Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]

Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]

Penyimpanan internal yang kecil selalu menjadi kendala pengguna smartphone dalam menyimpan file berjumlah banyak.

Memori internal cenderung memiliki kapasitas yang kecil, semakin besar memori internal smartphone, tentu semakin mahal harga ponsel tersebut. Akan tetapi biaya juga bisa jadi kendala, sehingga umumnya memilih alternatif versi penyimpanan minim.

Efek dari kecilnya penyimpanan internal tersebut adalah selalu mengalami masalah cepat penuh. Dan tidak sedikit yang bertanya, apakah ada cara untuk menambahkan kapasitas internet, bahkan sampai 60 GB lebih?

Jawabannya ada, walaupun secara spesifikasi kapasitas internal smartphone tidak ikut berubah, setidaknya alternatif penyimpanan ini bisa mengurangi sebagian data yang menumpuk di memori internal.

Selengkapnya silahkan ikuti pembahasan mengenai langkah-langkah untuk menambah ruang khususnya untuk penyimpanan internal smartphone dibawah ini.

Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]

Tutorial cara menambah ruang penyimpanan kali ini, kita akan gunakan fungsi aplikasi dari memori cloud. Buka cuma berlaku di android saja, tetapi kamu bisa mengikuti tutorial kami kali ini di versi iOS juga.

Ada dua aplikasi yang dibutuhkan untuk mengosongkan ruang internal, aplikasi tersebut adalah MediaFire dan Google Drive (layanan cloud storage).

Akan tetapi saat kalian menggunakan dua aplikasi ini, pastikan koneksi internet yang kamu sambungkan cukup sabil.

Tujuannya adalah saat mengunggah file berukuran besar, tentu bakal memakan waktu, dan kuota yang sangat banyak. Jadi solusinya akan lebih aman kalau kamu pakai jaringan seperti Wifi.

Langsung saja kita mulai cara menambah ruang penyimpanan internal yang pertama dengan bantuan MediaFire.

1. MediaFire

MediaFire terkenal sebagai salah satu layanan cloud storage sekaligus berguna dalam media downloader. Namun mereka juga memiliki fasilitas cloud, berupa aplikasi yang dapat diunduh secara gratis.

Untuk menggunakannya, user harus mendaftarkan akun baru di MediaFire. Setelah berhasil mendaftarkan akun, mereka bakal mendapatkan ruang cloud gratis sebesar 10 GB.

Makin banyak kamu membuat akun MediaFire, maka semakin besar kapasitas yang kamu dapatkan. Contoh punya dua akun total memperoleh 20 GB, jumlah 4 akun bakal dapat 40 GB, dan seterusnya.

Ikuti cara-cara dibawah untuk mengupload file ke MediaFire dengan tepat dan mengurangi ruang penggunaan di memori internal.

  1. Sambungkan smartphone dengan internet.
  2. Install terlebih dahulu aplikasi MediaFire di ponsel kalian masing-masing.
  3. Kalau sudah, pertama kamu akan diminta untuk login ke akun. Kalau belum punya silahkan buat dengan menekan tombol Sign Up.1 Login MediaFire - Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]
  4. Ikuti langkah pembuatan akun MediaFire, setelah berhasil langsung saja kamu login ke akun barumu,
  5. Jika kamu mendapatkan notifikasi Save the moments you treasure, pencet saja Skip.2 Ketuk Skip - Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]
  6. Untuk memindah file dari memori internal caranya pencet icon Upload yang kita tandai berikut.3 Pencet Upload - Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]
  7. Nanti akan muncul tampilan File Management, langsung saja kamu pilih beberapa file dengan ketuk tahan untuk menyeleksi, dan tap-tap file lain untuk memilih.
  8. Bila sudah selesai memilih, ketuk tombol Select diatas.4 Pencet Select - Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]
  9. Nanti bakal keluar konfirmasi izin akses, ketuk saja Izinkan.
  10. Secara otomatis file akan berpindah dari Internal ke MediaFire.
  11. Selesai.

2. Google Drive

Alternatif layanan cloud storage yang kedua, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Google Drive. Layanan buatan Google satu ini, tersedia juga dalam bentuk aplikasi.

Untuk menggunakannya, user perlu login ke dalam akun Gmail. Masih-masih akun, akan mendapatkan storage sebesar 15 GB.

Kami menganjurkan untuk bikin akun sebanyak 4 user, bayangin deh dengan 4 akun baru, kamu sudah bisa dapetin penyimpanan sampai 60 GB.

Adapun langkah-langkah untuk mengunggah file ke Google Drive dengan mudah dan mengurangi beban kapasitas penggunaan memori internal di smartphone kamu.

  1. Sambungkan smartphone dengan internet.
  2. Install aplikasi Google Drive gratis lewat Playstore. 
  3. Kemudian buka aplikasinya.
  4. Pertama kamu diminta untuk login akun, masukkan saja akun Gmail kalian ke Gdrive.
  5. Setelah berhasil masuk, untuk memindahkan file ke dalam Google Drive, ketuk tombol Plus di pojok kanan bawah.5 Ketuk Plus - Cara Menambah Ruang Penyimpanan Internal Hingga 60GB [Gratis]
  6. Lalu kamu pilih menu Upload.
  7. Nanti akan tampil jendela File Management ponselmu. Silahkan pergi ke Penyimpanan Internal.
  8. Ketuk tahan file sampai terseleksi, selebihnya tap-tap file lain untuk memilih lebih dari satu.
  9. Kalau sudah ketuk Pilih.
  10. Secara otomatis file tersebut akan terunggah ke penyimpanan Google Drive.
  11. Selesai.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah penjelasan tentang cara menambah ruang di penyimpanan internal smartphone, hingga 60 GB lebih. Cara ini tidak merubah kapasitas asli, hanya menambahkan ruang eksternal media cloud, dan pengguna bisa mengurangi sebagian file di memori utama. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar