuk mendaftar akun Wattpad yang bisa kalian pilih. Pertama kamu daftarkan akun menggunakan identitas masing-masing langsung di laman platform atau aplikasinya.

Kemudian cara daftar kedua dapat menggunakan bantuan akun Facebook. Kurang lebih opsi ini hampir sama ketika kalian login website yang menyediakan tombol “Login With Facebook“.

Dan terakhir yakni login menggunakan akun Gmail. Terkadang cara yang ketiga ini lebih sering digunakan sebab langkah loginnya praktis dan mudah tinggal satu kali perintah saja.

Untuk melengkapi semua informasi tersebut, di bawah sudah kita sediakan cara daftar Wattpad lewat ketiga metode berbeda sesuai pilihan termudah bagi masing-masing user.

Setelah mendaftar akun pengguna bakal diberi pilihan untuk meningkatkan akun Premium berbayar atau tidak. Karena disana juga banyak jenis konten yang akses membukanya kita perlu membayar terlebih dahulu.

1. Daftar Wattpad Melalui Aplikasi

Wattpad kini sudah tersedia dalam versi aplikasi smartphone baik untuk pengguna iOS dan Android.

Hal ini tentunya sehingga aktivitas membaca kalian jadi lebih praktis dan mudah tanpa perlu membuka website atau lewat PC dan laptop terlebih dahulu.

Di aplikasi Wattpad ini, kamu diberi akses tombol “Sign In” lalu masukkan identitas sebagai langkah awal registrasi akun. Lebih lengkapnya bisa simak penjelasan dibawah ini.

  1. Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Wattpad.
    Wattpad - Read & Write Stories
    Wattpad - Read & Write Stories

    ‎Wattpad - Read & Write Stories
    ‎Wattpad - Read & Write Stories
  2. Kalau sudah terbuka, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Diawal kamu langsung disediakan tampilan sign in buat registrasi akun baru.
  4. Isi identitas Email yang masih aktif.
  5. Kemudian isikan Nama Pengguna yang ingin kamu jadikan user ID akun Wattpad.
  6. Lalu masukkan Kata Sandi untuk akses login ke akun.
  7. Dan terakhir input informasi tanggal lahir masing-masing.Isikan Identitas Dan Klik Daftar - Cara Daftar Wattpad
  8. Terakhir tinggal kamu ketuk tombol Daftar.
  9. Disini kamu akan disediakan pilihan, tentukan salah satu dari Saya Suka Membaca, Saya Suka Menulis atau Saya Suka Keduanya. Kemudian tap Berikutnya.Klik Salah Satu Pilihan Dan Berikutnya - Cara Daftar Wattpad
  10. Lalu nanti akan muncul pertanyaan dari Wattpad, silahkan isi sesuai personal dirimu.Silahkan Pilih Pertanyaan HP - Cara Daftar Wattpad
  11. Pada tampilan berikutnya kamu akan disediakan opsi kelengkapan data diri, seperti memilih Gender. Klik salah satu dan tap Berikutnya.Pilih Gender Dan Berikutnya - Cara Daftar Wattpad
  12. Pilih 3 kategori yang menurutmu kamu suka. Dan klik Finish.
  13. Jika muncul penawaran akun Premium, klik saja Tidak Sekarang. Atau kalau ingin registrasi berbayar juga silahkan.Klik Tidak Sekarang - Cara Daftar Wattpad
  14. Ikuti prosesnya sampai selesai.

2. Daftar Wattpad dengan Facebook

Dan bagi para pengguna yang suka membaca Wattpad menggunakan PC dan laptop, kalian bisa login menggunakan Facebook.

Pilihan ini sering kali digunakan karena lebih praktis, pengguna tanpa perlu mengisi formulir pembuatan akun, tinggal login saja maka kamu sudah berhasil masuk dengan akun Facebook kamu.

  1. Pertama-tama, buka website www.wattpad.com
  2. Setelah berada di tampilan websitenya, disini kamu akan disediakan dua pilihan ingin sebagai pembaca atau menulis, sesuaikan dengan tombol Mulai Membaca atau Mulai Menulis.Silahkan Pilih Membaca Atau Menulis - Cara Daftar Wattpad
  3. Nanti akan muncul popup metode login Wattpad, pilih saja Mendaftar dengan Facebook.Silahkan Isi Identitas - Cara Daftar Wattpad
  4. Secara otomatis kamu bakal dibukakan jendela Facebook, dan masukkan username dan password Facebook masing-masing.Masukkan Email Dan Password - Cara Daftar Wattpad
  5. Kalau sudah klik Login.
  6. Ketuk Lanjutkan Sebagai Namamu.Klik Lanjutkan Sebagai - Cara Daftar Wattpad
  7. Masukkan alamat email yang aktif, agar server Wattpad dapat menghubungi kamu guna verifikasi.
  8. Nantinya kamu akan disediakan beberapa pilihan, tentukan salah satu dari Saya Suka Membaca, Saya Suka Menulis atau Saya Suka Keduanya. Kemudian tap Berikutnya.
  9. Tampilan berikutnya bakal muncul pertanyaan dari Wattpad, silahkan pilih sesuai personal dirimu.
  10. Kemudian tampilan selanjtunya kamu akan disediakan opsi kelengkapan data diri, seperti memilih Gender. Klik salah satu dan tap Berikutnya.
  11. Pilih 3 kategori yang menurutmu kamu paling suka. Dan klik Finish.Pilih Beberapa Kategori - Cara Daftar Wattpad
  12. Tap Mulai Sekarang.Pencet Starting Reading - Cara Daftar Wattpad
  13. Jika di akhir kamu disediakan pilihan akun premium, pilih saja Tidak Sekarang. Atau kalau ingin registrasi berbayar juga silahkan.
  14. Terakhir tinggal lengkapi akun masing-masing.

3. Daftar Wattpad dengan Email

Untuk yang terakhir, kita akan memberikan panduan cara daftar akun Wattpad menggunakan email.

Disini kami menggunakan Gmail dan kita skip tutorial untuk mendaftar Gmail ya. Jadi silahkan kamu persiapkan akun Gmail terlebih dahulu.

Adapun langkah-langkah untuk mendaftar Wattpad dengan email, silahkan ikuti caranya di bawah ini:

  1. Masuk ke website www.wattpad.com
  2. Kemudian pilih apakah kamu ingin sebagai pembaca atau penulis.Silahkan Pilih Membaca Atau Menulis - Cara Daftar Wattpad
  3. Kalau sudah muncul popup, pencet bagian Mendaftar dengan email.Pilih Signup Dengan Email - Cara Daftar Wattpad
  4. Masukkan Nama PenggunaEmail yang aktif, Kata Sandi, dan Tanggal Lahir.Silahkan Isi Identitas - Cara Daftar Wattpad
  5. Disini kamu akan disediakan pilihan ingin menjadi Pembaca atau Penulis.Pilih Gender Dan Mulai - Cara Daftar Wattpad
  6. Tampilan berikutnya bakal muncul pertanyaan dari Wattpad, silahkan pilih sesuai personal dirimu.Silahkan Pilih Pertanyaan - Cara Daftar Wattpad
  7. Kemudian tampilan selanjtunya kamu akan disediakan opsi kelengkapan data diri, seperti memilih Gender. Klik salah satu dan tap Berikutnya.Pilih Gender Dan Selanjutnya - Cara Daftar Wattpad
  8. Pilih 3 kategori yang menurutmu kamu paling suka. Dan klik Finish.Pilih Beberapa Kategori - Cara Daftar Wattpad
  9. Tap Mulai Membaca untuk masuk ke tampilan akun.Pencet Starting Reading - Cara Daftar Wattpad
  10. Kalau diakhir kamu diminta untuk upgare ke akun Premium, silahkan ketuk tombol Tidak Sekarang. Atau kalau ingin registrasi berbayar juga silahkan.
  11. Terakhir tinggal lengkapi akun masing-masing.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara daftar Wattpad, silahkan ikuti tutorial diatas untuk menjadi penulis ataupun user pembaca. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.